Handphone tak Bersinyal*

Handphone tak Bersinyal*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Bismillah Arabic

Saat berada dan tinggal di Jawa, rasanya jarang sekali untuk tidak mendapatkan sinyal handphone. Namun, pada kenyataannya, di sini memang berbeda dengan di tanah Jawa..

Daerah tempat saya berada saat ini merupakan daerah esktrim pelosoknya yang apabila keluar dari area kantor atau kampung, maka hilanglah sinyalnya, lemah dan terus melemah, hingga pada akhirnya hilang sama sekali..

Wilayah memang boleh saja terpencil, tapi tidak demikian dengan masyarakatnya. Tempat saya berativitas sekarang ini merupakan area dengan berbagai perusahaan yang beroperasi di dalamnya. Mulai dari perusahaan Kelapa Sawit, Tambang Batu bara, dan juga Hutan Tanaman Industri (HTI) layaknya tempat saya mengais rizki..

Karena dikelilingi oleh berbagai macam perusahaan, inilah yang menyebabkan masyarakat Suku Dayak Pedalaman menjadi cepat modern. Mobil Terios, Xenia, dan Avanza, adalah beberapa jenis mobil yang tak jarang ditemui di pedesaan. Itu bukan milik perusahaan, melainkan milik masyarakat setempat. Belum lagi motor, televisi, komputer&laptop, handphone, dan  berbagai macam alat elektronik lainnya. Maka, bisa dibayangkan bukan mengenai kemajuan dari masyarakat suku Dayak di tempat saya berada ini he he..

Namun tetap saja, sebagus apapun handphone-nya, sekeren apapun mobil dan motornya, handphone akan tetap kehilangan sinyal, di banyak tempat sepanjang perjalanan dari kampung satu ke kampung berikutnya..

Tapi, syukur Alhamdulillah. Di sini saya bisa mengenal Suku Dayak Tunjung, Dayak Modhang dan juga Dayak Kenyah. Mungkin di tempat kalian terdapat suku dayak yang lainnya? Show me about them at there.. ^^

Joe di Sungai Camp PMPSalam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Alumni Bandung College of Social Welfare, Department of Social Rehabilitation ‘08

Selesai ditulis pada hari Selasa, 10 Zulhijjah 1434 H/15 Oktober 2013 pukul 22.13wita @Mes Enggang PT. Silva Rimba Lestari District Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Sabtu, 12 Muharram 1435 H/16 November 2013 pukul 08.00wita.

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: