Story 013 Klub Bahasa di STKS Bandung

Klub Bahasa di STKS Bandung

Sejak masih berstatus karyawan di PT. Astra Daihatsu Jakarta, aku sudah memulai untuk belajar Bahasa Jepang secara otodidak. Menyadari bahwa di STKS Bandung ternyata juga ada Klub Bahasa Jepang, aku pun bergembira ria dan penuh semangat untuk bergabung dengan klub bahasa Jepang ini. Klub Bahasa yang bernama NCSB (Nihongo Club STKS Bandung).

Di klub bahasa inilah kukenal beberapa nama kakak tingkat, teman sejawat maupun adik tingkat yang secara akademik sangat potensial. Diantaranya ada Teh Nia Saniyah (STKS ’06), Kak Alamsyah (STKS ’07), Umi Salamah (STKS ’08), Abd Muhni Salam (STKS ’09), Fetty Familda (STKS ’10) dan masih banyak lagi yang lainnya.

Yang menarik adalah bahwa, para mahasiswa pecinta bahasa ini memiliki kecenderungan gemar mempelajari multi (banyak) bahasa. Sebut saja misalkan Kak Alamsyah yang aktif di klub bahasa Jepang, Bahasa Inggris, Bahasa Korea, dan Bahasa Jerman. Umi Salamah juga demikian, ia mahir dalam Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Korea, juga Bahasa Sunda, padahal ia adalah asli warga Pangkal Pinang (Bangka Belitung).

Para mahasiswa pencinta bahasa ini memiliki satu tekad dan visi yang sama. Mereka adalah para mahasiswa yang memiliki impian besar untuk nantinya dapat melanjutkan pendidikan tinggi di negeri asing, tentu sebagian besarnya mengharapkan bisa meraih graduate full scholarship. Insya Allah.

Ada fenomena berulang yang patutnya mendapatkan perhatian oleh para pecinta klub bahasa Jepang ini. Yakni, fenomena menjamurnya peserta yang hadir pada pertemuan satu bulan pertama masuk kuliah, setelah itu mengalami seleksi alam dan berguguran satu per satu.

Sejatinya fenomena di atas tidak dapat disamakan dengan bergugurannya para aktivis dakwah untuk istiqomah di jalan-Nya. Ketika realitas demikian yang kita dapatkan, seharusnya pengurus harus banyak berbenah. Mengevaluasi segala bentuk program kerja, proses dan media pembelajaran, juga harus kreatif dalam menghidupkan suasana kekeluargaan dalam bingkai ke-bahasa-an.

Saya sendiri hanya bisa aktif di dua bahasa, yakni Bahasa Jepang dan Bahasa Inggris saja, pada masa kepemimpinan Kak Alamsyah. Sempat mengetuai Klub Bahasa Jepang, namun karena kesibukan part time, menjadikanku tidak fokus dalam mengurus NCSB ini. Jika mau disalahkan, tentunya memang aku yang pertama patut disalahkan atas tidak jalannya program di NCSB. Untunglah masih ada Abd Muhni Salam yang meneruskan perjuangan klub bahasa hingga mampu berkonsolidasi membenahi segala kekurangan klub bahasa dalam kepengurusan kakak tingkat sebelumnya.

Kesibukan kian hari kian bertambah, tiga semester terakhir semasa menjalani kuliah di STKS Bandung aku sudah banyak tak mengikuti pertemuan pekanan klub bahasa ini. Namun, orang-orang yang berkecimpung di dalamnya, aku masih kenal baik. Apalagi Abd Muhni Salam memang sahabat dekat yang selalu saja menginformasikan kepadaku setiap ada agenda Klub Bahasa.

Pasca kepemimpinan Abd Muhni Salam, dilanjutkan oleh Ima Ekasari (Ibhen) dan juga masih dalam kalangan kaderisasi yang sama. Betul, tak dipungkiri, selain media klub bahasa ini sebagai sharing ilmu bahasa dan berbagi semangat untuk terus menancapkan impian kuliah di luar negeri, juga sarana untuk berbagi nilai-nilai, yang dalam bentuk lainnya dapat dikatakan menginfiltrasi nilai-nilai kaderisasi.

Sebuah kaderisasi yang berfokus pada kecintaan terhadap bahasa, berbagi informasi-informasi beasiswa, penanaman akhlak yang baik, serta saling membantu jika memang dibutuhkan. Ketika berada di dalam lingkaran ini, tentu akan dijumpai sebuah karakter yang hampir sama, semangat, visi dan juga misinya. Insya Allah.. ^_^

*Kembang Janggut, 12 Agustus 2013

**Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Senin, 09 September 2013 pukul 08.00 wita.

NB: Artikel ini adalah edisi series dari The Story of Muhammad Joe Sekigawa. Diterbitkan secara berkala pada setiap hari Senin dan Kamis, sejak tanggal 29 Juli 2013. Jika tak ada halang merintang, akan disusun menjadi sebuah buku bagi koleksi pribadi ^_^

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: