Facebook Ajaib*

facebook-logo

Facebook Ajaib*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Terlalu sering membuka akun Facebook, masih menjadi konotasi negatif bagi sebagian orang. Pandangan pertama yang ditangkap adalah bahwa berlama-lama/terlalu sering di akun Facebook itu wasting time dan sama sekali tidak banyak manfaatnya. Pikiran yang terbayang adalah bahwa Facebook hanyalah tempat untuk cuap-cuap, komen-komenan, chatting-an, curcol alias curhat colongan, narsis dengan foto-foto terbaru, dan hal-hal lain semacamnya. Inilah yang menyebabkan beberapa orang menggap negatif akan keberadaan Facebook. Padahal, begitu banyak sisi positif Facebook yang dapat kita manfaatkan selain efek negatif yang memang tidak kita pungkiri adanya..

Ajaibnya facebook..

Teringat saat awal-awal membuka akun facebook di awal tahun 2009 silam. Facebook mulai ramai digunakan secara profesional setelah Presiden Barrack Obama dikabarkan memanfaatkan facebook sebagai ajang kampanye..

Saya Sendiri mulai memanfaatkan facebook untuk mencari akun-akun para alumni STKS Bandung. Ya, bagiku, jejaring adalah hal termahal yang tidak bisa dihargai dengan bentuk materi/uang/harta semata. Rata-rata pengguna akun facebook pun adalah usia produktif antara 20-40 tahun. Dan ketika itu, mereka kebanyakan menggunakan data asli, mulai dari nama asli, sekolah/kuliah asli, dan juga alamat asli. Maka dengan demikian, sangat memudahkan untuk mencari-cari kawan lama yang sudah sekian tahun tidak bersua maupun berkomunikasi. Tentu, hal ini sangat berbeda sekali ketika anak-anak SMP dan SMA mulai juga membuka akun facebook, nama-nama yang ditampilkan adalah nama ‘alay’, kebanyakan foto profil dan alamat palsu..

Ajaibnya facebook..

Seiring dengan perkembangan jejaring sosial yang sangat pesat, lembaga-lembaga profesional mulai melirik facebook untuk akun resminya, guna menjalin jejaring dengan stakeholder maupun masyarakat luas. Group resmi dan Fan Page resmi dibuat untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi terkait lembaganya. Baik itu universitas, lembaga pelatihan, NGO, bahkan lembaga pemerintahan. Di sinilah letak sumber kebermanfaatan itu berada. Lintas informasi yang sangat bermanfaat begitu mudah kita dapatkan, baik dari komputer, laptop, tablet, smart phone, maupun handphone mungil kita sendiri..

Ajaibnya facebook..

Karena begitu banyaknya warga masyarakat yang telah familiar dengan akun jejaring sosial, maka facebook juga dapat digunakan sebagai media pembangun opini. Facebook adalah pilihan kedua setelah twitter untuk menyebarluaskan informasi terkini, dan berperan kuat untuk membangun opini masyarakat. Maka, tak ada alasan bahwa facebook hanya digunakan sebagai ajang berkenal-kenalan oleh ababil alias ABG labil saja he he..

Ajaibnya facebook bagi saya pribadi. Ia menjadi tempat untuk menjalin relasi dengan orang-orang secara profesional. Apakah itu terhadap teman lama, kawan organisasi, sahabat di universitas, juga teman kerja. Penggunaan facebook kembali kepada para penggunanya. Namun, amat rugilah orang-orang yang mempergunakan fasilitas facebook hanya untuk menghabiskan waktu yang tidak bermanfaat, chatting dari hal kecil sampai hal tidak penting, atau bahkan sebagai ajang untuk mencari pacar, parah ya he he he..

Ajaib ya facebook ini.. ^^

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Kota Tenggarong-Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Ahad, 06 Oktober 2013 pukul 07.38 wita

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Sabtu, 19 Oktober 2013 pukul 08.00wita.

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: