Pengumuman: Sertifikasi Pekerja Sosial Generalis Tahun 2012

Bismillah…

Meneruskan informasi dari Milis Jaringan Peksos oleh Mas Jerry Wutun dari LSPS (Lembaga Sertifikasi Pekerja Sosial) per 12 Desember 2012. Semoga bermanfaat ^_^

Salam hangat dan semangat selalu by Muhammad Joe Sekigawa

A Social Worker, fresh graduated from Bandung College of Social Welfare (BCSW), Department of Social Rehabilitation 2008

*****

Dear teman-teman,

Mengenai informasi sertifikasi profesi pekerja sosial generalis untuk seleksi tahap awal secara administrasi tanggal 29 November – 15 Desember 2012, tahap kedua 15-22 Desember  bagi yang sudah lolos peserta diharapakan mengirimkan portofolio, dan tahap ketiga ujian tertulis dan wawancara antara 20-23 Desember dan pengumuman hasil 3 Januari 2013. Sertifikasi untuk gelombang pertama ini akan dilakukan di Jakarta, Bandung dan Yogyakarta dan peserta tidak dipungut biaya. Peserta sangat terbatas, gelombang pertama ini ditargetkan 100 peserta. Panitia pelaksanan yaitu LSPS bersama sekertariat (Kemensos-Pusbinjabfung) dan asesor. Untuk lebih jelasnya saya lampirkan panduan tehnis sertifikasi yang diambil dari web: p4s.kemensos.go.id

Persyaratan seleksi administrasi (hal 13) :

(a) Isian ‘Formulir Seleksi Administrasi’ (lihat Lampiran 1/hal 41).

(b) Phasphoto berwana 4 X 6 Cm latar belakang merah, 2 lembar.

(c) Photocopy Kartu Tanda Penduduk, 1 lembar.

(d) Photocopy Ijazah Pendidikan Profesi yang dipersyaratkan, 1 lembar.

(e) Isian ‘Surat Keterangan Pengalaman Kerja’, (lihat Lampiran 2/ hal 42)

(f) Isian ‘Rekomendasi Organisasi Profesi’ (lihat Lampiran3/hal 43).

(g) Isian ‘Rekomendasi Lembaga Tempat Kerja’ (lihat Lampiran 4/hal 44).

Semua berkas dimasukkan kedalam ‘Amplop Coklat Tebal’ kemudian pada kiri bawah ditulis alamat pengiriman, yaitu:

Kepada Yth

Ketua LSPS dan TKS

d/a

Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional

Pekerja Sosial dan Tenaga Kesejahteraan Sosial

Telp 021-80877378

Jl Dewi Sartika No. 200 Jakarta Timur

Pada belakang amplop tulis nama dan alamat instansi pengirim, kontak person pak wiryanta 021-80877378, hp 081374373978 dan saya diatas jam 5 sore atau dapat hub saya di  0811895693.

Bila calon peserta secara administrasi sudah dinyatakan layak maka pada tanggal 15 Desember 2012 akan diumumkan. Bagi yang lolos maka portofolio berupa kurikulum vitae, deskripsi diri dan penilaian persepsional (lihat hal 45-63) dapat dikirimkan karena merupakan bagian dari penilaian selain penilaian uji tertulis serta wawancara.

Saat ini kami sudah menerima 36 berkas calon di sekertariat LSPS, dan sedang kami verifikasi ternyata pada umumnya belum memiliki surat rekomendasi dari IPSPI. Saya sudah menginformasikan kepada mereka untuk segera melengkapi.

Semoga informasi ini dapat membantu kawan-kawan untuk segera mendaftar.

******

Saya mohon perhatiannya bahwa panduan tehnis yang disusun (yang saya lampirkan dari web :p4s.kemensos.go.id) ditujukan khusus untuk pekerja social generalis berdasarkan Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2012 tentang Sertifikasi Pekerja Sosial Profesional dan Tenaga Kesejahteraan Sosial.

Sedangkan untuk sertifikasi asisten peksos, pekerja social spesialis dan TKS pembahasannya masih ditunda. Kemungkinan perubahan permensos yang baru (sedang dalam proses) dapat merubah panduan tehnis  yang sudah disusun tersebut, tetapi untuk pekerja social generalis sudah disepakati bersama kemungkinan tidak banyak berubah.

Saya informasikan sekali lagi untuk sertifikasi pekerja sosial genaralis ini persyaratan utamanya yaitu pendidikan Diploma IV/Strata 1 Pekerjaan Sosial/Kesejahteraan Sosial, pengalaman kerja minimal 3 (tiga) tahun, rekomendasi organisasi profesi dan  lembaga tempat bekerja.

Semoga informasi ini dapat mengklarifikasi perkembangan sertifikasi pekerjaan sosial dan tidak menimbulkan mis persepsi dikalangan kita.

Salam hangat,

Jerry Wutun

LAMPIRAN: Panduan Teknis Sertifikasi Peksos 2012-2013

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: