Inilah Sidang KIA yang dinanti: Senin 17 September 2012

Bismillahirrohmaanirrohiim,,

Alhamdulillah. Segala puja dan puji syukur hanya kepada Allah, Rabb sekalian alam beserta seluruh isinya di alam dunia jagat raya juga akhirat sana. Serangkaian proses perkuliahan selama empat tahun telah terlalui dan hari ini, Senin 17 September 2012 adalah masa sidang terakhir untuk menguji hasil penelitian Karya Ilmiah Akhir (KIA) program Diploma IV (D-IV) sebagai salah satu persyaratan meraih gelar Sarjana Sains Terapan (SST) dari Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung.

Ujian sidang KIA yang berlangsung sejak pukul 11.00wib sampai dengan 12.15wib itu dihadiri oleh beberapa orang antara lain:

  1. Dosen Penguji: Bapak Dr. Jumayar Marbun, M.Si
  2. Dosen Pembimbing I: Ibu Dra. Rini Harini Rinda, M.Pd
  3. Dosen Pembimbing II: Ibu Dra. Milly Mildawati, MP
  4. Notulen: Pak Kosasih
  5. Peserta penonton: Erna DS, Dhelta WSP, dan Siti Faozah

Sidang dibuka oleh Ibu Dra. Milly Mildawati, MP yang kemudian mempersilahkan saya untuk memaparkan presentasi sebelum terjadi tanya jawab antara dosen penguji, pembimbing dan juga panelis (saya sendiri). Presentasi pun saya awali dengan mengucap basmalah kemudian lirih melantunkan doa nabi Musa ‘Alayhi Salam yang diabadikan dalam Al Qur’an, “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku” (Q.S. Thaahaa/20:25-28).

Waktu yang diberikan untuk memaparkan presentasi adalah 10 menit, sedangkan saya telah membuat sebanyak 15 slide, alhasil keseluruhan waktu yang saya habiskan untuk memaparkan materi adalah selama kurang lebih 15 menit. Adapun file presentasi KIA saya yang berjudul “Resiliensi Keluarga Korban Bencana Banjir Bandang di desa Kunce kecamatan Padangan kabupaten Bojonegoro provinsi Jawa Timur” dapat diunduh di sini ya Presentasi KIA Joe_Resiliensi Keluarga Korban Bencana Banjir Bandang di desa Kuncen Padangan Bojonegoro Jatim_per 17 Sept 2012

Setelah saya usai memaparkan dari Latar Belakang hingga Kesimpulan dan Rekomendasi, maka dimulailah diskusi antara saya dengan dosen penguji, Bapak Dr. Jumayar Marbun, M.Si yang sudah siap dan tepat berada di hadapan saya. Ah, namanya juga dosen penguji, banyak juga hal ini dan itu yang dipertanyakan dan saya agak kewalahan dibuat beliau. Sudah wajar memang, seorang doktor menguji undergraduate seperti saya, tentu banyak koreksi yang luput dari ketajaman dan ketelitian dalam membuat laporan KIA ini.

Diskusi serta tanya jawab dari halaman terdepan (baca: cover) hingga lampiran telah menghabiskan waktu satu jam. Pak Dr. Marbun memang luar biasa, ada saja koreksi-koreksi yang memang harus saya perbaiki. Namun tak perlu dibayangkan suasana sidang tadi dalam kondisi menegangkan ya, malah sebaliknya. Pak Marbun lebih banyak menggunakan penalaran-penalaran yang bisa saya ikuti alurnya, dan juga tentu diiringi sedikit gelak tawa sehingga mencairkan suasana.

Terima kasih banyak Pak Dr. Marbun atas koreksi-koreksi berharganya, tentu itu tak lain adalah untuk memperbaiki penulisan laporan hasil KIA saya sehingga bisa menjadi lebih baik lagi. Oleh karena itu, saya sama sekali tidak merasa keberatan dan malah merasa senang karena adanya apresiasi atas karya tulis saya untuk disempurnakan sehingga pada penulisan-penulisan selanjutnya tak ada salah yang serupa.

Kesempatan kedua diberikan kepada Ibunda Dra. Rini Hartini Rinda, M.Pd yang merupakan dosen paling intens dalam penyelesaian laporan Karya Ilmiah Akhir saya ini. Beliau tak banyak yang dipertanyakan, melainkan tentang isi dari program yang dirancang di BAB V itu bagaimana isi substansinya. Langsung saja saya jelaskan dengan gamblang dari gambaran pelaksanaan program yang tadi sempat dikritik oleh Dr. Marbun bahwa program tersebut kurang tepat.

Terakhir, Ibunda Dra. Milly Mildawati, MP mengambil sisi lain yang belum dipertanyakan oleh dosen-dosen sebelumnya, yakni tentang ilmu pekerjaan sosial yang menjadi satu bidang ilmu yang harus saya kuasai sebagai calon sarjana pekerjaan sosial. Awalnya beliau menanyakan mengenai mata kuliah apa yang saya senangi selama menimba ilmu di STKS Bandung serta bagian mata kuliah mana yang merasa paling dikuasai. Saya pun mengemukakan ketika pada awalnya saya memang lebih cenderung kepada Macro Social Work atau lebih tepatnya di bidang pengorganisasian dan pengembangan masyarakat, tapi kemudian pada saat penjurusan, saya pun memilih Jurusan Rehabilitasi Sosial karena tertarik ingin menguasai metode dan teknik Clinical Social Work seperti konseling dan juga terapi.

Mendengar pemaparan panjang lebar dari saya, Ibunda Milly pun menanyakan kepada saya apakah mau ditanya tentang peksos makro atau mikro? Saya pun mengiyakan untuk makro saja, khususnya tentang Pengembangan Sosial Masyarakat. Dari situ mulailah Ibu Milly menanyakan pertanyaan demi pertanyaan yang sifatnya mengalir dan mengejar tergantung dari jawaban yang keluar dari mulut saya. Meskipun memang ada yang hampir tak bisa saya jawab, namun Alhamdulillah masih dimudahkan oleh-Nya lidah ini sesuai dengan doa yang sedari awal saya lantunkan dengan lirih.

Dan well, waktu menunjukkan pukul 12.20wib dan usai sudahlah Ujian Sidang KIA saya bersama tiga orang dosen di atas. Kabar terakhir, pengumuman nilai dan kelulusan (yudisium) adalah nanti pada hari Senin, 24 September 2012. Sedangkan Wisuda akan dilangsungkan di kampus STKS Bandung pada hari Rabu, 10 Oktober 2012.

Ya Allah, Alhamdulillah atas segala rahmat dan nikmat ini. Satu ujian lagi telah terlewati dan selanjutnya tidak sabar untuk menanti masa-masa yang sama sekali berbeda dari empat tahun sebelumnya, yakni akan aktif di dunia kerja. As a social worker tentunya ^_^

Sebelum sidang ini benar-benar ditutup, Ibunda Milly Mildawati pun menawarkan kepada saya apakah ada sesuatu yang mau diungkapkan? Beginilah kurang lebih yang saya kemukakan di akhir sidang itu:

Sebelumnya saya menghaturkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada para Bapak dan Ibu dosen karena hari ini memang merupakan hari yang saya tunggu-tunggu, satu hari sebagai hari penentuan akhir atas pengujian kapasitas saya sebagai seorang yang patut menyandang gelar Sarjana Sains Terapan (SST) bidang Pekerjaan Sosial. Harapannya saya nantinya tidak akan murtad dari bidang keilmuan ini, maksudnya tidak akan mau menekuni dunia kerja yang tidak ada hubungannya dengan ilmu yang saya pelajari di Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung selama empat tahun ini. Saya berharap dan berazzam kuat untuk tetap memegang teguh prinsip-prinsip pekerjaan sosial serta nilai-nilainya pada dunia pekerjaan yang akan saya emban nanti.

Demikianlah sharing tentang Ujian Sidang KIA saya, Joko Setiawan (08.04.100) aka Muhammad Joe Sekigawa di hari Senin, 17 September 2012 di Ruang Pertemuan A lantai II kampus bagian barat daya STKS Bandung.

Salam hangat dan semangat selalu by Muhammad Joe Sekigawa, seorang Pembelajar Sepanjang Zaman who has a great dreams

An Undergraduate Social Work Student of Bandung College of Social Welfare (BCSW), Department of Social Rehabilitation 2008

Koordinator Umum BSO Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) STKS Bandung

Staf Ahli DF Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia (FORKOMKASI) Bidang Relasi Publik

Selesai ditulis pada hari Senin sore, 17 September 2012 at 16.15wib @Taman Peradaban (Taman Ganesha ITB), Dago kota Bandung, Jawa Barat

G A L L E R I E S

  ==  

==

==

==

Comments
2 Responses to “Inilah Sidang KIA yang dinanti: Senin 17 September 2012”
  1. rezky batari says:

    Bismillah

    Barakallahu fiik, semoga Ilmu antum bermanfaat untuk ummat dan perjuangan.
    ~jadi mengulang memori waktu sidang akhir yg berlangsung penuh haru~

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: