Catatan Temu Relawan Penanggulangan Bencana PKPU April 2013

00 Games Temu Relawan PB 6-7 Apr 2013

Bismillah Arabic

Alhamdulillah pada hari Sabtu-Ahad, 6-7 April 2013 kemarin telah dilaksanakan Agenda Temu Relawan Penanggulangan Bencana (PB) PKPU bertempat di Pantai Karangbolong, Anyer-Banten bersama dengan seratusan peserta baik dari internal PKPU juga relawan se Jabodetabek plus Karawang.

Pertemuan ini diperuntukkan bagi para relawan yang telah membantu proses penanggulangan bencana banjir di daerah Jabodetabek dan Karawang dalam rentang waktu Januari-Maret 2013. Mereka adalah relawan yang sebenarnya telah lama bekerjasama dengan PKPU terkait aktivitas evakuasi maupun pemberian bantuan pasca bencana.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada pertengahan bulan Maret lalu telah memberikan sertifikat kepada relawan-relawan yang bekerja untuk aksi banjir Jabodetabek tahun 2013, melalui jalur kelembagaan. PKPU sendiri sebagai Lembaga Kemanusiaan Nasional telah mendapatkan sertifikat lebih dari 100 buah. Sertifikat ini terdiri dari relawan dari posko-posko yang biasa PKPU aktifkan ketika terjadi bencana banjir. Adapun posko-posko tersebut antara lain:

  1. Posko Muara Baru, Jakarta Utara
  2. Posko Kapuk Muara, Jakarta Utara
  3. Posko Kampung Melayu, Jakarta Timur
  4. Posko Ulujami, Jakarta Selatan
  5. Posko Grogol, Jakarta Barat
  6. Posko Rawa Buaya, Jakarta Barat
  7. Posko Tangerang, Banten
  8. Posko Bekasi, Jawa Barat
  9. Posko Karawang

Pada setiap posko tersebut terdapat minimal 10 orang relawan dan paling banyak terdapat 20 orang relawan. Relawan ini merupakan warga lokal yang kebanyakan dari mereka juga menjadi korban dari bencana banjir tersebut, namun dengan segala keterbatasan yang dimiliki, mereka dengan giat turut menjadi relawan banjir yang membantu para tetangganya dengan difasilitasi oleh Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU.

Maka, pertemuan relawan penanggulangan bencana PKPU ini memiliki tiga buah maksud di dalamnya. Pertama adalah untuk mempertemukan antarrelawan dari berbagai posko untuk saling lebih mengenal (bersilaturahim). Kemudian yang kedua adalah untuk memberikan sertifikat yang telah dikeluarkan langsung secara resmi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), serta yang ketiga adalah pengenalan lebih lanjut tentang profil PKPU.

Penjelasan mengenai profil PKPU ini dirasa penting karena PKPU memang tidak hanya fokus pada penanggulangan bencana saja. Aksi penanggulangan bencana ini merupakan program kerja dari Divisi Disaster Risk Management (DRM), yang memiliki tiga kluster program: pra bencana, saat bencana, dan pasca bencana. Nah, padahal selain Divisi DRM, masih ada Divisi HEN (Health and Environment Network), CEN (Community and Education Network), dan juga SEN (Social and Economic Network). Pada tiap divisi ini memiliki program yang beragam, dengan pengenalan lebih jauh tersebut, diharapkan para relawan pun dapat mengakses program-program yang sesuai dengan yang mereka butuhkan.

Acara dua hari tersebut dibuka langsung secara resmi oleh Erwin Setiawan selaku General Manager (GM) Direktorat Pendayagunaan (PDG) PKPU. Tak lupa acara ini juga digunakan untuk memperkenalkan lebih dekat tentang orang-orang yang berada di balik layar upaya penanggulangan bencana oleh Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU. Mereka diantaranya yaitu:

  1. Muhammad Kaimuddin selaku Manajer DRM
  2. Muhammad Jawad selaku Business Design DRM
  3. Joko Setiawan selaku Admin DRM
  4. Suharjoni selaku Program Officer untuk Wilayah Indonesia Bagian Barat
  5. Subur Rojinawi selaku Program Officer untuk Wilayah Indonesia Bagian Timur

Kegiatan ini juga diikuti oleh ketujuh belas Management Trainee PKPU Batch#3, atau biasa dikenal dengan MT#3. MT#3 adalah para pemuda/i yang terpilih setelah melewati seleksi ketat dari PKPU. Mereka ada untuk dipersiapkan menjadi pimpinan-pimpinan di seluruh cabang PKPU yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, bahkan mancanegara. Mereka mendapatkan pendidikan dan pelatihan selama satu tahun sebelum pada akhirnya benar-benar mengabdi untuk PKPU.

Selain ajang silaturahim, kegiatan ini juga didesain untuk menambah ilmu pengetahuan. Oleh karenanya, dalam kegiatan ini juga disampaikan beberapa materi seperti: 1)Peran PKPU dalam penanggulangan bencana; 2)Kerelawanan, dan juga 3)Water rescue (pertolongan di air). Materi ini dirasakan cukup bermanfaat bagi para relawan yang sebelumnya hanya berkeinginan membantu saja namun belum dibekali dengan pengatahuan yang benar.

Selanjutnya, pertemuan-pertemuan semacam ini akan terus digelar. Yakni dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan skill (kemampuan) relawan untuk lebih siap lagi ketika beraksi sebagai penolong dalam menghadapi bencana-bencana yang lainnya.

Joe PKPU April 2013Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwah by Muhammad Joe Sekigawa, S.ST.

Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman who has a great dreams

A Social Worker fresh graduated from Bandung College of Social Welfare (BCSW), Department of Social Rehabilitation

Staf Ahli Bidang Relasi Publik, Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia (FORKOMKASI) masa bhakti 2012-2013

A Team 5 Coordinator for The Book of Dreams project

Staf Divisi Disaster Risk Management (DRM) PKPU Pusat.

Selesai ditulis pada hari Rabu malam, 01 Jumadil Akhir 1434 Hijriah/ 10 April 2013 at 18.56wib @Tempat Cuci motor (sepeda). Jl. Swadaya II, Tanjung Barat-Jagakarsa, Jakarta Selatan.

G A L L E R I E S

01-peserta-temu-relawan-pkpu-2013 == 02 Peserta Temu Relawan PKPU 2013

03-peserta-temu-relawan-pkpu-2013 == 04-keceriaan-relawan-saat-games-ringan

05-peserta-temu-relawan-pkpu-2013 == 06-sambutan-dan-pemukaan-resmi-oleh-gm-pdg

07-penyerahan-sertifikat-secara-simbolis-kepada-relawan-pb-pkpu == 08-penjelasan-m-kaimuddin-terkait-divisi-drm-pkpu

09-peserta-temu-relawan-pkpu-2013 == 10-peserta-temu-relawan-pkpu-2013

11 Spanduk Temu Relawan di Lautan == 12 Foto Relawan

13 Games Temu Relawan == 14-peserta-mt3-dlm-pertemuan-relawan-pb-6-7-apr-2013

15 Joe and Mas Jawad DRM PKPU 2013 == 16 Joe and Pak Erwin GM PDG PKPU 2013

Comments
5 Responses to “Catatan Temu Relawan Penanggulangan Bencana PKPU April 2013”
  1. genthuk says:

    Oh iya selain antum dan pak Cepy, siapa lagi nih yang suka nge-blog?

  2. genthuk says:

    salam buat Pak Kaimudin dan Pak Subur ya?

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: