Rangkai Narasi Menuju DRM PKPU Pusat_04: Resmi Bergabung Menjadi Staf DRM PKPU

Sumber Ilustrasi Gambar dari sini

Basmalah

Hari Senin (07 Januari 2013) pun tiba, saya menunggu dan menunggu, berharap akan datangnya kabar panggilan interview. Namun . . . Ya begitulah. Hari Senin itu saya lewati tanpa kabar yang memuaskan adanya.

Kemudian beralih ke hari Selasa. Alhamdulillah ada kegiatan yang dapat saya lakukan. Mas Prast sebagai Ketua DF FORKOMKASI mendelegasikan saya sebagai Staf Ahli Bidang Relasi Publik untuk hadir pada agenda Rapat Konsolidasi KPSI (Konsorsium Pekerjaan Sosial Indonesia) yang rencananya digelar di ruang rapat lantai II Kantor Kementerian Sosial RI, tapi pada akhirnya diubah tempatnya menjadi di RM Handayani di seberang Gramedia Matraman. Saya pun datang ke Kemensos sendirian, dan di sana bertemu dengan Mas Sahrul (Staf Ahli Bidang Komunikasi dan Informasi) dan Mas Aldy (Ketua Pengurus Regional FORKOMKASI Jakarta), karena kebetulan mereka berdua juga diutus oleh Mas Prast untuk mewakili agenda rapat tersebut.

Namun ketika di perjalanan menuju Kemensos tersebut, tiba-tiba telfon masuk bernomor depan +6221 (nomor DKI Jakarta). Waktu itu saya masih berada di dalam Bus Mayasari Bhakti Jurusan Kampung Rambutan-Senen. Alhamdulillah, itu adalah panggilan untuk wawancara dengan Manajer DRM PKPU di hari Rabu, 08 Januari 2013 pukul 14.00wib. Betapa riangnya hati menerima kabar gembira tersebut. Bagaikan turun hujan di tengah tandusnya padang kehidupan ^_^

Akh Mukhlis yang telah saya kenal sebelumnya sebagai kawan seperjuangan (jadwal interview-nya berbarengan) juga mengirimkan sms menanyakan apakah ada panggilan atau tidak, sedangkan dia sendiri telah mendapatkan panggilan interview berikutnya di hari Rabu. Kemudian saya jawab, “Alhamdulillah Akh Mukhlis, ana juga mendapatkan panggilan itu, dan jadwal kita sama, yakni di jam 14.00wib, kita ngobrol-ngobrol dulu di sana ya, sampai bertemu besok Akh”.

Hari berganti menjadi Rabu, 09 Januari 2013. Saya sampai di Kantor PKPU tepat pukul 13.30wib, kemudian menulis absensi kunjungan yang di-receptionist-i oleh mbak Astri. Tak lama saya duduk, Akh Mukhlis datang. Kami berbincang beberapa saat lamanya. Kemudian Mas Bobby dari HRD menyampaikan bahwa interview saya dilaksanakan di gedung sebelah (gedung Pendayagunaan/PDG, dimana kantor DRM berada), sekitar 200 meter dari gedung PKPU Pusat ini.

Segera saya menuju kantor PDG PKPU, waktu menunjukkan 14.00wib. Pak Kaimuddin mempersilahkan saya untuk menunggu sejenak karena beliau ada beberapa urusan. Kemudian 30 menit berlalu, dan barulah Pak Kaimuddin selaku Manajer DRM ditemani oleh Mas Jawad, salah satu tokoh senior DRM mewawancarai saya secara bergantian.

Pembicaraan pun tak jauh dari esensi gambaran pekerjaan yang nantinya akan diamanahkan kepada saya. Tak lama memang, sekitar pukul 15.15wib wawancara dirasa telah cukup, dan Mas Jawad memberikan satu PR untuk saya, yakni simulasi/ujicoba membuat SitRep (Situation Report) terhadap kejadian bencana angin puting beliung yang menerjang Kabupaten Polewali Mandar (Polman).

Baru mempersiapkan beberapa saat, Adzan Ashar pun berkumandang, dan saya melaksanakan sholat Ashar berjama’ah terlebih dahulu di masjid (mushola) yang letaknya tak jauh dari kantor PDG PKPU.

Usai sholat Ashar, otak saya pun menjadi lebih fresh dari sebelumnya, kemudian mulai mengerjakan pukul SitRep 16.00wib. Telah saya targetkan memang hanya dengan 30 menit saya, akan saya selesaikan SitRep ini, dan kemudian saya serahkan. Alhamdulillah, tak meleset dari dugaan, kurang dari pukul 16.30wib, saya telah kirimkan Ujicoba SitRep Bencana Angin Puting Beling Kabupaten Polman ke Pak Kaimuddin dan Mas Jawad. Lalu, saya pun pulang . . .

Hari Rabu berganti menjadi hari Kamis, beberapa puluh menit menjelang sholat Dhuhur, Mas Bobby dari HRD kembali menelfon saya dan meminta saya untuk datang ke kantor PKPU di hari Jumuah pagi sekitar jam 9 atau 10 pagi. Alhamdulillah, alamat kabar baik bagi usaha saya untuk menapaki pengalaman berkarier di PKPU ^_^

Dan Akhirnya, Jumuah pagi itu tanggal 11 Januari 2013 saya ditetapkan untuk bergabung dengan Divisi DRM PKPU dengan masa percobaan selama tiga bulan ke depan. Subhanallah, Walhamdulillah, Walaa Ilaa Ha Illallahu Allahu Akbar!! Sungguh teringat pada salah satu firman-Nya, “Fabiayyi ‘aalaa I robbikumaa tukaddzibaan/ Maka nikmat Tuhan kamu yang mana lagikah yang kamu dustakan?” (Q.S Ar Rahman: 13).

Hari Senin nanti (14 Januari 2013), saya sudah mulai ngantor di PKPU diawali dengan Salam Pagi, sebuah acara cultural nya PKPU untuk membangun semangat para pegawainya. InsyaAllah, dengan hadirnya saya di DRM PKPU ini, ber-azzam akan menuangkan gagasan-gagasan serta terobosan baru untuk kemajuan DRM PKPU, with a social worker’s view of course ^_^

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwah by Muhammad Joe Sekigawa, SST

Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman who has a great dreams

A Social Worker fresh graduated from Bandung College of Social Welfare (BCSW), Department of Social Rehabilitation

Reporting and Emergency Response Equipment Management at DRM (Disaster Risk Management) Pos Keadilan Peduli Ummat (PKPU)

Staf Ahli Bidang Relasi Publik, Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia (FORKOMKASI) masa bhakti 2012-2013

Selesai ditulis pada hari Sabtu pagi, 29 Safar 1434 Hijriah/ 12 Januari 2013 at 06.30wib @Kostan Ikhwah STKS, Kampoeng Padi Dago Biru, Bandung-Jawa Barat

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: