Story 007 Bersiap Menjadi Mahasiswa

Sumber Ilustrasi Gambar dari sini

Bersiap Menjadi Mahasiswa

Selain menyibukkan diri dengan jalan-jalan keliling ibukota. Sedari awal berada di Jakarta ini, aku juga sudah mempersiapkan untuk kuliah di tahun depannya (2008). Jadilah aku membeli beberapa buah buku persiapan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), tes masuk STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) hingga tes ujian CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil).

Tentu setelah membeli buku-buku tersebut, aku mulai menyusun jadwal. Jam berapa jalan-jalan, jam berapa nonton film, dan jam berapa belajar. Yang jelas, memang benar bahwa aku memang waktu itu menempuh jalan yang lebih berat dibandingkan dengan teman kebanyakan. Bahkan, beberapa dari mereka yang melihat kegigihanku, turut serta menyemangati dan salut atas keinginan kuat tuk melanjutkan pendidikan tinggi (kuliah), padahal perekonomian keluarga masih tidak memungkinkan untuk men-support secara penuh.

Waktu berjalan terasa begitu cepat, tiba-tiba telah mendekati pertengahan tahun 2008 yang berarti merupakan tahun ajaran baru untuk di negeri Indonesia tercinta ini. Proses belajar otodidak selama ini yang telah kumulai sejak bulan Oktober 2007 ternyata masih belum cukup. Cukup diriku sendiri yang bisa mengukur atas ketidaksiapan ini.

Otakku pun kembali kuajak berpikir keras. Rasanya soal-soal STAN tidak sesulit soal SNMPTN (menurut pendapat pribadiku), maka aku pun mulai memutuskan untuk beralih dari cita-cita ingin masuk Sistem Informatika/Informasi ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) menjadi ingin masuk STAN. Setahuku waktu itu, beberapa teman dari SMK bisa ikut mendaftar dan tes di kampus milik Kementerian Keuangan RI itu.

Dari keinginan kuat untuk mendaftar ke STAN ini, aku pun mulai mencari informasi lebih banyak tentang STAN. Dari sini, aku mulai terhubung dengan informasi beberapa kampus sejenis STAN ini yang berlabelkan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK).

Tersesat di postingan salah satu mahasiswa STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara) di wordpress, tertampilkan informasi bahwa akan ada PTK Expo (Perguruan Tinggi Kedinasan Expo) bertempat di Gedung Volley Indoor Senayan Jakarta. Kebetulan waktunya masih beberapa hari lagi dan shift kerja juga dapat giliran malam. Otomatis, aku hanya beristirahat beberapa jam saja, untuk mengejar acara PTK Expo ini di sore harinya.

Selain informasi terkait PTK ini, aku juga sudah menemukan di internet, salah satu perguruan tinggi di bawah Kementerian Perdagangan dan Perindustrian yang bernama APP (Akademi Pimpinan Perusahaan). Salah satu jurusan yang menarik hatiku kala itu adalah Perdagangan Internasional. Oleh karenanya, aku juga sudah membidik untuk mendaftarkan diri di kampus ini dengan Jurusan Perdagangan Internasional.

Untuk STAN sendiri, kalau tidak salah, melakukan ujian masuk sebelum PTK Expo dimulai. Aku telah memproses pendaftaran dengan membayar uang pendaftaran melalui transfer ke rekening panitia yang proses selanjutnya adalah datang langsung ke kampus STAN di Bintaro dengan membawa berkas-berkas yang dipersyaratkan.

Tapi, nasib berkata lain. Aku yang telah optimis mampu menembus soal-soal ujian STAN, ternyata harus gugur duluan disebabkan pada tahun 2008 itu, STAN tidak bisa menerima dari lulusan SMK selain jurusan Akuntansi, sedangkan jurusanku adalah Geologi Pertambangan. Bisa dibayangkan jauhnya, dari Geologi Pertambangan kok mau masuk ke STAN he he.

Nasib yang hampir serupa juga kudapatkan ketika pada akhirnya aku bisa datang di PTK Expo tahun 2008 di Volley Indoor Senayan Jakarta. Dari ke-15 PTK yang mempromosikan kampusnya, hampir semuanya tidak bisa menerimaku karena background Geologi Pertambangan, dan hanya satu yang dengan ramahnya menyampaikan bahwa kampus mereka bisa menerimaku meski dengan background SMK Geologi Pertambangan. Itulah kampus Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung yang hari ini –tahun 2013- telah mengantarkanku hijrah berkarier sebagai Community Developer di Perusahaan Hutan Tanaman Industri (HTI) Kalimantan Timur.

Jujur, sebenarnya aku tidak yakin, juga tidak paham dengan kampus STKS Bandung. Kampus apa? Belajar apa? Sama sekali tidak paham seluk beluknya. Apa sanggup otak teknik beralih ke bidang sosial, padahal nilai ujian waktu SD, yang terjelek adalah di bidang IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Apalagi kampusnya di Bandung, tak pernah terbersit sedikitpun untuk bisa menetap atau kuliah di Bandung. Tapi di sisi lain, di dalam diri terdapat gejolak yang besar dan merasa tertantang untuk mendapatkan pengalaman dan ilmu baru. Maka, tak mengapa tentunya untuk dicoba.

Inilah detik-detik sebelum menjadi mahasiswa. Aku mendaftarkan diri pada dua kampus yang menurutku memiliki daya pikatnya masing-masing. APP dengan Perdagangan Internasional nya, dan STKS dengan daya tarik Paris van Java nya ^_^

*Kembang Janggut, 09 Juli 2013

**Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Senin, 19 Agustus 2013 pukul 08.00wita.

NB: Artikel ini adalah edisi series dari The Story of Muhammad Joe Sekigawa. Diterbitkan secara berkala pada setiap hari Senin dan Kamis, sejak tanggal 29 Juli 2013. Jika tak ada halang merintang, akan disusun menjadi sebuah buku bagi koleksi pribadi ^_^

Comments
4 Responses to “Story 007 Bersiap Menjadi Mahasiswa”
  1. Nisa says:

    Ka mau tanya, kalau smk jurusan akuntansi bisa dftr STKS?

  2. sigit says:

    salam anak geologi pertambangan… saya mau tanya, saya pengen skali masuk PTK, kalo STKS bisa kerja di tambang juga kah …

    • Lulusan STKS Bandung yang bekerja di Tambang, saat ini belum ada, tapi sangat potensial bisa kerja di tambang, sebagai Community Development officer…

      Contohnya saya, saat ini bekerja di Perusahaan HTI (Hutan Tanaman Industri) sebagai Community Investment.

      Ada juga teman seangkatan saya yang bekerja sebagai Community Development di Perusahaan Kebun Sawit..

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: