Tempatkan Dunia di Genggaman Tanganmu Bukan di Dalam Hatimu*

Tempatkan Dunia di Genggaman Tanganmu Bukan di Dalam Hatimu*

*Oleh Joko Setiawan, A Social Worker, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Seringkali banyak orang diantara kita menjadikan dunia sebagai tujuan..

Berharap bisa punya banyak harta, hidup foya-foya, bahagia sampai tua, dan jika nanti mati akan masuk surga..

Begitulah tabiatnya, orang yang tidak hanya kikir, namun juga sekaligus rakus harta dunia..

Padahal, kalau mati, apakah anak yang banyak, isteri yang cantik jelita, dan harta yang melimpah itu akan dibawa sampai ke liang lahat? Tentunya tidak bukan! Bahkan, yang ada adalah perebutan harta warisan ketika keluarga yang ditinggalkannya juga sama-sama cinta dunia, lalu lalai akan persiapan akhiratnya..

Perilaku terbaik adalah mereka yang menyadari akan keagungan titah tuhannya, juga pesan dari Rasul Mulia, Muhammad shallallahu a’alyhi wasallam, “Khoirunnas anfauhum linnas/Sebaik-baik manusia adalah yang bisa memberikan banyak manfaat bagi manusia lainnya”..

Pepatah Jawa mengatakan bahwa “urip ning dunyo kuwi mung mampir ngombe/hidup di dunia itu hanyalah mampir minum”, ibarat seorang musafir, maka dunia bukanlah tempat terminal tujuan akhir, melainkan hanya sebuah tempat untuk beristirahat, mengumpulkan pundi-pundi amal perbuatan baik, dan pada akhirnya perjalanan harus tetap dilanjutkan sampai tujuan, negeri akhirat..

Maka, apakah layak menjadikan kenikmatan dunia sebagai takaran hidup bahagia yang kekal?

Dunia ini, janganlah sampai dimasukkan ke dalam hatimu, namun tempatkanlah ia di dalam genggaman tanganmu..

Dengan begitu, engkau akan bisa mengendalikan dunia tanpa diperbudaknya..

Mampu menyadari, bahwa dunia ini fana, tak perlu ada yang diberatkan olehnya, kecuali seberapa banyak amal dan perbuatan baik yang telah kita tanamkan di dalamnya..

Sungguh, ketika mindset ini telah tertanamkan di dalam diri, hingga jauh ke dalam lubuk hati, maka, tak akan ada kekhawatiran takut miskin, takut tidak bahagia karena sedikit harta, dan menjadi sangat loyal untuk mempergunakan seluruh harta, jiwa dan raga ini teruntuk di jalan Allah, fi sabilillah..

Bukanlah Allah telah memberitakan bahwa jual beli yang paling menguntungkan adalah jual beli antara hamba dengan Rabbnya, “Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al Quran. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar” (Q.S Ali Imran: 111)

Oleh karenanya sekali lagi, mari saling mengingatkan, bahwa dunia ini benar-benar bukanlah akhir tujuan, melainkan hanyalah sebuah sarana untuk menguji kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Rabbul Izzati, Allah azza wa jalla..

Jalani hidup ini dengan sebaik-baiknya, menjadi salah satu pejuang tegaknya dakwah fi sabillillah, dimana kalimat Allah akan ditegakkan dengan ilmu dan amal, menjadikan dunia terang benderang berdasarkan aturan dari Tuhannya..

Semoga, kita menjadi orang-orang yang memegang erat tali agama ini, juga menjadi pejuangnya, dan sehingga di akhir nanti, kita termasuk digolongkan sebagai orang yang beruntung atas jual beli yang telah kita lakukan dengan Allah subhanahu wata’ala. Aamiin ya Rabbal aalamiin..

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwwah

Bancar-Kabupaten Tuban, Jawa Timur
Ahad, 01 September 2013 pukul 20.30wita

 

Comments
2 Responses to “Tempatkan Dunia di Genggaman Tanganmu Bukan di Dalam Hatimu*”
  1. i juts wanna be comfort in this traveling to akhirat. i want the world to fulfill my needs and stay alive so i can serve Alloh well.

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: