Media Online Belajar Pemikiran Manhaj Tarbiyah*

Dakwah-Tarbiyah

Media Online Belajar Pemikiran Manhaj Tarbiyah*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Anda sudah Liqo’ selama berbulan-bulan lamanya, namun rasanya sangat sedikit sekali pengetahuan yang didapatkan..

Katanya, Anda telah ter-tarbiyah selama bertahun-tahun, namun ketika masuk pada pembahasan yang sifatnya ikhtilaf dengan beberapa harakah lain, seperti macan ompong, tak sanggup berargumen dan lebih banyak berucap “kata Murobbi” saja..

Semoga, saya hanya bisa berharap bahwa pengalaman buruk itu tak pernah terjadi kepada Anda. Dan kalaupun memang kejadiannya itu demikian adanya, Anda patut berbahagia, karena tulisan ini akan memaparkan solusi yang mungkin saja bisa menjadi pengobat “kekurangtahuan” kita dalam beragama..

Kembali lagi saya ungkapkan bahwa halaqah tiap pekan itu adalah merupakan hal yang penting dan utama, namun itu bukanlah satu-satunya. Yakni, bukan satu-satunya menambah khasanah ilmu pengetahuan tentang manhaj dakwah kita..

Tarbiyah Dzatiyah, inilah yang sebenarnya harus kita pegang teguh. Yakni, meng-upgrade pemahaman dengan banyak belajar secara mandiri, belajar aktif dari berbagai macam sumber yang bisa dipercaya sebagai rujukan..

Nah, di era modern ini, materi-materi Tarbiyah yang bisa meng-upgrade pemahaman kita tersebut telah tersedia secara mudah dan tanpa biaya (kecuali biaya akses internetnya). Puluhan materi ceramah, taklim, hingga file presentasi tersedia untuk Anda. Ya, hanya untuk Anda yang mau dan mampu melakukan Tarbiyah Dzatiyah..

Adapun media/sarana online tersebut berada di alamat www.tatsqif.com

Anda bisa langsung menuju ke sana sekarang juga. Namun, jika tidak terburu-buru, saya juga akan paparkan beberapa menu yang terdapat di Tatsqif.com yaitu:

  • ü  Tafsir Al Qur’an (46 files). Berisi rekaman audio tentang kajian tafsir Al ur’an disusun berdasarkan Urutan surat, Kajian ulumul Qur’an, Tahsin dan Tahfidz Qur’an, Adab berinteraksi terhadap Al Qur’an, dan lain-lain.
  • ü  Tsaqofah Islamiyah (177 files). Berisi rekaman audio tentang wawasan ke-Islaman, seputar kajian fiqih, pengetahuan hadist, adab mencari ilmu dan keutamaan mempelajari ilmu, masalah zakat dan infaq, ke-akhwat-an, dan lain-lain.
  • ü  Sirah Nabi dan Sahabat (44 files). Berisi rekaman audio tentang sejarah Rasulullah SAW dan para sahabat, kondisi Arab sebelum diutusnya Rasulullah SAW, sejarah sepeninggal Rasulullah SAW dan lain-lain.
  • ü  Aqidah dan Akhlak (89 files). Berisi rekaman audio tentang kajian aqidah dan akhlak Islam, hakikat tauhid, hakikat keimanan dan konsekuensinya, akhlak sesama muslim, pergaulan dalam Islam dan lain-lain.
  • ü  Dakwah (64 files). Berisi rekaman audio tentang kajian dakwah Islam, manhaj dakwah, hakikat dakwah dan keutamaannya, dakwah di era kontemporer, korelasi dakwah dan politik, dan lain-lain.
  • ü  Tazkiyatu Nafs (102 files). Berisi rekaman audio kajian penyucian jiwa, memurnikan tauhid dan keimanan, niat dan keikhlasan, berbenah dan bertaubat, meningkatkan taqarrub kepada Allah, dan lain-lain.
  • ü  Materi Tarbiyah dan Dakwah (106 files). Berisi presentasi power point tentang materi tarbiyah, keutamaan tarbiyah dan dakwah, kajian pemikiran Islam, pilar-pilar kebangkitan Islam, permasalahan kontemporer, dan lain-lain.
  • ü  Pelatihan/Training (353 files). Berisi presentasi power point tentang materi pelatihan dan seminar kepemimpinan, bisnis, keorganisasian massa, motivasi dan peningkatan kapasitas dan kualitas SDM, dan lain-lain.

Dan, marilah saya tutup sedikit ulasan kali ini dengan mengutip sabda Nabi Muhammad shallallahu ‘alayhi wasallam, “Barang siapa yang mengajak kepada petunjuk, maka baginya ada pahala yang sama dengan pahala orang yang mengikutinya dan tidak dikurangi sedikitpun juga dari pahala-pahala mereka” (HR. Muslim).

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Kembang Janggut-Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Selasa, 10 September 2013 pukul 11.41wita

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Ahad, 22 September 2013 pukul 08.00wita.

Comments
3 Responses to “Media Online Belajar Pemikiran Manhaj Tarbiyah*”
  1. Wajib disebar guna memudahkan kita semua yang ingin belajar materi Tarbiyah.

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: