Story 008 Beasiswa Sampai Lulus dari STKS Bandung

Kampus STKS

Beasiswa Sampai Lulus dari STKS Bandung

Tekad sudah bulat. Aku telah mengantongi izin dari Group Leader (mandor) Underbody Group PT. Astra Daihatsu Motor Jakarta. Ujian pertama kutempuh di Akademi Pimpinan Perusahaan (APP), alhamdulillah lancar dan optimis bisa mengerjakan dengan baik. Tes kedua di Kantor Kementerian Sosial RI Jl. Salemba Raya No.28 Jakarta Pusat untuk mengikuti ujian masuk STKS Bandung.

Ada dua perbedaan mencolok dari kedua tes ini, yakni dari jumlah peserta ujiannya. Di APP, kutemukan ratusan calon mahasiswa yang sama-sama mengikuti tes masuk di kampus tersebut. Namun, di Kementerian Sosial, pesertanya hanya 24 orang saja, itu pun sudah termasuk PNS yang nantinya akan berstatus Tugas Belajar (TB) ketika dinyatakan lulus ujian.

Nah, mungkin karena faktor keberuntungan ya. Keberuntungan yang telah ditetapkan oleh Allah, sehingga jalan ini begitu mudah terlewati. Tak lupa, mungkin juga berkat doa dari Ma’e yang tak kenal lelah mendoakan anaknya agar bisatercapai segala angan dan citanya.

Tes masuk STKS Bandung pada bulan Juni 2008 itu pun juga mampu kulewati dengan sumringah. With full of confident, aku yakin telah melakukan yang terbaik. Dan berharap bisa lulus dari tes tulis tersebut. Allah lah sebaik-baik penjawab doa hamba-Nya.

STKS BandungTak hanya pengumuman lulus yang kudapatkan. Bahkan, ketika tak sabar juga deg-degan ingin segera mengetahui hasil kelulusan. Aku masih teringat lekat, ketika jam istirahat kerja pertama berbunyi (sekitar pukul 10 pagi), aku menelfon kampus STKS Bandung untuk menanyakan pengumuman kelulusan. Suara petugas yang berada di Bandung itu pertama-tama menanyakan nomor dan tempat ujianku. Setelah kusebutkan dengan benar, beliau menjawab, “Ya, kamu lulus, dan mendapatkan beasiswa”. Alhamdulillah, ucapan syukur itu yang pertama kali meluncur dari bibir lembut ini.

Hampir saja aku lupa untuk bertanya karena saking senangnya, beasiswa yang bagaimanakah yang diberikan oleh STKS Bandung? Sudah lulus saja itu suatu kebahagiaan yang besar, tapi Allah berkehendak lain, Dia memberikan lebih dari yang kuharapkan pada awalnya. Maka, nikmat Tuhan yang mana lagikah yang dapat aku dustakan? Tidak ada..

Sang petugas di seberang telpon itu menerangkan mengenai beasiswa yang didapatkan adalah semenjak pertama kali kuliah hingga lulus jika prestasi akademiknya dapat dipertahankan. Subhanallah. Sampai lulus?? Pikiranku menjadi melayang-layang ketika mengingat bagaimana kerasnya harus meyakinkan ORTU dan Kakak bahwa ketika telah kuliah, pantang untuk tidak sampai lulus.

Maka, dengan segera saja kukabarkan kepada Pak Bowo selaku Group Leader bahwa aku lulus tes masuk STKS Bandung dengan beasiswa sampai lulus jika mampu mempertahankan prestasi akademik. Pak Bowo pun menunjukkan muka yang cerah dan dengan mantap mengatakan, “Urus saja administrasi pengunduran dirinya, kalau tujuannya untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, perusahaan tidak akan mempersulit. Saya senang melihat anak muda yang penuh semangat sepertimu”. Ah, lega sekali mendengar apa yang dikatakan oleh Pak Bowo ini. Padahal, sempat berpikir takut akan diminta untuk membayar biaya ganti rugi sebab di dalam perjanjian kontrak memang dikatakan demikian. Kontrak yang seharusnya berjalan selama setahun, baru 10 bulan, aku sudah akan mengundurkan diri karena diterima kuliah.

Di sisi lain, selang sehari kemudian, pengumuman tes ujian masuk APP juga keluar, dan dengan jelas namaku terpampang di sana. Jurusan Perdagangan Internasional tanpa beasiswa versus STKS Bandung yang memberikan beasiswa sampai lulus. Pertimbanganku tak lagi masuk pada kesukaan, tapi lebih kepada realistis dengan keadaan. Tentu, dengan adanya beasiswa, itu lebih menjamin keberlangsungan kuliahku sampai lulus. Pertimbangan lainnya, APP ada di Jakarta, sedangkan STKS ada di Bandung. Kata Kota Kembang dan Paris Van Java lebih memikatku karena menawarkan pengalaman yang sama sekali baru, yang sebelumnya tak pernah terpikir untuk datang kesana, apalagi dalam rangka melanjutkan pendidikan tinggi.

Maka, telah jelaslah bahwa tahun 2008 itu, aku masuk STKS tanpa tahu akan belajar apa, tanpa saudara, tanpa kenal satu orang pun di wilayah Dago dan sekitarnya. Tapi, semangat menjejakkan pengalaman baru di tempat baru begitu kuat membara di dalam dada. Rasa-rasa demikian itulah yang pada akhirnya, nanti bisa membawaku pergi ke berbagai tempat di Jawa, sampai Sulawesi dan Kalimantan.

Langkah-langkah mengurus administrasi pengunduran diri dari PT. Astra Daihatsu Motor telah kuselesaikan. Kawan-kawan satu tempat kerja pun telah kukabari. Doa-doa dari mereka senantiasa mengalir deras. Mendoakan untuk kesuksesanku di masa depan, dan tidak lupa dengan segala kenangan dan aktivitas selama di PT. ADM ini. Ya, cukup sedih dan haru dengan timing seperti itu, tapi keputusan telah diambil, pengalaman baru harus teraih.

Mulai detik itu, Jakarta akan menjadi sebuah kenangan yang tak tahu kapan lagi akan kukunjungi. Bandung telah menanti, Kota Paris van Java siap untuk dinikmati dengan segala keindahan kota dan masyarakat Sunda yang ramah juga baik hati ^_^

*Kota Samarinda, 15 Juli 2013

**Ibukota Provinsi Kalimantan Timur.

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Kamis, 22 Agustus 2013 pukul 08.00 wita.

NB: Artikel ini adalah edisi series dari The Story of Muhammad Joe Sekigawa. Diterbitkan secara berkala pada setiap hari Senin dan Kamis, sejak tanggal 29 Juli 2013. Jika tak ada halang merintang, akan disusun menjadi sebuah buku bagi koleksi pribadi ^_^

Comments
4 Responses to “Story 008 Beasiswa Sampai Lulus dari STKS Bandung”
  1. kebomandi says:

    welcome in Bandung😀

  2. dannis sabbaha says:

    Bangga, terharu, dan menjadi motivasi serta inspirasi setelah membaca tulisanmu inibJoe…. Semoga slalu dalam lindungan Alloh SWT. aamiin….

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: