Bersedekah sebagai Jalan Menjemput Berkah*

Sumber ilustrasi gambar dari sini

Bersedekah sebagai Jalan Menjemput Berkah*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Sesunguhnya harta yang kita usahakan itu memiliki kewajiban untuk disalurkan kepada yang berhak dan membutuhkan..

Islam sebagai dien yang syumul memberikan pemahaman yang menyeluruh bahwa harta merupakan sarana untuk beribadah. Sarana untuk mendakatkan diri kepada Rabbnya melalui zakat, infaq, sedekah,  wakaf dan juga udhiyyah (kurban)..

Infaq dan sedekah merupakan dua jenis ibadah harta yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Bahkan, Allah telah menjanjikan pelipatgandaan atas sedekah ini. Firman Allah dalam Al Qur’an, “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagia siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunianya), Maha Mengetahui” (Q.S Al Baqarah: 261)..

Kita tentu berharap, bahwa amalan ibadah harta yang kita lakukan tersebut berbuah berkah. Harta yang berkah (barakah, berkat) memiliki dua arti: 1)tumbuh, berkembang, atau bertambah, 2)kebaikan yang berkesinambungan..

Harta yang kita hasilkan dari benih yang baik, dijemput dengan cara yang baik, serta dibelanjakan untuk hal yang baik-baik merupakan jalan lurus untuk menuju keberkahan harta. Kebaikan (al khair) yang dimaksud di sini adalah yang sesuai dengan seruan Islam, dimana, Islam tentunya akan selalu dan pasti menyeru kepada kemaslahatan ummat..

Kebanyakan dari kita berpikir bahwa untuk bersedekah itu harus menunggu keadaan yang serba berkelebihan. Padahal, dalam kenyataannya, banyak orang yang tertimpa masalah, namun masih peduli pada persoalan orang lain, sekalipun ia harus merelakan hartanya berkurang (baca: sedekah), maka kemudahan demi kemudahan akan dapat dirasakan dalam waktu yang relatif tidak lama..

Mengapa kita masih ragu?? Padahal janji Allah itu pasti benar. Sesuai dengan ayat 261 di Surat Al Baqarah tersebut di atas, satu kebaikan kita di jalan Allah, akan dilipatgandakan sebanyak 700 kali lipat. Sungguh itu merupakan suatu nikmat yang banyak. Dan sekali lagi, janji Allah itu pasti benar adanya. “. . . Innallaha yukhliiful mii’aad/ sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji” (Q.S Ar Ra’d: 13)..

Yuukk Ah.. Menyegerakan untuk bersedekah, sehingga menjadi jalan untuk menjemput berkah.. ^_^

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Kembang Janggut-Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Selasa, 24 September 2013 pukul 11.03 wita

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Selasa, 01 Oktober 2013 pukul 08.00wita.

Comments
One Response to “Bersedekah sebagai Jalan Menjemput Berkah*”

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: