Resahku Karenamu

Bismillah..

Sabtu malam ini sebenarnya sudah saya agendakan untuk membaca beberapa buku haraki. Namun saya lupa, ternyata malam ini ada hajatan di area camp rig SRL ini, dan tentu saja, para karyawan hadir untuk turut memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai yang tengah berbahagia karena sudah resmi menjadi pasangan suami isteri secara sah dan halal. Setelah menghadiri sebentar di sana, saya pun kembali ke mess dengan menyimpan keresahan. Dan jadilah, malam minggu untuk membaca buku ini beralih menjadi kegiatan menulis keresahan yang tertahan.

Jujur saya telah resah dalam beberapa waktu terakhir. Karena kejadian itu begitu jelas adanya di sekitar saya. Pertama, ada seorang teman masa SMK yang tiba-tiba begitu mengelu-elukan “aku adalah wujud dari Tuhan di dunia”, semacam kepercayaan bahwa ilmu tertinggi adalah ketika manusia telah menyatu dengan Tuhannya. Cukup rumit dan berbelit-belit, namun tidak ada dasar ilmiah satu pun yang digunakan untuk bertindak. Dalam diskusi pun begitu banyak ilmu-ilmu dasar Islam yang tak dipahaminya, bahkan menolak.

Keresahan Kedua adalah tentang postingan kawan lama blogger di wordpress yang tiba-tiba dalam beberapa waktu terakhir begitu gemar mempropagandakan mengenai “satu tujuan, beribu jalan” di akun FB beliau dan begitu banyak yang terkagum-kagum dan merasa tercerahkan. Seakan-akan merupakan pengetahuan baru, tergali dari perenungan yang amat mendalam. Namun padahal sebenarnya ya itu-itu lagi yang dikumandangkan, pluralisme agama dengan cover baru. Paham ini menyatakan bahwa Tuhan yang Satu itu adalah milik ummat, maka tak ada yang boleh mengklaim merasa hanya Tuhan yang dipercayainya saja yang benar. Paham ini juga meragukan tata cara beribadah yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alayhi wasallam, dan lebih mementingkan apa yang meraka sebut dengan “jalan keselamatan” bagaimanpun caranya. Benar-benar meresahkan…

Keresahan selanjutnya, yang Ketiga adalah mengenai acara walimahan baru saja tadi malam ini. Setelah dibuka dengan sambutan dari ustadz, kemudian dari perwakilan PT.SRL, makan-makan, dan acara puncaknya adalah musik dangdutan dengan penyanyi-penyanyi yang super seksi (pakaian minim) dan tentu saja, mereka adalah para wanita cantik. Lalu apanya yang salah? Tentu saja ini salah, karena mengundang syahwat. Kalau ada yang berpendapat, “ah, otak kalian saja yang ngeres, ini kan seni”. Wallahi, itu hanya alasan semata. Lha wong ketika berlenggak-lenggok disoraki kok. Memandang wanita yang bukan haknya dengan penuh nafsu, tentu ini dosa besar.

Sedih, sepertinya memang semua sedang berada dalam ketidakpahaman. Mulai dari yang punya hajat, yang nyanyi, juga para penontonnya. Penyanyi tidak akan tampil kalau tidak ada order dari yang punya hajat, yang penonton juga tidak akan hadir jika tidak ada yang menyanyi. Dan yang punya hajat merasa akan tidak sopan atau bahkan tidak banyak yang hadir, kalau tak disuguhi dengan hiburan. Benar-benar lingkaran yang cukup rumit bagi mereka yang awam. Namun, cukuplah kita ambil pelajaran bagi kita yang paham. Sungguh, mereka semua butuh didakwahi, bukan sekedar dicaci maki kemudian berlepas diri.

Ketahuilah, bahwa Islam tidak diturunkan selain memberikan kabar gembira dan juga peringatan. Jadi, adanya larangan adalah untuk menyelamatkan dari siksa yang pedih kepada kondisi surga yang penuh kenikmatan (kabar gembira).

Resah, gelisah, semoga Engkau menjaga hati-hati ini agar senantiasa takut akan azab-Mu ya Rabb..

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwah

Joe at Al Hikmah 2012Muhammad Joe Sekigawa, A Social Worker, An Activist, A Community Developer, A Great Dreamer, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Alumni Bandung College of Social Welfare, Department of Social Rehabilitation ‘08

Kader Aktivis Dakwah dari KAMMI(Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) STKS Bandung

Selesai ditulis pada hari Sabtu malam, 25 Mei 2013 pukul 21.40wita @ Kamar No.2 Mess “Enggang” Karyawan PT. Silva Rimba Lestari District Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.

Dipublikasikan otomatis secara terjadwal oleh WordPress pada hari Selasa, 04 Juni 2013 pukul 08.00wita.

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: