The First Time Visiting The Japan Foundation Office in South Jakarta

Joe di The Japan Foundation 03 Des 2012

Tepat satu minggu yang lalu (03/12/2012) akhirnya saya memutuskan untuk cuti kerja guna menyambangi kantor The Japan Foundation yang terletak di Gedung Summitmas Jakarta Selatan tersebut. Memang, sedari awal memutuskan hijrah ke Ibukota salah satu adalah dengan tujuan agar bisa lebih mendekatkan diri dengan Kedubes Jepang maupun The Japan Foundation (dan JASSO).

Berangkat dari Tanjung Barat pukul enam pagi, saya harus memfotokpi Surat Lamaran ke Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU). Ya, saya sejak seminggu yang lalu tengah memutuskan untuk berpindah tempat kerja yang insyaAllah tantangannya lebih tepat ditinjau dari hal penguasaan keilmuan. Kebetulan, Murobbi menginformasikan tentang adanya lowongan kerja di Divisi DRM (Disaster Risk Management) PKPU, setelah dua bulan yang lalu memang saya menyampaikan kepada beliau bahwa berkeinginan bekerja di ranah Penanggulangan Bencana/Disaster Management.

Bukan pengorbanan namanya jika tak dilandasi dengan perjuangan. Hari itu (Senin, 03/12), semua tempat fotokopi masih tutup, dan pada akhirnya saya menyusuri jalanan langkah demi langkah hingga sejauh 3 kilometer. Di Bandung masih bisa dimaklumi, ini Jakarta, panasnya sungguh terik hingga seluruh badan yang telah saya balut dengan jaket warna abu-abu itu basah kuyup seperti habis kehujanan. Ah, sudahlah, tak ada gunanya mengeluh, dan langkah kaki pun terus saya jalankan hingga ia menemukan satu tempat fotokopi di sebelah Kampus Tama Jagakarsa. Alhamdulillah ^_^

Pagi itu pun saya menyambangi kantor PKPU di Jalan Condet terlebih dahulu untuk menyerahkan surat lamaran kerja. Di front office disambut oleh Mbak Astri, dan beliau menerimanya dengan seulas senyuman ramah, serta berkata, “baik Mas, surat lamaran saya terima, nanti tinggal menunggu kabar panggilan saja ya”. Senang rasanya telah dapat masuk ke kantor PKPU, dan memang juga, sejak masih bersama Murobbi di Bandung, saya telah menyatakan dan mengazzamkan diri untuk bisa berkarier di PKPU pada Divisi Disaster Risk Management (DRM/Manajemen Risiko Bencana).

Baik, tiga paragraf diawali dengan narasi mengirim surat lamaran ke PKPU, sekarang kita lanjutkan ke narasi perjalanan ke Kantor The Japan Foundation ^_^

Perjalanan dimulai dengan naik bus kopaja dari Pasar Rebo, cukup satu kali angkot memang untuk sampai ke Blok M, dengan biaya dua ribu rupiah saja. Tapi, beginilah suasana Jakarta, sama sekali tidak terlepas dari panasnya mentari menyorot tanah Ibukota Negara Indonesia. Kira-kira satu setengah jam berada dalam kopaja ini dengan suasana kegerahan. Sesampainya di Blok M, sudah mau masuk waktu Dhuhur, maka saya pun menyempatkan untuk Sholat Dhuhur berjamaah di masjid yang terletak di lantai paling atas Mall Blok M.

Dari Blok M saya membeli karcis Bus Trans Jakarta dan turun di Halte Gelora Bung Karno. Tinggal jalan kaki sekitar 100 meter saja, saya pun menemukan gedung Summitmas dimana Kantor The Japan Foundation berada.

Hm, ternyata The Japan Foundation menempati kantor pada dua lantai, lantai II untuk perpustakaan, dan lantai III untuk event kebudayaan. Saya pun karena tidak ada janji sebelumnya melangkahkan kaki ke Toshoukan (library) di lantai II. Di lantai II ini terdapat pula kantor JASSO (Japan Student Services Organization) yang biasa memberikan layanan konsultasi tentang melanjutkan pendidikan di Negeri Sakura itu dan juga informasi beasiswa berkuliah di sana.

Akhirnya, sampai juga ya di Kantor The Japan Foundation. Sungguh bahagia hati ini rasanya, dan semakin menumpuk kian tinggi semangat untuk mencapai impian mendapatkan beasiswa S-2 di Negeri Matahari Terbit, Negeri Sakura, Jepang. InsyaAllah ^_^

Tak lupa saya upload beberapa foto di Kantor The Japan Foundation. Semoga bermanfaat . . .

Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwah by Muhammad Joe Sekigawa, SST

Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman who has a great dreams

A Social Worker fresh graduated from Bandung College of Social Welfare (BCSW), Department of Social Rehabilitation

Corporate Development Manager at PeDe Corp Jakarta

Staf Ahli Bidang Relasi Publik, Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia (FORKOMKASI) masa bhakti 2012-2013

Selesai ditulis pada hari Senin siang, 10 Desember 2012 at 11.43wib @Gelanggang Olahraga (GOR) Ciracas, Jakarta Timur

G A L L E R I E S

JASSO and The Japan Foundation Jkt = The Japan Foundation and Leaflet Promotion

Japan Foundation no Toshoukan = Galeri Foto depan Perpus The Japan Foundation Jkt

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: