Story 026 Scientific Social Work Discussion

05 SSWD #07 Social Work Practice at Workfield

Scientific Social Work Discussion

Team 5 STKS Bandung memang dibentuk untuk fokus mengerjakan project The Book of Dreams. Meski demikian, hal tersebut tidak menghalangi kami berlima untuk menelurkan karya baru, dan karya itu kami sebut dengan Scientific Social Work Discussion (SSWD). Sebuah komunitas kecil untuk mendiskusikan ilmu pekerjaan sosial dengan kacamata ilmiah.

Diskusi SSWD diikuti oleh adik tingkat dan mahasiswa Sp-1 (Pascasarjana STKS Bandung)

Diskusi SSWD diikuti oleh adik tingkat dan mahasiswa Sp-1 (Pascasarjana STKS Bandung)

Tujuan utama dibentuknya SSWD adalah untuk memberikan ruang kepada mahasiswa agar dapat menyampaikan aspirasinya secara ilmiah baik tentang fenomena sosial maupun pengembangan ilmu pekerjaan sosial yang kemudian dituangkan dalam sebuah publikasi baik di media offline (selebaran, buletin, dan lain-lain) maupun online (blog, website, facebook, dll). Tujuan SSWD secara spesifik dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk membahas masalah sosial dalam bingkai perspektif pekerjaan sosial;
  2. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa membahas pengembangan ilmu pekerjaan sosial;
  3. Mengupas dan membahas dari sisi lain sebuah pemecahan masalah berdasarkan perspektif pekerjaan sosial;
  4. Meningkatkan dan menarik minat mahasiswa untuk mengembalikan nilai-nilai luhur seorang mahasiswa yang berjiwa kritis dan akademis;
  5. Memberikan contoh yang baik dalam dunia kampus STKS Bandung tentang pentingnya sharing dalam bidang ilmu pekerjaan sosial.

Untuk mencapai tujuan di atas, maka SSWD memiliki dua tema besar yang dibahas secara bergantian, yaitu:

  1. Science Development of Social Work. Isinya adalah membahas mengenai pendapat kritis tentang perkembangan ilmu Pekerjaan Sosial; dan
  2. Social Phenomenon Response. Berkenaan dengan cepat tanggap terhadap fenomena sosial yang berkembang di masyarakat sekitar, dengan bingkai perspektif ilmu Pekerjaan Sosial.

Mahasiswa yang akan ikut membahas dan menjadi pembahas dalam SSWD adalah mahasiswa STKS Bandung, alumni STKS Bandung, mahasiswa jurusan Kesejahteraan Sosial, dan/atau dosen serta pratisi Pekerjaan Sosial atau Kesejahteraan Sosial, dan umum. Pembahasan dan pengulasan topik diskusi dilaksanakan di Kampus STKS Bandung setiap satu minggu sekali pada hari yang disepakati oleh Tim 5. Adapun topik spesifik yang dibahas setiap minggunya adalah bergantian berdasarkan dua tema besar di atas (Science Development dan Phenomenon Response).

SSWD lahir untuk pertama kalinya dengan ditandai oleh diskusi perdana yang telah dilaksanakan pada hari Jum’at sore, 16 September 2011 pukul 15.30wib-16.30wib di Taman Rumput Barat Masjid Al Ihsan STKS Bandung.

SSWD telah dilanjutkan oleh generasi penerus, mulai dari angkatan 2010, 2011, dan 2012

SSWD telah dilanjutkan oleh generasi penerus, mulai dari angkatan 2010, 2011, dan 2012

Perjalanan SSWD dari waktu ke waktu pun tidak mulus. Namun, kami dengan cepat mampu menyebarluaskan komunitas ini kepada para mahasiswa STKS Bandung. Web blog kami buat secara khusus untuk menampilkan hasil-hasil diskusi yang telah kami laksanakan. Dan kemudian kami sebarluaskan via group Facebook ke  berbagai komunitas keluarga besar mahasiswa STKS Bandung yang ada di dunia maya.

Syukur alhamdulillah. Pasca kelulusan saya di bulan Oktober 2012, SSWD tetap bisa berjalan meskipun juga waktunya tidak teratur. Namun, paling tidak, dari sini dapat dilihat mengenai antusiasme para mahasiswa STKS Bandung terhadap ilmu pekerjaan sosial yang akan terus berkembang dan dicari praktik pengalaman terbaiknya di lapangan.

Semoga, akan selalu ada, para mahasiswa dan mahasiswi STKS Bandung yang menggemari dunia diskusi ilmiah dan kritis terhadap masa depan keilmuan profesinya.

*Kota Tenggarong, 09 Oktober 2013

**Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Kamis, 24 Oktober 2013 pukul 08.00 wita.

NB: Artikel ini adalah edisi series dari The Story of Muhammad Joe Sekigawa. Diterbitkan secara berkala pada setiap hari Senin dan Kamis, sejak tanggal 29 Juli 2013. Jika tak ada halang merintang, akan disusun menjadi sebuah buku bagi koleksi pribadi ^_^

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: