Menjadi Warga Negara Taat Pajak

Bismillah Arabic

Rabu, 01 Mei kemarin adalah hari terakhir tuk menyapa dan pamitan dengan keluarga besar Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU yang berkantor pusat di jalan Raya Condet No.27-G Batu Ampar Jakarta Timur itu. Siang dan sore harinya kugunakan untuk bersibuk-sibuk ria membereskan segala sesuatunya. Pamitan dengan bos pertama sekaligus bapak kost juga telah tertunaikan. Tak lupa tetangga rumah samping kostan juga saya pamiti, apalagi anaknya memang bertugas (baca: saya mintai tolong) untuk mengantarkan ke Cijantung dimana bus Madu Kismo bertepi untuk mengangkut penumpang.

Saya masih punya waktu dua hari (Kamis dan Jum’at) untuk mengurus segala dokumen administratif yang dipersyaratkan oleh Agra Bareksa Group. Sebenarnya persyaratannya tidaklah ribet, hanya saja kelemahannya adalah saya belum mempersiapkannya, khususnya terkait dengan pajak perseorangan yang biasa disebut dengan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

Adapun beberapa syarat administrasi yang harus saya penuhi selain ijazah dan pas photo yang telah saya serahkan beberapa waktu sebelumnya, yaitu scan+fotokopi Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Rekening Bank BCA, dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Yang terakhir ini, benar-benar pengalaman perdana karena tidak pernah berhubungan dengan pajak sama sekali sebelumnya.

Siang tadi (Kamis, 02/05) saya ditemani oleh Kanda Irhamni (my second brother) untuk mengurus NPWP di Kantor Pajak Kabupaten Tuban. Perjalanan menggunakan Kawasaki kawakan, motor satu-satunya yang dimiliki oleh Pa’e untuk beraktivitas di desa ini. Menempuh perjalanan sekitar 45 menit, sampailah saya di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tuban setelah beberapa kali bertanya kepada bapak-bapak tukang becak. Ya, baik saya maupun juga Kak Irhamni memang warga Tuban, namun karena lokasinya yang berjarak 40 km itu membuat kami para orang kampung jarang ke kota, sehingga tak banyak mengenali seluk beluk kota Tuban itu sendiri.

Kantor yang terletak di Jalan Pahlawan No.8 itu tampak megah dari luar, dan ternyata juga nyaman di dalam. Saya dibantu oleh security di pintu masuk untuk mengisi form pengajuan pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Tak seperti yang saya bayangkan sebelumnya, mengurus NPWP itu sangat mudah sekali. Cukup mengisi form satu lembar, setelah semuanya terisi, dilampirkan fotokopi KTP. Setelah saya serangkan kepada petugas, tak lebih dari 15 menit, nama saya pun dipanggil, dan NPWP saya telah usai. Subhanallah, simple, tidak ribet, mudah, dan GRATIS.. ^_^

Kartu NPWP Joko Setiawan

Di waktu mengambil kartu NPWP itu, petugas menjelaskan mengenai kewajiban saya untuk melaporkan selama setahun sekali terkait pendapatan kena pajak. Bisa dilaporkan pada bulan Januari, dan maksimal sampai akhir bulan Maret. Penghasilan kena pajak saya selama tahun 2013 ini, wajib dilaporkan pada bulan Januari-Maret 2014 kelak, begitu ketentuannya, dan seterusnya.

So, mulai sekarang, telah Menjadi Warga Taat Pajak. Alhamdulillah sudah, Kamu..?? (PKPU style) ^_^

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwah ^_^

Joe at Al Hikmah 2012Muhammad Joe Sekigawa, A Social Worker, An Activist, A Community Developer, A Great Dreamer, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Alumni Bandung College of Social Welfare, Department of Social Rehabilitation ‘08

Staf Ahli Bidang Relasi Publik FORKOMKASI (Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia) masa bhakti 2012-2013

Selesai ditulis pada hari Kamis malam, 02 Mei 2013 pukul 21.12wib @Ruang Tamu Rumah Peradaban, Dusun Ngembak RT 02/02 Desa Bogorejo Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Comments
12 Responses to “Menjadi Warga Negara Taat Pajak”
  1. Eddy D Kennedy says:

    Assalam, wr wb… Bapak bakak dan ibu ibu ada yang bisa bantu pertanyaan saya gak nih….
    Saya bekerja di sebuah perusahaan asing jasa konstruksi, saya sudah buat NPWP atas perintah perusahaan, jadi gaji saya di potong pajak penghasilan sebesar 2.300.000.; / bulan . saya sudah bekerja satu tahun.. yang ingin saya tanyakan adalah..?
    1. Bagaimana cara kita untuk mengetahui bahwa perusahaan itu betul betul menyerahkan uang tsb, karena kalau di tanya bukti / struk pembayaran pajak selalu tertutup dengan alasan urusan perusahaan.

    2. bagaimana bila nama saya yg tercantum di NPWP dan selalu di potong setiap bulan tidak di setorkan…?

    3. Bisakah kita melihat / mengecek bahwa kita sudah membayar pajak dengan nilai yg saya sebutkan,.

    Mohon ada yg bisa kasih saya petunjuk

    Terima kasih

  2. yamti says:

    maaf bang kalau lebih bayar di laporkan setelah 3 bulan terakhir bisa engak itu . makasih

  3. Maaf Bang! gue agak bego kalo soal pajak. Tahunya cuma gayus yang nggarong pajak.
    Kalo pendapatan kena pajak itu minimumnya berapa ya??? kalo cuma 800 ribu masa kena pajak Bang??
    Kalo pajak tanah itu berapa ya Bang? soalnya saya belum ngurus!
    *
    yang lebih penting adalah bagaimana bisa menjadi petugas bijak pajak, nggak korupsi.

    • Wah, kudu buka-buka aturannya dulu nich, saya juga tidak hafal😀

      • bukain Bang! tolong banget Bang!

        • Kabar Gembira!!! mulai 1 Januari 2013 Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) mengalami kenaikan dari Rp15.840.000,- menjadi Rp24.300.000,-. Ini artinya bahwa setiap Wajib Pajak Orang Pribadi dengan Penghasilan Rp2.025.000 setiap bulannya atau Rp24.300.000,- setiap tahunnya tidak akan dikenakan pajak penghasilan. Hanya itu saja? Tentu tidak, ada tambahan untuk PTKP Wajib Pajak Orang Pribadi yang sudah menikah (kawin) sebesar Rp2.025.000,- dan tambahan besaran PTKP sampai dengan anak ke-3, masing-masing anak sebesar Rp2.025.000,-. Dengan demikian, Wajib Pajak Orang Pribadi yang telah menikah dan memiliki 3 orang anak, total PTKPnya adalah sebesar Rp32.400.000,-. Sedangkan untuk penghasilan suami istri yang digabung yang memiliki 3 orang anak, PTKP totalnyanya adalah sebesar Rp56.700.000,-. Jadi mulai tahun 2013, bagi yang berpenghasilan dibawah PTKP atau kebetulan pas dengan PTKP tersebut tidak terkena Pajak Penghasilan.

          Beberapa waktu lalu, teman saya menanyakan perihal berlakunya aturan Penghasilan Tidak Kena Pajak ini, apakah untuk tahun pajak 2012 kita sudah bisa menggunakan aturan PTKP baru ini atau malah dibebaskan alias tidak bayar saja (emmhh, maunya.. he..he..).

          Baiklah demi menjawab pertanyaan teman saya, mari kita ungkap bareng-bareng “misteri” aturan baru tentang PTKP ini. Dasar penyesuaian PTKP ini adalah Peraturan Menteri Keuangan Nomor 162/PMK.011/2012 tahun 2012 tentang Penyesuaian Besarnya Penghasilan Tidak Kena Pajak. Pasal 3 peraturan ini menyatakan bahwa aturan ini mulai berlaku 1 Januari 2013. Ketentuan berlakunya ini jangan dimaknai bahwa untuk penyampaian SPT Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi Tahun pajak 2012 yang akan tiba pada bulan Maret tahun 2013 nanti dapat menggunakan aturan PTKP yang baru ini.

          Mulai berlaku 1 Januari 2013 di sini mengandung arti bahwa kenaikan PTKP sebagai variabel pengurang penghasilan kena pajak tersebut baru akan berlaku untuk Tahun Pajak 2013 yang nantinya dilaporkan dalam SPT Tahunan Pajak Penghasilan pada bulan paling lambat pada Bulan Maret 2014. Peraturan tersebut mengatur tentang besarnya penghasilan tidak kena pajak, bukan mengatur tentang masa/tahun pajaknya. Ringkasnya dapat saya sampaikan begini bahwa mulai 1 Januari 2013, Penghasilan Tidak Kena Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi adalah Rp24.300.000,-, dst.. Begiitcu…

          Dengan demikian, untuk pelaporan SPT Pajak Penghasilan Wajib pajak Orang Pribadi yang akan tiba pada bulan Maret 2013 besok masih menggunakan PTKP yang lama yaitu Rp15.840.000,- setahun atau Rp1.320.000,- setiap bulannya berikut tambahan-tambahannya. PTKP baru yang sudah mengalami kenaikan tersebut baru berlaku mulai tahun pajak 2013 (Januari sampai dengan Desember 2013). Untuk bendahara atau pemotong PPh 21, Ayo mulai disesuaikan PTKPnya mulai tahun 2013 ini. Semoga bermanfaat. bayar pajak ke Bank dan laporkan SPTnya ke Kantor Pajak.

          http://ekonomi.kompasiana.com/moneter/2013/01/04/mulai-januari-2013-penghasilan-243-juta-rupiah-tidak-kena-pajak-516496.html

  4. MrFz says:

    sip bang, ttp istiqomah pd aturan2 kecil ^^

  5. bukanperantau says:

    wow, mas joe ^^

Tinggalkan Jejak ^_^

