Torehkan Karya Asli Made in Mahasiswa STKS Bandung

Bismillah Arabic

Apa kabar Para Mahasiswa STKS Bandung? Tentu dalam keadaan sehat dan penuh semangat bukan? Ya, tulisan saya kali ini memang dibuat khusus untuk Kalian, para mahasiswa luar biasa yang begitu bergairah untuk mencetak cita-cita masa depan menjadi nyata. Izinkan saya untuk menyanjung kalian dari hati yang tulus murni tanpa ada maksud lain yang tersembunyi. Kalian memang hebat, kalian memang luar biasa, dan saya haru, juga bangga memiliki adik-adik tingkat seperti kalian ini.. ^_^

KSKT STKS Bandung 2013

Satu demi satu, mahasiswa STKS Bandung mulai menunjukkan eksistensi dan juga peranannya dalam lingkup yang lebih luas. Tak lagi hanya “jago kandang”, namun juga sudah mampu untuk memimpin project-project di luar kampus. Sebagai contoh kecil, sebut saja Hajbudin Hekmatiar (STKS Bandung ’10), sosok Jajaka asli Bandung ini mampu merebut hati para juri dan menjadi pemenang juara I untuk kategori lomba karya tulis mahasiswa di bidang Pekerjaan Sosial/Kesejahteraan Sosial dalam acara ICSD (International Consortium for Social Development) Asia Pasifik di Yogyakarta pada tahun 2012 lalu. Dari sana, lahirlah satu organisasi bernamakan KSKT (Kelompok Studi Karang Taruna) sebagai bentuk satu karya nyata atas peran mahasiswa STKS Bandung (social work student) untuk bangsa.

Rendiansyah Putra Dinata di PTK Expo 2013Peran besar lain yang dipegang oleh mahasiswa STKS Bandung adalah peran dari seorang mahasiswa jenius asal Bogor, Rendiansyah Putra Dinata (STKS Bandung ’10). Rasanya tidak berlebihan ketika saya bilang Rendi ini mahasiswa jenius, karena bakat kepemimpinannya telah muncul sejak masa SMA dan ide-ide besarnya mampu diwujudkan dalam aksi nyata. Ini yang membedakan kejeniusannya dengan kejeniusan mahasiswa pada umumnya. Rendi didaulat menjadi Ketua FMKI (Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia) untuk masa bakti 2012-2013. Sebuah jabatan yang sangat prestise untuk organisasi setingkat nasional. Kalian tahu IPDN, STAN, STIS, STTD, STSN, dan puluhan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) lainnya? Ya, itulah organisasi yang tengah dipimpin langsung oleh Rendiansyah Putra Dinata. Dan yang menjadi program unggulan di masa kepengurusan Rendi ini adalah adanya Desa Sejahtera. Yakni project 5 tahun-an yang berfokus pada satu desa dengan comprehensive intervention memanfaatkan segala kelebihan dari masing-masing PTK di Indonesia.

launching buku tbods

Karya kecil lain juga tak mau ketinggalan diusung oleh saya Tim 5 STKS Bandung. Tim 5 yang terdiri dari Joe, Muhni, Bambang, Erna dan Anisa ini telah menelurkan The Book of Dreams, sebuah buku berukuran novel yang berisikan kisah-kisah para alumni STKS Bandung yang mendapatkan beasiswa S-2 dan S-3 di luar negeri. Karya mungil ini mulai dijual secara bebas pada tanggal 9 Februari 2013 dan akan terus dibagikan kepada mereka yang merasa punya historis terhadap STKS Bandung.

Nah, hal-hal yang saya ceritakan di atas hanyalah sebagian kecil contoh yang patut diteladani. Bukan untuk menjadikan kita menjadi rendah diri, namun harusnya menjadi pelecut agar kita bisa melakukan hal-hal lain, sekecil apapun, namun turut berkontribusi terhadap STKS Bandung, mahasiswa Pekerjaan Sosial, Ikatan Profesi Pekerjaan Sosial, dan juga masyarakat Indonesia serta dunia secara umum.

Sampailah pada saatnya, saya hendak menawarkan konsep sederhana untuk berkontribusi, semoga dari kalian, para mahasiswa STKS Bandung yang luar biasa, ada yang berminat kemudian melaksanakan dengan bentuk pengembangan semau kalian. Sekali lagi, saya tidak hendak menyetir pemikiran kalian, namun kalianlah yang menentukan langkah kalian sendiri. Saya ada di sini hanya untuk memberikan penawaran sembari membuka cakrawala berpikir kalian. Selanjutnya, silahkan ambil langkah dan wujudkan dalam bentuk kegiatan. Jika ada yang perlu dikonsultasikan, saya siap 24 jam untuk mendengarkan juga berusaha untuk memberikan solusi jalan keluar atas permasalahan yang mungkin menghadang.

Project ini seperti apa bentuknya?

Video dokumenter tentang penelitian (KIA/KIKA) mahasiswa STKS Bandung.

Apa tujuan dari pembuatan video dokumenter ini?

Untuk memperkenalkan kepada khalayak tentang penelitian-penelitian yang dikerjakan oleh mahasiswa STKS Bandung sehingga ia nantinya layak diuji dan menyandang gelar Sarjana Sains Terapan.

Apa saja yang digali di dalam video dokumenter tersebut?

Video berdurasi 5-7 menit itu berisikan: 1)judul penelitian, 2)alasan mengambil penelitian tersebut dan lokasi penelitian, 3)apa kaitan penelitian dengan ilmu pekerjaan sosial, 4)kontribusi apa yang bisa disumbangkan dari penelitian tersebut.

Membuat video dokumenter ini dengan menggunakan apa?

Teknologi sekarang ini kian mudah, kalian bisa menggunakan video perekam dari Blackberry dan semacamnya.

Bagaimana cara mempublikasikan video dokumenter tersebut?

Sampai pada tahun 2020 nanti, era social media akan terus berkembang, dan isu-isu di social media lebih cepat ditanggapi dan diketahui oleh masyarakat kita. Maka, Youtube adalah tempat terbaik untuk mempublikasikan video dokumenter ini.

Apa dampaknya dengan dibuatnya video dokumenter ini?

Keberadaan STKS Bandung akan semakin banyak dikenal orang, kelak dari usaha-usaha kecil ini, nama STKS Bandung akan cetar membahana setara dengan UNPAD dan ITB. Selain nama STKS Bandung yang terangkat, profesi dan peran pekerjaan sosial juga akan mulai dipahami oleh masyarakat awam, khususnya di bidang penelitian-penelitian ilmiah.

Media yang tertuang di Youtube ini juga akan bertahan lama dan memudahkan untuk dicari. Kelak ketika kalian sudah meluncur menuntut ilmu di luar negeri, masa-masa berharga di STKS ini akan senantiasa teringat dan membuat kalian rindu. Trust me ^_^

Jadi, kapan lagi akan menunggu agar kalian bisa berkontribusi? Luruskan niat, kuatkan tekad, dan bergeraklah. Karena Cogito ergo sum! Right? Rasulullah shallallahu alayhi wasallam bersabda, “Sebaik-baik manusia adalah yang banyak memberikan manfaat bagi sesamanya” (HR. Ahmad, Thabrani)

Mahasiswa angkatan 2009 ini bisa jadi first project, apa saja sich yang mereka kerjakan di penelitian itu. Saya rasa akan sangat menarik sekali untuk dirilis video dokumenternya. Untuk konsultasi dan perbincangan lebih lanjut. Silahkan mengontak 0857 2200 4700 (Joe, STKS ’08)

Contoh video kerennya sich seperti yang telah dikerjakan oleh temen2 PPI Australia ini. Tapi untuk kita, gak usah muluk-muluk dulu lah. Kerjakan dulu, penyempurnaan kemudian ^_^

Joe STKS BdgSalam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwah by Muhammad Joe Sekigawa

A Social Worker, An Activist, A Great Dreamer, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Staf Ahli Bidang Relasi Publik FORKOMKASI (Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia) masa bakti 2012-2013

Selesai ditulis pada hari Sabtu malam, 18 Jumadil Akhir 1434 Hijriah/ 27 April 2013 at 19.44wib @Kamar kost Peradaban, Jl.Swadaya II-C No.56-C Tanjung Barat, Jagakarsa-Jakarta Selatan.

Comments
One Response to “Torehkan Karya Asli Made in Mahasiswa STKS Bandung”
Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] Tulisan tersebut saya publish di FB dan juga di Blog Bocahbancar pada bulan April 2013 lalu. Link nya dapat dibuka di postingan ini “Torehkan Karya Asli Mahasiswa STKS Bandung” […]



Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: