Antara Kostan di Bandung dan di Jakarta

Bismillahirrohmaanirrohiim,,

Suatu nikmat yang luar biasa ketika itu hanya berbekal sisa uang kurang dari tiga juta rupiah, aku masih harus mencari kostan dengan harga terjangkau serta menyisakannya untuk biaya makan dan kebutuhan hidup lainnya di Bandung. Mas Huda yang waktu itu menemuiku di DKM Masjid Al Ihsan STKS Bandung dengan rela dan tulus hati mengantar ‘bocah ndeso’ ini untuk mencari kostan.

Subhanallah, ketemulah dengan satu kostan yang cukup mungil, juga terjangkau harganya. Murah, bahkan sangat murah harganya. Rp 1.100.000,- per tahun. Sampai lulus dari STKS Bandung pun, pembayaran uang sejumlah itu pun sama sekali tidak berubah. Allahu Akbar!

Ya, di sanalah akhirnya aku menetap selama empat tahun. Suasana kekeluargaan yang kental membuatku merasa memiliki keluarga di tanah rantau di kota Kembang itu.

Dan kini, aku telah berpindah ke Jakarta. Ke Pusat Pemerintahan Negara Indonesia yang telah kutempati pada September 2007 sampai dengan Juni 2008 silam.

Statusku telah berubah. Dari mahasiswa menjadi pekerja. Aku senang menyebut diri ini As A Social Worker, karena memang alumni dari STKS Bandung dicetak untuk menjadi seorang Pekerja Sosial yang handal dalam ikut serta mengupayakan penyelesaian masalah sosial melalui intervensi pekerjaan sosial yang fokus pada pemulihan keberfungsian sosial Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

Namun kali ini, aku tak secara langsung menjadi Pekerja Sosial yang berhubungan dengan PPKS, melainkan ‘agak’ sedikit banting setir. Saat ini aku berstatus karyawan di sebuah perusahaan konsultan sumber daya manusia. Dan project yang tengah kami kerjakan berkaitan dengan program kegiatan dari kelurahan-kelurahan se Jakarta Timur. Konsep pemberdayaan lebih melakat pada kegiatan perusahaan ini.

Nah, karena status yang telah berubah, maka gaya hidup pun berubah, tak terkecuali kamar kostan yang aku tempati saat ini. Inilah kamar baruku, dengan harganya yang juga tak semurah kostan di Bandung yang dulu.

Dengan demikian, aku ingin membagi dalam catatan kehidupanku di blog ini, tentang perbandingan kostan dulu di Bandung dan kostan sekarang di Jakarta.

Semoga bermanfaat dan juga menginspirasi ^_^

Salam hangat dan semangat selalu by Muhammad Joe Sekigawa, seorang Pembelajar Sepanjang Zaman who has a great dreams

A Social Worker, fresh graduated from Bandung College of Social Welfare (BCSW), Department of Social Rehabilitation 2008-2012

Corporate Development Manager of PT. Pulih Daya Naturindo Jakarta

Staf Ahli DF Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia (FORKOMKASI) Bidang Relasi Publik Periode 2012-2013

Ex Ketua Umum BSO Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) STKS Bandung Periode April-Oktober 2012

Selesai ditulis pada hari Sabtu pagi, 27 Oktober 2012 at 05.35wib @Kamar Kost Peradaban, Jl. Swadaya II C No.56 Tanjung Barat Jakarta Selatan 12530

G A L L E R I E S

Kostan di Bandung

==

==

Kostan di Jakarta

==

==

Comments
6 Responses to “Antara Kostan di Bandung dan di Jakarta”
  1. tsemoet says:

    Selamat ya de’, dah pindah ke Jkt sekarang. Sukses selalu….

  2. rezky batari says:

    Bismillah

    Jadi ingat salah satu bagian dalam buku MHMMD-nya Bu Marwah Daud Ibrahim, didalamnya mengajarkan kepada kita untuk keluar dari zona nyaman serta berani keluar dari “cangkang” untuk menemukan hal2 baru dan menantang, so keep hamasah!

  3. Happy working… semoga full Barokah 😀

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: