Yasashii Nihongo dari Radio NHK Tokyo Jepang

Penyiar Radio NHK Bahasa Indonesia

Bismillah Arabic

Pertama kali mendengarkan siaran Radio NHK berbahasa Indonesia adalah saat tahun 2009 silam. Kala itu saya tengah membantu usaha Pak Wakhid dan Pak Rahman yang berkantor di Pondok Gede, Jakarta Timur selama satu bulan lamanya.

Ketika masa kuliah di Bandung, waktu luang untuk mendengarkan radio menjadi semakin sempit karena padatnya aktivitas kegiatan sehari-hari, khususnya saat jam siaran Radio NHK Tokyo yang selalu saja ketinggalan.

Nah, seminggu yang lalu saya kembali membuka-buka situs Radio NHK Jepang dalam bahasa Indonesia. Di sana saya mendapati menu “belajar bahasa Jepang” yang setelah saya buka, tersedia materi belajar bahasa Jepang dalam bentuk file mp3. Tentu bagi warga kota dengan mobilitas keseharian yang cukup tinggi, belajar sambil mendengarkan mp3 adalah alternatif terbaik pada saat ini. Lalu, saya pun men-download satu per satu file mp3 pelajaran bahasa Jepang tersebut urut dari nomor terakhir (namun sampai saat ini belum sempat men-download semua file).

Hal yang menarik yang saya temukan di sana adalah mengenai kesediaan tim Radio NHK Tokyo untuk memberikan buku pelajarannya secara Cuma-Cuma alias GRATIS. Tak menunggu waktu lama, saya pun mengirim surat elektronik melalui media yang telah disediakan oleh website Radio NHK Jepang berbahasa Indonesia itu.

15-apr-13_paket-buku-belajar-bahasa-jepang-dr-nhk-tokyoTak menunggu waktu lama, keesokan harinya saya langsung mendapatkan balasan dari admin Radio NHK Jepang bahwa surat dari saya telah mereka terima dan secepatnya akan memproses pengiriman buku pelajaran bahasa Jepang yang saya maksud tersebut.

Waaahhh, senangnya he he he. Meskipun, tentu saja di rumah (baca: kostan) saya juga sudah memiliki buku pelajaran bahasa Jepang. Namun, buku yang dikirim langsung dari Tokyo, tentu memiliki arti yang berbeda dan sangat spesial untuk membangun semangat di dalam diri.

Dan ya! Sore hari kemarin (15/04), saya mengambil paket buku tersebut di Mbak Nurul GA yang memang mengurusi bagian penerimaan surat dan paket yang ditujukan ke kantor Lembaga Kemanusiaan PKPU Condet, Jakarta Timur tersebut.

Yooossshhh!!! Alhamdulillah. Buku “Yasashii Nihongo” versi April 2011 ini telah saya terima dengan baik. InsyaAllah menambah semangat untuk lebih giat belajar bahasa Jepang lagi, meski hanya otodidak dan tanpa kawan komunitas atau group belajar lainnya.

Selain buku “Yasashii Nihongo” tersebut, diikutsertakan juga post card Radio NHK bergambarkan gunung Fuji dengan perspektif depan adalah sawah yang terbentang luas, sungguh indah yang “hampir” menyamai keindahan bumi hijau Indonesia ^_^

Tak lupa, ada pula pengenalan tentang penyiar-penyiar Radio NHK Jepang dalam bahasa Indonesia, mulai dar Mbak Fadhilla, Mbak Lilis, Mas Rully, Mas Husni, Mas Rane, Mbak Edhika, Mbak Prieka, Mbak fathia, Mbak Mieke dan juga Mbak Novriana.

Terakhir, saya juga akan beberkan frekuensi-frenkuensi radio mana saja yang menyiarkan siaran Radio NHK Jepang dalam bahasa Indonesia (sementara saya tuliskan yang di Jawa saja ya, lainnya silahkan membuka link berikut ini)

Jakarta: Green Radio 89,2 FM === Bandung: Garuda 105,5 FM

Semarang: BOM 106,8 FM === Daerah Istimewa Yogyakarta: Star Jogjya 101,3 FM

Surabaya: Sindo 104,7 FM === Malang: Andalus 91,1 FM

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwah by Muhammad Joe Sekigawa, S.ST.

Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman who has a great dreams

A Social Worker fresh graduated from Bandung College of Social Welfare (BCSW), Department of Social Rehabilitation ‘08

Staf Ahli Bidang Relasi Publik, Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia (FORKOMKASI) masa bhakti 2012-2013

A Team 5 Coordinator for The Book of Dreams project

Divisi Disaster Risk Management (DRM) PKPU Pusat.

Selesai ditulis pada hari Selasa pagi, 06 Jumadil Akhir 1434 Hijriah/ 16 April 2013 at 06.05wib @Kostan Peradaban Jl. Swadaya II-C No.56-C Tanjung Barat-Jagakarsa, Jakarta Selatan.

15-apr-13_surat-dr-jepang-for-joe-pkpu-condet

Comments
4 Responses to “Yasashii Nihongo dari Radio NHK Tokyo Jepang”
  1. anonymous says:

    Asalamualaikum kang, ngga sengaja nih mampir ke blog nya, awalnya iseng nyari tentang profil mba.Lilis Erawati penyiar radio NHK. Di atas udh di jelasin kang kalo dpt kiriman buku pelajaran bahasa jepang, saya juga dpt kang tapi saya download dari websitenya NHK bahasa indonesia. Pertanyaan saya, apa sama ya kang isi dari materinya? yang saya download itu si pemeran utamanya Kuon-san dari Betonamu heheh. Maaf kalo kata-kata saya terlalu berbelit”, kotaette kudasai, arigatou

  2. edratna says:

    Wahh salut…..soalnya waau tak wajib, untuk melanjutkan kuliah di Jepang harus bisa bahasa Jepang sedikit-sedikit, karena susah cari buku bahasa Inggris di perpustakaan.

Tinggalkan Jejak ^_^

