Istiqomah Sholat Berjama’ah

Sudah hampir genap tiga bulan ane menetap di Tanjung Barat, Jagakarsa-Jakarta Selatan, yakni semenjak tanggal 10 Oktober 2012 silam. Dari Jakarta pada tahun 2007-2008, hijrah ke Bandung di 2008-2012, dan saat ini telah hijrah kembali ke tanah Ibukota Negara Indonesia.

Kebahagiaan yang tersemat dalam diri adalah ketika lokasi tempat tinggal yang tak jauh dari masjid. Sudah sedari dulu memang qalbu merasakan nyaman dan tenteram ketika menghampiri satu tempat ibadah bernamakan masjid itu.

Sholat adalah salah satu ibadah yang diwajibkan bagi kaum muslimin, bagi orang-orang yang beriman kepada Allah sebagai Rabbnya dan Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alayhi wasallam sebagai Nabi terakhir yang membawa syari’at final dari-Nya.

Tentang sholat ini, Allah berfirman tentang kewajiban melaksanakannya, “Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman” (Q.S An Nisaa: 103). Selain itu, sholat juga dapat mencegah kita dari berbuat keji dan juga munkar. Termaktub dalam firman-Nya, “Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan” (Q.S Al Ankabuut: 45).

Kemudian, sholat ini ternyata tak hanya asal dikerjakan saja. Namun Rasulullah mengajarkan kepada kita sebagai kaum Adam untuk senantiasa melaksanakan sholat wajib (fardhu) secara berjama’ah di masjid/musholla. Sedangkan untuk kaum hawa, maka sholat wajibnya lebih baik dilaksanakan di dalam rumah.

Terkait dengan hal tersebut di atas, Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alayhi wasallam bersabda tentang keutamaan sholat berjama’ah, “Sholat berjama’ah lebih utama daripada sholat sendirian dua puluh tujuh derajat” (HR. Mutafaqqun ‘Alaihi).

Alhamdulillah, semenjak ane tiba di Tanjung Barat ini. Sholat berjama’ah senantiasa terjaga (meski tidak memungkiri ada beberapa kali ketinggalan sholat berjama’ah ini) yang ane laksanakan di Masjid Baiturrahman. Berjalan kaki tak lebih dari lima menit saja. Sampai pada bulan Desember 2012, ane mencoba sholat di Musholla An Nurriyah, dan ternyata cukup nyaman di sana, dan sampai pada hari ini ane masih senantiasa menunaikan sholat berjama’ah di Musholla An Nurriyah tersebut. Sedangkan untuk sholat Jumuah, biasa ane laksanakan di masjid Baiturrahman dan Masjid Al Ikhlas di dalam area Kantor PSM.

Alhamdulillah. Dengan ber-Islam disertai pemahaman (ilmu) di dalamnya, maka melaksanakan syari’at sesuai ketentuan-Nya bukanlah sebuah beban, melainkan rasa cinta dan bahagia karena diberikan anugerah untuk sadar sebagai seorang muslim dan konsekuensinya.

Bagaimana denganmu Sahabat? Apakah Islam masih engkau pegang karena historis-cultural, ataukah Engkau memeluk Islam atas dasar Ilmu?

Semoga rasa cinta kita kepada Allah subhanahu wata’ala serta istiqomah berjuang di jalan-Nya membuat kita nanti dipertemukan di dalam Firdaus-Nya. Aaamiinn ya Rabbal aalaamiinn.

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwah by Muhammad Joe Sekigawa, SST

Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman who has a great dreams

A Social Worker fresh graduated from Bandung College of Social Welfare (BCSW), Department of Social Rehabilitation

Staf Ahli Bidang Relasi Publik, Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia (FORKOMKASI) masa bhakti 2012-2013

Selesai ditulis pada hari Senin sore, 25 Safar 1434 Hijriah/ 07 Januari 2013 at 16.57wib @Kamar Kostan, Jl Swadaya II-C No.56-C Tanjung Barat,  Jagakarsa-Jakarta Selatan

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: