Rangkai Narasi Menuju DRM PKPU Pusat_01: Informasi awal itu datang lebih cepat dari yang direncanakan

Basmalah

Perkenalan langsung dengan PKPU telah ada semenjak saya mewakili KerLiP (Keluarga Peduli Pendidikan) pada event-event yang diadakan oleh Humanitarian Forum Indonesia (HFI) di Jakarta pada tahun 2011 silam. Di sana memang hadir pula Lembaga Kemanusiaan Nasional Pos Keadilan Peduli Umat alias PKPU sebagai salah satu dari peserta dan anggota HFI tersebut.

Masa itu, saya masih orang awam di pergulatan dunia dakwah. Dan alih-alih berpikiran untuk berkiprah di Lembaga Kemanusiaan yang berbasiskan agama Islam, saya malah sangat menggebu ingin berkarier di Lembaga PBB atau International NGO. Oleh karenanya pada akhir tahun 2011 kemarin juga saya mengikuti seleksi untuk menjadi Case Worker di Save the Children yang kebetulan dikomandoi oleh alumni dari STKS Bandung juga.

Mengenai ketertarikan pada bidang Penanggulangan Bencana atau Disaster Management memang telah ada semenjak saya mengenal Pak Puji Pujiono. Meski hanya mengenal dari kejauhan, beliau yang saat ini berkantor di UNDP Bangladesh, dan juga merupakan salah satu alumni STKS Bandung menjadi sosok inspirator unggulan bagi diri saya.

Dan terang saja, semenjak bersentuhan dengan basis dakwah jama’ah Tarbiyah, mainstreaming SEPILIS (Sekulersime, Pluralisme, dan Liberalisme) telah punah dari dalam kepala dan dada saya, bergantikan dengan nilai-nilai luhur Islam yang membuat bangga siapapun yang mengenalnya. “. . . Waradhiitu lakumul Islaamadiina . . ./ ” . . . dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu . . .“ (Q.S Al Ma’idah: 3). Maka, ridho siapa lagi yang akan kita harapkan kecuali ridho dari Allah Azza wa jalla? (rhetorical question)

Maka, dari sinilah, di akhir tahun 2011 yang lalu, saya telah mengazzamkan diri bahwa suatu saat nanti, saya akan berkontribusi di Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) dengan concern pada Disaster Risk Management (DRM) atau pengelolaan CSR (Corporate Social Responsibility).

Tidak banyak memang yang kulakukan setelahnya, saya masih merasa jalan untuk ke PKPU masih cukup jauh. Dan yang terpenting bagi saya kala itu adalah memperkuat basis diri, basis keilmuan dan keahlian di bidang Disaster Management as a professional social worker.

Beberapa penguat memang telah saya lalui, misalnya dengan ikut project LPM (Lembaga Pengabdian Masyarakat) STKS Bandung untuk pelayanan sosial terhadap masyarakat rawan bencana di Kabupaten Bandung. Kemudian, saya juga mengambil mata kuliah Pelayanan Sosial terhadap korban Bencana dan Pengungsi di semester VII saat duduk di jenjang Diploma IV Jurusan Rehabilitasi Sosial STKS Bandung. Lalu yang terakhir, saya mengambil KIA (Karya Ilmiah Akhir), atau Skripsi bagi yang menempuh S-1, yakni tentang “Resiliensi Keluarga Korban Bencana Banjir Bandang di desa Kuncen kecamatan Padangan kabupaten Bojonegoro provinsi Jawa Timur” dengan nilai Ujian Sidang Cumlaude. Alhamdulillah ^_^

Tak lupa juga, saya sejak pertengahan hingga akhir tahun 2011 juga ikut mengerjakan project  yang digarap oleh KerLiP bertemakan PRBBS (Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Sekolah) yang saya kerjakan di kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung. Kemudian, saat ikut aktif di DPD PKS di kabupaten Bojonegoro pada masa-masa mengerjakan KIA tersebut, saya juga dipertemukan dengan Penanggung jawab area kerja PKPU wilayah kabupaten Bojonegoro, Ustadz Didit beliau bernama. Alhamdulillah, pertemuan tersebut menjadi penguat tersendiri bagi saya untuk nantinya pasca kelulusan dari STKS hendak berkiprah di PKPU.

Masa pun silih berganti, saya sudah diwisuda pada tanggal 10 Oktober 2012 kemarin dan sejak saat itu saya langsung hijrah ke Jakarta. Pekerjaan sudah menanti dengan demikian padatnya. Ini berkat budi baik dari Pak Rahman yang memang menyayangkan ketika seorang Joko Setiawan harus menyandang status “pengangguran” setelah menyandang gelar SST (Sarjana Sains Terapan). Sungguh nikmat Allah tak pernah ada yang bisa saya dustakan (lihat Q.S Ar Rahman: 13).

Sedari awal, saya juga telah menyampaikan kepada Pak Rahman bahwa nantinya saya hendak berkarier di DRM PKPU. Cukup jelas yang saya sampaikan, maunya di DRM PKPU, bukan yang lain. Dan Pak Rahman memaklumi hal itu. Yang diminta oleh Pak Rahman adalah saya dapat membantu beliau selama saya belum mendapatkan apa yang saya kejar tersebut. Jazakallahu khairan katsiro Pak Rahman, hanya Allah sebaik-baik pembuat balasan atas budi baiknya.

Sempat berpikir untuk menyelesaikan kontrak dulu dengan Pak Rahman yang akan berakhir di Mei tahun 2013 nanti. Namun, informasi dari Murobbi cukup mengagetkan. Ya, sebagai mutarabbi, saya bercerita banyak hal terhadap Murobbi saya, termasuk keinginan besar berkarier di DRM PKPU tersebut. Saya pun mendapatkan sinyal baik bahwa ada lowongan di DRM PKPU yang disampaikan oleh Murobbi pada awal Desember kemarin. Alhamdulillah, tak mau menunggu waktu yang cukup lama. Saya pun langsung merapikan CV dan membuat surat lamaran untuk mengisi kekosongan SDM sebagai Reporting DRM PKPU dan telah sampai di kantor Pusat PKPU pada tanggal 03 Desember 2012 yang lalu.

To be continued . . .

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwah by Muhammad Joe Sekigawa, SST

Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman who has a great dreams

A Social Worker fresh graduated from Bandung College of Social Welfare (BCSW), Department of Social Rehabilitation

Reporting and Emergency Response Equipment Management at DRM (Disaster Risk Management) Pos Keadilan Peduli Ummat (PKPU)

Staf Ahli Bidang Relasi Publik, Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia (FORKOMKASI) masa bhakti 2012-2013

Selesai ditulis pada hari Jumuah sore, 15 Safar 1434 Hijriah/ 28 Desember 2012 at 17.50wib @Kamar Kost Peradaban, Jl Swadaya II-C No.56 C Tanjung Barat, Jagakarsa-Jakarta Selatan 12530

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: