Generasi Penerus Unggulan di STKS Bandung

Terhitung sejak pertengahan bulan Agustus 2012 lalu, mahasiswa baru angkatan tahun 2012 di STKS Bandung telah menjalani masa-masa awal perkuliahannya. Tak kurang dari 330-an mahasiswa baru resmi menyandang status mahasiswa Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung. Program Pengenalan Institusi (PPI) yang dilaksanakan pada awal Agustus itu menanamkan beberapa kesan yang positif kepada mereka. Ya, itulah mengapa saya menyebutnya sebagai Generasi Penerus Unggulan! Tak terlalu memuji, tapi memang sebuah apresiasi ^_^

Pengakuan awal saya dapatkan dari salah satu Mahasiswi Berprestasi angkatan 2010, sebut saja inisialnya “Ff”. Ayuk “Ff” ini menyatakan bahwa mahasiswa baru tahun 2012 sekarang beda. Beda kualitasnya, beda semangatnya, dan juga beda pola pemikirannya. Menurut Ayuk “Ff”, mereka saat ini lebih enerjik, ingin tahu banyak hal, cepat merespon tawaran-tawaran kegiatan positif dan masih banyak lagi.

Pengakuan berikutnya dilontarkan oleh Sang Ketua Tatib pada PPI awal Agustus lalu, sebut saja Akang “Fy” yang juga menjabat sebagai Ketua UKM Hikmatul Iman di kampus STKS Bandung. “Saya cukup kagum dengan para mahasiswa baru angkatan tahun 2012 ini. Kualitas mereka memang beda. Hal tersebut saya lihat dari saat instruksi baris-berbaris, tanpa harus dikomando secara berlebihan, mereka dengan tanggap dan sigap mampu mengambil sikap barisan yang teratur dan tanpa banyak gaduh”, ungkap Akang “Fy” dengan penuh semangat. Saya pribadi cukup bangga dan berbahagia mendengar penuturan tersebut. Tentu ini sebuah hadiah tersendiri ketika di masa-masa terakhir saya berdiam di kampus ini, terlihat sosok-sosok generasi penerus yang memiliki kualitas unggul.

Pengakuan ketiga saya dapatkan dari Manager Area Kampung 200 Tri-C (Child Care Community) yang saat ini baru saja naik menjadi Ketua FMKI (Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia), sebut saja namanya Kak “Rpd”. Kak “Rpd” mengangkat studi kasus ketika ia dan timnya sedang open recruitment untuk kepengurusan FMKI periode 2012/2013. “Mahasiswa 2012 yang sekarang bagus-bagus Kak. Kemarin saat oprect untuk FMKI juga dengan begitu mudahnya kami menemukan bibit-bibit unggul pada angkatan 2012 ini”, celoteh Kak “Rpd” dengan saya di sela-sela obrolan sore kemarin.

Bagaimana? Sudah tiga “orang keren” di kampus kita yang menyatakan demikian, dan bersama-sama menyepakati bahwa para mahasiswa tahun 2012 ini memang sungguh memiliki kualitas yang berbeda daripada tahun-tahun sebelumnya. Apalagi sebanyak sekitar 128 mahasiswa/i yang berstatus Penerima Beasiswa tersebut saat ini dipatok IP (Indeks Prestasi) minimalnya adalah 3.50. Luar biasa bukan?!

Saya sendiri menemukan pengalaman pribadi terkait pandangan kualitas mahasiswa/i angkatan 2012 ini. Pertama tentang antusiasme mereka terhadap FORKOMKASI (Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia). Kemudian kedua tentang terbentuknya SWJC (Social Work’s Journalist Community) yang hanya digarap oleh tiga orang (saya bekerjasama dengan dua orang mahasiswa angkatan 2012). SWJC yang insyaAllah akan menjadi cikal bakal Pers Mahasiswa di kampus STKS Bandung ini telah lama ada di angan-angan, namun baru pada tahun 2012 inilah dapat bersambut dengan lancar. Dan semangat mereka memang luar biasa! ^_^

Terakhir, adalah testimoni saya terkait dakwah KAMMI alias Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia, khususnya di KAMMI STKS Bandung. Cukup alot perkembangan organisasi ekstra kampus di STKS Bandung ini, namun hanya dalam hitungan kurang dari triwulan, sudah ada lima orang kader baru KAMMI yang bergabung dalam barisan organisasi dakwah ini. Alhamdulillah. Bahkan, beberapa waktu lagi akan bertambah beberapa orang mahasiswa. Ini sungguh sangat luar biasa. Bayangkan saja, mereka adalah mahasiswa baru, disibukkan dengan target IP di atas 3.50 dan masih bisa menyempatkan diri dengan penuh semangat di organisasi ekstra kampus. Allahu Akbar! Hanya nikmat dari-Mu semata hingga bisa terjadi seperti ini ya Rabb…

Nah, melihat kenyataan itu semua. Kita dapat sadari bahwa kampus STKS Bandung saat ini memiliki aset yang luar biasa. Tinggal bagaimana mengelola mereka supaya tetap dalam frekuensi semangatnya, tekun mendalami ilmu Pekerjaan Sosial, serta tidak apatis terhadap persoalan yang terjadi di sekitar.

Bagi KAMU yang merasa peduli dengan kampus STKS Bandung!! Mari bersama-sama memberikan kontribusi kita kepada mereka, buatkan pola-pola kaderisasi yang menjadikan mereka insan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, juga berjiwa sosial tinggi dalam keseharian kehidupan.

Salam hangat dan semangat selalu by Muhammad Joe Sekigawa, seorang Pembelajar Sepanjang Zaman who has a great dreams

A Social Worker Fresh Graduated from of Bandung College of Social Welfare (BCSW), Department of Social Rehabilitation September 2012

Koordinator Umum BSO Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) STKS Bandung

Staf Ahli DF Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia (FORKOMKASI) Bidang Relasi Publik

Selesai ditulis pada hari Senin sore, 01 Oktober 2012 at 17.37wib @Kamar Peradaban, Dago Pojok kota Bandung, Jawa Barat

Comments
2 Responses to “Generasi Penerus Unggulan di STKS Bandung”
  1. RYNDI says:

    Dan Inilah Ryndi salah satu Generasi Penerus Unggulan STKS 2012 ^ ^

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: