Meramaikan Masjid Al Muhajirin Camp Rig saat Ramadhan 1434 H

00-buka-bersama-1434-h-camp-rig-srl

Meramaikan Masjid Al Muhajirin Camp Rig saat Ramadhan 1434 H

Bismillah..

Lima hari pertama kemarin saya menjalani Puasa Ramadhan 1434 Hijriah bersama kawan-kawan di Camp Rig PT. Silva Rimba Lestari. Camp ini masih menyisakan satu buah masjid yang sepertinya dulu pada zamannya cukup megah dan ramai. Namun beda dengan sekarang. Bukan karena orang-orannya tak lagi taat, namun karena penghuninya dulu telah pulang kampung, Limbang Ganeca (nama perusahaan kayu) sebagai pemilik resmi Camp ini telah tutup buku. Camp yang dahulunya berpenduduk hingga 800 jiwa itu pun tinggal sedikit, tak sampai 100 orang saja, dan itupun hampir 60% nya umat Kristiani.

Namun syukur alhamdulillah, meski tak seramai dulu, Masjid Al Muhajirin ini masih punya penghuni tetap untuk sholat lima waktu. Sebut saja Mas Cunda, Pak Jahar, Pak Sas, Pak Sule, Mas Eko. Ada juga Pak Suryo, Eko, Pak Mantri Syaiful, Mas Yudi, Pak Melvin, dan beberapa lainnya yang memang terkadang angina-anginan. Itulah realitanya, tidak boleh ada yang mengeluh, dan memang inilah tugas da’i yang sesungguhnya. Dahulu di masjid kampus dengan segala suasana yang mendukung, tapi di sini, kalau kita malas, apalagi orang lain sebagai mad’u kita?

Lagi-lagi, kami menjadi penggerak. Memang telah ada peranannya masing-masing, dan semua masih di bawah komando Mas Cunda (nama lengkapnya Cunda B. Dian Abdu). Beliau memang orang Tarbiyah tulen, kemampuan ruhiyah, leadership, maupun siyasah-nya tak perlu diragukan. Entah, Allah hendak merencakan hal apa lagi kepada saya sehingga dipertemukan salah satu Permata Tarbiyah di tengah hutan seperti ini. Saya hanya berpikir, bukan Mas Cunda yang dikirimkan kepada saya, namun saya lah yang dikirimkan ke tengah hutan ini untuk membantu project dakwah untuk perusahaan dan berada di samping beliau. Intinya, tetap take and give. Melakukan yang terbaik untuk dakwah fi sabilillah. Insya Allah..

Menyambung cerita agenda Ramadhan 1434 Hijriah kali ini. Kami mengadakan buka takjil bareng di masjid. Ini juga untuk menarik massa agar melaksanakan sholat Maghrib di Masjid. Ternyata ini juga ampuh dan efektif untuk menarik mereka melanjutkan sholat Isya’ hingga sholat Tarawih. Di sela-selanya, kami sisipkan kultum yang akan diisi secara bergantian. Malam pertama dan kedua, kultum diisi oleh Pak Sule, malam ketiga oleh Mas Cunda, dan malam keempat diisi oleh saya sendiri, kemudian malam kelima kemarin diisi oleh Mas Risky. Dan itu akan terus berlanjut hingga hari lebaran nanti. Selepas sholat tarawih juga kami adakan tadarus Al Qur’an satu juz setiap malamnya, hingga menghabiskan waktu satu jam, sebelum kembali ngelembur pekerjaan di kantor.

Ramadhan kali ini, insya Allah berkah dan saling menguatkan. Meski, mulai hari ini (Senin, 15/07) sampai dengan hari Rabu (24/07) saya tak sedang ada di Camp Rig karena sedang day off, tak mengurangi semaraknya aktivitas Ramadhan 1434 Hijriah di sana.

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwah

Muhammad Joe Sekigawa, A Social Worker, An Activist, A Community Developer, A Great Dreamer, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Alumni Bandung College of Social Welfare, Department of Social Rehabilitation ‘08

Selesai ditulis pada hari Senin sore, 15 Juli 2013 pukul 16.27wita @Kamar Mess Karyawan PT. Silva Rimba Lestari Regional Office Samarinda, Kalimantan Timur.

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Rabu, 17 Juli 2013 pukul 08.00wita.

G A L L E R I E S

01-bukber-camp-srl == 02-jamaah-shalat-tarawih

03-kultum-pra-shalat-tarawih == 04-joe-and-ketua-panitia-ramadhan-1434-h-camp-rig-srl

05-tadarus-pasca-shalat-tarawih

Comments
4 Responses to “Meramaikan Masjid Al Muhajirin Camp Rig saat Ramadhan 1434 H”
  1. hilka17 says:

    mantap. sukses dan berkah selalu, akh.

  2. Fendi haris says:

    semoga ramadhan kali ini kita bisa bersama nenuju kemenangan,, amin

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: