Apel Siaga Kader DPD/DPC/DPRa Hizbul ‘Adalah Wa Rafaahiyah Jakarta Selatan

“PKS 2014 . . .!! Nomor satu di Jakarta! Tiga Besar di Indonesia!”

“PKS . . . !! Siap..! Bergerak..! Menang di Tahun 2014”

“Takbir . . .!! Allahu Akbar! Allahu Akbar! Allahu Akbar!”

Demikianlah secuplik teriakan yel-yel yang dikumandangkan oleh 500-an kader Hizbul ‘Adalah wa Rafaahiyah/Partai Keadilan Sejahtera pada hari Ahad pagi, 13 Januari 2013 di Lapangan Parkir Taman Makam Pahlawan Kalibatan, Jakarta Selatan.

*****

Hari Sabtu kemarin sekitar pukul 10.00wib saya sudah bertolak dari Dago 367 Bandung menuju Jakarta kembali. Alhasil pukul 14.00wib pun raga ini sudah menempati kamar kostan pribadi nan mungil di RT 03 RW 05, Tanjung Barat, Jaksel. Tak banyak yang dapat dilakukan selain sholat berjama’ah di masjid, karena hujan terus saja mengguyur wilayah Tanjung Barat, hingga malam. Bahkan tengah malam hujan pun turun kembali hingga pagi hari, di hari Ahad (13/01) ini.

Telah diumumkan sebelumnya oleh Akh Irfan selaku Ketua DPRa Hizbul ‘Adalah wa Rafaahiyah Tanjung Barat bahwa seluruh kader DPRa diseru untuk hadir pada agenda Apel Siaga seluruh kader partai dakwah, Hizbul ‘Adalah wa Rafaahiyah se-Jakarta Selatan pada pukul 08.00wib bertempat di area parkir Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Saya, kebetulan janjian dengan Akh Rifa’i selaku salah satu Koordinator RW Hizbul ‘Adalah wa Rafaahiyah untuk berangkat bersama pada pukul 07.30wib, meskipun pada kenyataannya hujan yang tak terlalu deras masih saja mengguyur daerah Tanjung Barat ini. Bertemu di depan kampus Universitas Tama Jagakarsa, kami pun melanjutkan perjalanan hingga lokasi.

Alhamdulillah, hujan telah mereda, meskipun mendung masih saja menaungi kami semua dan menyembunyikan mentari di balik selimut awannya. Satu demi satu kader sudah berdatangan, dan lokasi pun semakin penuh sesak adanya.

Kegiatan diawali dengan membariskan para peserta di depan panggung utama, kemudian melaksanakan senam pagi terlebih dahulu. Partai dakwah ini memang berbeda, para kadernya sungguh sangat bersemangat tanpa diperintah, baik yang masih muda, bahkan banyak pula yang berusia 40 tahun ke atas. Apalagi yang uniknya juga, para ummahat alias ibu-ibu dan beberapa akhwat dari partai ini, mengenakan pakaian sangat khas seorang akhwat –yang insyaAllah sholehah- mengikuti senam pula. Subhanallah

Adalah Bapak Drs. Khoiruddin, M.Si selaku Ketua DPD PKS Jakarta Selatan bertindak sebagai Inspektur Upacara memberikan sambutan kepada seluruh kader yang hadir. Kemudian dilanjutkan dengan taujih dari Ketua MPW (Majlis Permusyawaratan Wilayah) PKS DKI Jakarta, yang juga Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Ir. Triwisaksana atau yang biasa disapa Bang Sani.

Menit demi menit taujih dari beliau diresapi oleh para peserta. Bang Sani menyampaikan bahwa ada dua hal agar pada tahun 2014 nanti, PKS sebagai partai dakwah dapat memenangkan pertarungan dengan partai-partai lainnya. Yaitu: 1)Semakin dekatkan diri kita kepada Allah dengan memperbanyak ibadah, baik wajib maupun sunnah, kemudian dilanjutkan dengan bermunajat dengan penuh harap hanya kepada-Nya. Bang Sani meringkas penjelasan pada poin satu ini dengan “Berdo’a sampai pada ambang batas”. Lalu yang ke 2)Bekerja secara maksimal, lebih mendekatkan diri kepada masyarakat, dan bekerja nyata untuk mereka. Kita –kader PKS- ada untuk bekerja dan melayani warga masyarakat. Dan Bang Sani meringkas penjelasan yang kedua ini dengan “Bekerja/Ikhtiar sampai pada ambang batas”. Allahu Akbar!!

Perlu diingat bahwa kerja-kerja kita adalah sebuah kerja dakwah, dan kekuasaan yang hendak kita capai bukanlah kekuasaan yang menindas, namun kekuasaan yang dapat melayani serta mensejahterakan masyarakat. Sampai detik ini, track record PKS telah tercatat dalam sejarah bahwa sungguh minim –bahkan tidak ada- kader-kader kita yang duduk di posisi-posisi strategis itu terjerat kasus korupsi. Dan jika di masa depan nanti ada, tentu tanggung jawabnya hanyalah kepada Allah. Dan kita sangat yakin, bahwa kader kita yang telah terbina secara Islami tidak akan sanggup untuk berbuat hal-hal yang mendholimi dirinya sendiri, terlebih lagi orang lain –masyarakat-, insyaAllah.

Menarik juga untuk disimak cerita dari Bang Sani ini ketika ada salah satu pimpinan dari partai Islam lain yang ada di DPRD menanyakan apakah sebabnya para kader PKS ini senantiasa solid dan mau bekerja tanpa kenal lelah untuk kerja-kerja partainya? Kemudian dijawab oleh Bang Sani bahwa hanya ada dua cara yang dilakukan oleh PKS untuk mewujudkan soliditas dan kesolidan para kadernya. Antara lain:

  1. Melakukan pengkajian ilmu Allah yang bersumber dari Al Qur’an dan As Sunnah, serta kitab-kitab atau buku yang baik, selama satu kali sepekan. Hal inilah yang biasa disebut oleh para kader Hizbul ‘Adalah wa Rafaahiyah dengan istilah Liqo’.
  2. Minimal satu tahun sekali Parta mengadakan agenda ke gunung atau ke pantai dengan tidur berlaskan bumi dan beratapkan tanah, serta makan seadanya –survival-, yakni yang biasa disebut dengan istilah Mukhoyyam. Mukhoyyam ini sangat efektif untuk membangun kesolidan antar kader partai dakwah, Parta Keadilan Sejahtera.

Lalu hal yang tak kalah penting adalah esensi dari dilaksanakannya Apel Siaga ini, yakni untuk melakukan konsolidasi dan menyapakan persepsi bahwa PKS siap menang di tahun 2014. Kesiapan mental ini penting, karena partai kita ini senantiasa telah diberikan ujian berupa kegagalan –tidak mencapai target- pada pemilu kada tahun 2007 juga tahun 2012 kemarin. Dan yang perlu diingat adalah tanamkan sikap PANTANG MENYERAH.

Cukuplah satu saja pengingat kita yang telah difirmankan oleh Allah azza wa jalla, “walaa tahinuu walaa tahzanuu wa antumul a’lamuuna inkuntum mu’miniin/ Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman” (Q. S Ali Imran: 139). Demikian yang disampaikan oleh Bang Sani untuk mengingatkan kami semua.

Menginjak acara di sesi akhir, yaitu pelantikan pengurus DPC se Jakarta Selatan, juga pengucapan Ikrar untuk memenangkan PKS di tahun 2014. Allahu Akbar! Allahu Akbar! Allahu Akbar!!

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwah by Muhammad Joe Sekigawa, SST

Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman who has a great dreams

A Social Worker fresh graduated from Bandung College of Social Welfare (BCSW), Department of Social Rehabilitation

Staf Divisi Sosial DPRa Hizbul ‘Adalah wa Rafaahiyah Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

Staf Ahli Bidang Relasi Publik, Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia (FORKOMKASI) masa bhakti 2012-2013

Selesai ditulis pada hari Ahad pagi, 30 Shafar 1434 Hijriah/ 13 Januari 2013 at 11.20wib @Kamar Kostan, Jl Swadaya II-C No.56-C Tanjung Barat,  Jagakarsa-Jakarta Selatan.

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: