Common Problems Mahasiswa Perantau di Jepang

.rizaldwiprayogo

Setelah menetap sejak April 2012 di Jepang (Prefektur Ishikawa, Kanazawa) dan merasakan berbagai rasa pengalaman di sini, maka bolehlah saya berbagai pengalaman tersebut. Pengalaman menyenangkan tentu saja ada, pengalaman belajar (baca: masalah) juga sudah pasti ada. Tapi, hikmahnya adalah saya belajar untuk bisa mengatasi masalah tersebut, dan terlebih lagi, hasil pembelajaran saya juga bisa saya bagikan kepada sesama (calon) perantau di negeri Sakura ini, terutama sesama mahasiswa.

Salah seorang senpai (senior) saya pernah bilang begini, carilah “masalah” sebanyak mungkin supaya nanti kamu tahu penyelesaian dari berbagai masalah tersebut dan agar adik kelas kamu (siapapun yang bercita-cita melanjutkan sekolah ke luar negeri) punya referensi dari kamu untuk menyelesaikan masalah yang mungkin akan ia hadapi nanti. Tentu saja konteks cari “masalah” di sini adalah berusaha terus mengeksplorasi hal-hal baru. Berikut hasil dari mencari-cari “masalah” tersebut:

View original post 2,415 more words

Tinggalkan Jejak ^_^

