Pemantapan Alumni STKS Bandung Tahun 2012

Acara yang digelar oleh DPP IKA (Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Alumni) STKS Bandung bekerjasama dengan lembaga STKS Bandung ini bernamakan Pemantapan Alumni dengan tema “Menimba Pengalaman dari Dunia Kerja untuk Menjadi Pekerja Sosial Indonesia”. Pemantapan Alumni tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at, 05 Oktober 2012 bertempat di satu-satunya gedung pertemuan terluas milik kampus kami, Aula Lantai III STKS Bandung Jl. Ir. H. Juanda 367 Bandung.

Kegiatan dimulai pada pukul 11.00wib dengan agenda pendaftaran biodata alumni serta pembayaran iuran pembuatan kartu anggota IKA STKS senilai Rp 50.000,-. Acara formal dijadwalkan pada pukul 13.00wib, namun baru benar-benar dimulai sekitar pukul 13.30wib. Itupun berjalan tanpa kehadiran Pak Toto selaku Ketua Umum DPP IKA STKS Bandung yang juga seorang Sekjen Kemensos RI, karena beliau dan rombongan masih terjebak macet di perjalanan dari Jakarta menuju kampus STKS Bandung tercinta.

Acara diawali dengan talkshow yang dimoderatori oleh Ibu Dwi Yuliani dengan narasumber dari dua orang alumni yang dapat kita katakan “sukses” dalam karirnya sebagai Pekerja Sosial. Mereka antara lain:

  1. Mas Tonton Herianto, Praktisi CSR PT. Accor Asia Pasific Indonesia.
  2. Mbak Suarni, bekerja di International Chatolic Migration Committee

Mas Tonton maupun Mbak Suarni sama-sama sepakat bahwa sebuah kesuksesan tidak bisa didapat dengan cara santai-santai, perlu adanya militansi dalam bekerja dan kerja keras dalam berusaha. Serta, tentu saja tidak malu memperkenalkan profesi ini (baca: Pekerja Sosial) kepada khalayak ramai. Jika kita yang tidak menjadi bagian dari marketing management+product, lalu mau mengandalkan siapa lagi?

Sekitar lewat dari pukul 14.30wib, Pak Toto baru sampai beserta rombongan. Maka, sesi acara formal pun dilaksanakan. Dimulai dengan menyanyikan hymne STKS Bandung secara bersama-sama. Kemudian sambutan dari Ibu Dr. Kanya Eka Santi, MSW selaku Ketua STKS Bandung. Dilanjutkan dengan sharing dari Pak Toto Utomo Budi Santosa.

Sharing dari Pak Sekjen memang sangat menarik sekali untuk kita cermati bersama. Tentang bagaimana awalnya beliau, tentang bagaimana seseorang yang menjadi birokrat seumur hidupnya (pasca lulus dari STKS Bandung langsung menjadi PNS sampai sekarang), dan juga tentang “jaringan sosial” begitu fasih beliau pahami serta praktikkan dalam kehidupan.

Di sesi akhir kegiatan, Pak Toto mendapatkan buku The Book of Dreams (masih draft) yang saya garap bersama dengan empat orang mahasiswa STKS angkatan 2009 yang saat ini tengah melaksanakan praktikum II berbasis institusi. Tujuan dari diberikannya draft buku ini tak lain adalah untuk meminta kata pengantar dari beliau untuk nantinya kami terbitkan secara profesional. Selanjutnya Pak Toto juga menyerahkan bunga kepada tiga besar lulusan terbaik STKS Bandung, yaitu kepada Tyas dari Jurusan Rehsos, Rini dari Jurusan PSM, dan juga Mas Herry dari Pascasarjana. Dan yang paling terakhir adalah sesi paling spesial karena IKA STKS Bandung menyerahkan bantuan sebesar 50 juta untuk UKM-UKM di STKS Bandung (jumlahnya ada 26 UKM) dan 11,5 juta untuk pembelian seragam Paduan Suara STKS Bandung.

Alhamdulillah, semoga kebaikan dari Pak Toto dan juga IKA STKS Bandung dapat dibalas oleh Allah subhanahu wata’ala dengan berlipat ganda, aamiin ya Rabbal aalaamiin.

Salam hangat dan semangat selalu by Muhammad Joe Sekigawa, seorang Pembelajar Sepanjang Zaman who has a great dreams

A Social Worker, fresh graduated from Bandung College of Social Welfare (BCSW), Department of Social Rehabilitation 2008

Koordinator Umum BSO Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) STKS Bandung

Staf Ahli DF Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia (FORKOMKASI) Bidang Relasi Publik

Selesai ditulis pada hari Jum’at malam, 05 Oktober 2012 at 20.18wib @Kamar Peradaban, Dago Pojok kota Bandung, Jawa Barat

 

 

 

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: