Story 016 Jowo Community STKS Bandung

JOCO Walking Fun

Jowo Community STKS Bandung

Berbicara tempat kuliah di Bandung, tentu seharusnya mahasiswa di STKS Bandung kebanyakan dari orang-orang suku Sunda yang terkenal dengan kelembutan dalam bertutur kata dan sopan dalam berbicara. Namun kenyataannya tidak demikian. Di STKS Bandung ditemui beragam suku dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Mulai dari Aceh hingga Papua, insya Allah semuanya ada.

Tahun 2009 menjadi titik tolak persatuan para mahasiswa luar daerah. Ada HMSS (Himpunan Mahasiswa Sulawesi Selatan), Hima Babel (Himpunan Mahasiswa Bangka Belitung), Hima Padang, dan tak tertinggal JOCO (Jowo Community) yang terdiri dari mahasiswa asal Jawa Timur, DIY dan Jawa Tengah. Bahkan, para mahasiswa asal Sunda juga membentuk himpunan yang bernama Hima Pawayangan.

Dengan adanya berbagai macam himpunan mahasiswa daerah tersebut sebenarnya bertujuan sangat baik. Yakni membangun solidaritas, perasaan senasib sepenanggungan di kota perantauan, dan pada akhirnya bisa saling membantu dan saling meringankan beban. Namun, tidak dipungkiri juga, pada akhirnya ada juga beberapa kejadian yang menjadikan himpunan mahasiswa daerah tersebut ke arah permainan politik mahasiswa kampus yang rentan mengakibatkan perpecahan. Terlepas dari potensi konflik yang ada, potensi kebersamaan dan kekeluargaan masih tetap lebih besar.

LOGO JOCO STKS Bandung

LOGO JOCO STKS Bandung

Oleh karenanya, kali ini aku hendak menceritakan mengenai keikutsertaanku di Jowo Community STKS Bandung.

Menyadari sebagai mahasiswa rantau yang tidak ada sanak famili sama sekali, aku menyambut gembira dengan adanya perkumpulan mahasiswa asal Jawa ini. Bahkan merasa terhormat karena menjadi salah satu bagian pengukir sejarah dengan turut serta membidani lahirnya organisasi mahasiswa daerah bernama Jowo Community STKS Bandung.

Kebetulan, tempat kostku juga berada di wilayah kumpulan anak-anak asal Jawa, karenanya aku tak pernah ketinggalan informasi untuk kumpul-kumpul para mahasiswa Jawa ketika tengah merancang organisasi ini. Pak Raharjo sebagai teman dekatku sejak PPI (Program Pengenalan Institusi) hingga duduk di satu kelas yang sama, ternyata punya peran dan pengaruh yang cukup diperhitungkan. Maka, aku yang bukan siapa-siapa ini juga pada akhirnya ikut-ikutan menjadi orang “agak penting” he he.

Momen perdana untuk saling mengenal lebih jauh para mahasiswa asal Jawa adalah di agenda Buka Bersama. Tahun ajaran baru di STKS Bandung selalu jatuh pada bulan Agustus, dan bulan puasa juga lebaran selalu tidak jauh dari bulan tersebut (dalam lima tahun terakhir sejak tahun 2008). Dari sinilah tumbuh perasaan dekat merasa memiliki satu keluarga besar, sama-sama dari Jawa.

Sejak masa itu, aku menjadi sering dan jarang absen pada kegiatan yang dihelat oleh mahasiswa Jawa ini, bahkan sesekali aku mendapatkan peran untuk mengurus beberapa kegiatan sederhana seperti jalan pagi atau olahraga bareng.

Hingga pada akhirnya, waktu yang dinanti itupun tiba. Organisasi yang digagas akhirnya dapat terbentuk dengan restu dari salah satu orang lembaga STKS Bandung yang kami daulat menjadi pembina. Terpilihlah Mas Asri Sasi Mulyadi, mahasiswa STKS Bandung angkatan 2006 asal Tegal sebagai Lurah JOCO, yang secara otomatis menjadi Lurah Perdana organisasi ini.

JOCO pra Berangkat == JOCO Walking di Jalan

Pada rapat pembentukan stuktur kepengurusan, aku pun tak mau ketinggalan. Karena motivasi utamaku kuliah, selain mendapatkan achievement di bidang akademik, juga memperbanyak achievement di bidang kepemimpinan dan keorganisasian. Malam itu aku datang di rapat pembentukan kepengurusan JOCO tahun pertama, dan aku mendapatkan amanah di Kaur (Kepala Urusan) Bidang Akademik. Alhamdulillah, sebuah posisi yang menurutku pas dan cocok.

Selama menjabat amanah ini, akupun mulai berpikir untuk menghidupkan JOCO melalui kegiatan yang bersifat akademis. Beberapa program yang kususun dan berjalan waktu itu diantaranya: 1)Kelompok Belajar dengan pembimbing Ibu Kormauli (Bu Uli) almarhumah, 2)Kelompok Penelitian, dan 3)Penerbitan Buletin PALAWI (Pawarta Lare Jawi) JOCO STKS Bandung. Sebenarnya waktu itu berpikir untuk ekspansi ke agenda seminar dan semacamnya, namun ketika dipikir lagi, itu ranahnya BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) sebagai pelaksana, maka niatan itupun diurungkan.

Aku sangat menikmati amanah ini, karena memang sesuai dengan passion diri. Dan sungguh menjadi arena pengembangan diri, khususnya di dunia tulis menulis dengan menjadi pimpinan redaksi PALAWI selama satu periode kepengurusan. Pengalaman penerbitan PALAWI yang disambut baik oleh warga JOCO, akan melahirkan SWJC (Social Work Journalist Community) STKS Bandung di pertengahan sampai akhir tahun 2012 sebelum aku meninggalkan kampus STKS Bandung karena telah berhasil menggondol gelar Sarjana Sains Terapan (S.ST.).

Terakhir, aku ingin membagi nama-nama Lurah selama empat periode: 1)Mas Asri Sasi Mulyadi (STKS Bandung 2006, asal Tegal), 2)Arif Pujianto (STKS Bandung 2008, asal Pati), 3)Harin Winanda (STKS Bandung 2008, asal Tegal), dan 4)Lukman Prasetyo Utomo (STKS Bandung 2010).

Kenangan, pengalaman, persahabatan, dan kekeluargaan bersama JOCO (Jowo Community), insya Allah tak terlupa.

*Kembang Janggut, 19 Agustus 2013

**Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Kamis, 19 September 2013 pukul 08.00 wita.

NB: Artikel ini adalah edisi series dari The Story of Muhammad Joe Sekigawa. Diterbitkan secara berkala pada setiap hari Senin dan Kamis, sejak tanggal 29 Juli 2013. Jika tak ada halang merintang, akan disusun menjadi sebuah buku bagi koleksi pribadi ^_^

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: