Seminar Pekerjaan Sosial Industri: Praktik CSR dan K3 dalam Perusahaan

Sebuah acara yang patut diapresiasi oleh banyak kalangan, khususnya mahasiswa STKS Bandung terkait dengan bidang profesinya, yakni Pekerjaan Sosial Industri, telah digagas dan dilaksanakan oleh kawan-kawan dari UKM Satuan Bakti Sosial Mahasiswa (SBSM) pada hari ini, Jumuah 21 September 2012 di Aula Lantai III kampus STKS Bandung Jl. Ir. H. Juanda nomor 367 Bandung. Sebuah seminar berharga yang dilaksanakan mulai pukul 09.00wib sampai dengan 11.30wib ini menyedot perhatian sebanyak lebih dari 100 peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa STKS, dosen, dan juga beberapa mahasiswa dari kampus lain serta beberapa praktisi lapangan (sudah bekerja di setting bidang pekerjaan sosial).

Seminar tentang Corporate Social Responsibility (CSR) dan Keselamatan&Kesehatan Kerja (K3) ini menghadirkan tiga orang pembicara yang sudah ahli di bidangnya, baik di kalangan akademisi dan juga praktisi. Mereka diantaranya sebagai berikut:

  1. Edi Suharto, Ph.D (Direktur Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI)
  2. Tonton Harianto (Praktisi CSR di PT. Accor Asia Pasific)
  3. Ishak Fardy (Praktisi K3 di PT. SSP Jakarta)
  4. Moderator: Dra. Milly Mildawati, MP (Dosen Rehsos STKS Bandung)

Sesi pertama diberikan kepada Pak Edi Suharto untuk memaparkan pandangannya mengenai Pekerjaan Sosial Industri yang dalam hal ini diantaranya terdapat Corporate Social Responsibility (CSR). Pak Edi yang seorang akademisi menyatakan bahwa batasan seorang Pekerja Sosial Industri itu ada tiga hal:

  1. Occupational Social Work (Pekerjaan sosial yang berhubungan dengan dunia pekerjaan)
  2. Social Work in a Workplace (Pekerjaan sosial di tempat kerja)
  3. Social Assistance (Pendampingan sosial)

Hal lain yang disoroti oleh Pak Edi adalah mengenai tantangan Pekerja Sosial ke depan ketika ingin ‘bermain’ di setting CSR, yakni sebagai berikut:

  1. Pertinggi kualitas diri dengan bidang-bidang keterampilan praktis tentang pengorganisasian dan pengembangan masyarakat
  2. Adanya ‘link and match’ yang difasilitasi oleh lembaga kampus STKS Bandung agar dapat memberikan ruang dan dorongan riil kepada calon Pekerja Sosial untuk bekerja di setting industri
  3. Lebih banyak membombardir dunia tulis menulis di media cetak, buku maupun internet dengan tujuan membiasakan masyarakat untuk mengenal Pekerjaan Sosial Industri atau Industrial Social Services
  4. Pekerja sosial harus lebih banyak berperan pada penyusunan-penyusunan SOP dari pelaksanaan CSR itu sendiri, karena di sanalah letak nilai-nilai humanisme yang fundamental diterapkan

Kemudian sesi kedua dilanjutkan pemaparan materi dari Pak Tonton selaku praktisi CSR di Hotel Accor Asia Pasific. Cerita diawali dengan kisah beliau pada 10 tahun yang lalu mengapa bisa bekerja di Accor di bidang CSR. Ternyata, waktu itu Pak Tonton menemukan informasi lowongan kerja yang dipublish di media ternama –kompas- yang isinya membutuhkan Pekerja Sosial untuk bekerja di bidang CSR. Pak Tonton waktu itu kaget, kok ada perusahaan yang sudah kenal dengan pekerja sosial ya? Dan ketika beliau melamar, ternyata memang Kepala HRD nya lulusan Psikologi UNPAD, dan dia mengetahui betul pekerjaan seperti itu ahlinya ada dari STKS Bandung (baca: pekerja sosial).

Cerita selanjutnya, Pak Tonton mengemukakan tentang pentingnya seorang Pekerja Sosial bekerja di setting CSR. Hal tersebut karena ternyata memang masih sedikit sekali orang-orang yang mengelola dana CSR perusahaan, tapi minim pengetahuan yang sifatnya tentang ilmu pekerjaan sosial, yang tentu saja ilmu tersebut sangat tepat diterapkan bagi masyarakat penerima dana CSR (need assessment dan community development intervention).

Dan di akhir, beliau berharap, bahwa seminar ini tidak sampai di sini saja, melainkan harus ada kelanjutannya. Dalam hal ini, beliau mengharapkan adanya peran dari SBSM untuk aktif menjembatani bagi para tenaga profesional dari STKS Bandung untuk di-link-kan dengan para perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli untuk mengelola program CSR di perusahaannya.

Terakhir adalah pemaparan dari Pak Ishak selaku praktisi K3 di PT. SSP Jakarta. Beliau banyak berkisah tentang peranan alumni peksos/kessos yang bekerja di bidang K3. Hal demikian begitu penting dan menurut pandangan beliau ‘tidak terlalu sulit’ bagi mahasiswa peksos. Meski begitu, ternyata minat para pekerja sosial masih minim untuk merambah bidang ini, dan ini merupakan peluang. Harapannya, ke depan akan semakin banyak lagi pekerja sosial yang concern di bidang Keselamatan&Kesehatan Kerja.

Demikianlah sedikit share yang bisa dibagikan, dengan segala kekurangannya. Karena tentu, apa yang saya tangkap tidaklah sesempurna apa yang disampaikan pada acara seminar tadi pagi. Namun, untuk mengobati sedikit rasa kekecewaan tersebut, saya lampirkan file presentasi dari Pak Tonton dan Pak Ishak untuk menambah khasanah pengetahuan kita bersama.

Download File Presentasi di bawah ini:

Corporate Social Responsibility (CSR) Tips by Mr Tonton pd 21 Sept 2012

Dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) by Mr Ishaq pd 21 Sept 2012

Materi Training SMK3 by Mr Ishaq pd 21 Sept 2012

Salam hangat dan semangat selalu by Muhammad Joe Sekigawa, seorang Pembelajar Sepanjang Zaman who has a great dreams

An Undergraduate Social Work Student of Bandung College of Social Welfare (BCSW), Department of Social Rehabilitation 2008

Koordinator Umum BSO Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) STKS Bandung

Staf Ahli DF Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia (FORKOMKASI) Bidang Relasi Publik

Selesai ditulis pada hari Jum’at sore, 21 September 2012 at 16.32wib @Masjid Peradaban (Al Ihsan STKS Bandung), Dago 367 kota Bandung, Jawa Barat

Comments
2 Responses to “Seminar Pekerjaan Sosial Industri: Praktik CSR dan K3 dalam Perusahaan”
  1. evitavie22 says:

    semoga seminar seperti ini dapat di langsungkan lagi

    Outsourcing Indonesia

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: