1st MeetUp IB2020 Community di Kota Bandung

Bismillahirrohmaanirrohiim,,

Hampir saja terlewat!! Baru tadi malam saya meng-update email, blog dan facebook saat istirahat malam di acara Mabit sahabat-sahabat KAMMI ITB-STKS Bandung di Masjid Al Ihsan STKS Bandung. Saya temui komentar dari GekNana (Mbak Nana) tentang acara MeetUp Komunitas Indonesia Belajar 2020, sebuah komunitas yang menjembatani antara pencari beasiswa (mentee) dengan yang saat ini menerima beasiswa di luar negeri (mentor) untuk saling berkonsultasi terkait aplikasi beasiswa hingga kehidupan di negara tujuan mendapatkan beasiswa.

Komunitas Indonesia Belajar 2020 yang selanjutnya disebut dengan IB2020 ini merupakan suatu komunitas baru yang digagas oleh Mbak Nana sendiri yang saat ini mendapatkan beasiswa penuh untuk belajar Hubungan Internasional di Perancis dibantu dengan kawan sejawatnya Mas Andri yang saat ini juga sedang menempuh S-2 di sana. Dibilang baru karena memang baru berjalan sekitar satu bulan yang lalu. Namun meski usianya yang masih amat sangat muda, ternyata mendapatkan sambutan yang sangat luar biasa dari para mentee (pemburu beasiswa) dan juga sambutan positif dari para mentor.

Alhamdulillah pada hari ini, Sabtu 15 September 2012 telah diadakan MeetUp perdana di kota Bandung yang rencana awalnya dilaksanakan di Kantin Salman, namun berpindah ke Taman Ganesha ITB karena kantinnya penuh sesak. Lowh Mbak Nana kan sedang kuliah di Perancis, kok bisa bertemu? Kebetulan Mbak Nana sedang magang selama dua bulan di Jakarta, dan adik beliau (Kang Indra) kebetulan juga kuliah di ITB, jadi sekalian mengadakan pertemuan di sini.

MeetUp ini direncanakan dimulai pukul 13.00wib sampai dengan selesai, namun kebanyakan datang pukul 13.30wib dan 14.00wib, hingga jumlah total pesertanya mencapai 15 orang. Mereka semua antara lain:

  1. Mbak Suci Lestari Yuana (Mbak Nana), Jurusan Hubungan Internasional, Penerima Beasiswa S-2 di Perancis
  2. Indra, Jurusan Teknologi dan Sistem Informasi ITB 2011
  3. Joko Setiawan aka Muhammad Joe Sekigawa, Jurusan Social Work STKS Bandung 2008
  4. Weni, Jurusan Hukum UNPAD 2010
  5. Mbak Danti, B-Ned (Bincang Edukasi)
  6. Mbak Detha, B-Net (Bincang Edukasi)
  7. Azhari, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UPI 2010
  8. Nanda, Jurusan Apoteker ITB 2010
  9. Arif, Jurusan Telecommunication Engineering IT Telkom
  10. Poltek Telkom (namanya lupa), baru lulus D-3 Poltek Telkom
  11. Nisa, baru lulus SMA tahun 2011, mau kuliah di bidang Kuliner
  12. Camelia, Jurusan Pendidikan Biologi UPI 2010
  13. Mbak Anis, Dosen di UNIKOM dan Pengajar Bahasa Inggris di IT Telkom
  14. Mbak Rina, Dosen di UNIKOM dan Pengajar Bahasa Inggris di IT Telkom
  15. Ferry Anggara, Guru kursus

Perbincangan dimulai dengan perkenalan masing-masing peserta, termasuk Mbak Nana memperkenalkan tentang komunitas ini, visi misi dan juga awal semangat untuk membentuk IB2020 yang masih bertahan dan terus tumbuh hingga sekarang. Perbincangan mengalir dengan penuh semangat keingintahuan dan juga keterbukaan menerima informasi baru yang sangat berharga.

Mbak Nana menekankan bahwa ketika memiliki impian untuk mendapatkan beasiswa keluar negeri, ya harus mengantongi Sertifikat TOEFL dengan skor minimal 550 atau IELTS dengan skor minimal 6,5 dahulu. Itu mutlak hukumnya, karena memang persyaratan administrasinya demikian. Selanjutnya berbagai macam pertanyaan dilontarkan oleh masing-masing peserta yang juga dijawab oleh Mbak Nana secara jelas, juga kadang mendapatkan tambahan dari peserta yang mungkin tahu informasinya. Sungguh, banyak pengetahuan baru yang didapatkan, dan secara langsung semangat untuk mengejar beasiswa kembali menggelegak di dada. β€œJepang, Jepang, Jepang” begitu lirih penyemangat yang keluar dari bibir saya.

Di akhir pertemuan, disepakati bahwa kami semua akan memperkuat tes TOEFL/IELTS terlebih dahulu dan diagendakan sebulan sekali akan MeetUp IB2020. Penguatan bahasa Inggris difasilitasi oleh Mbak Rina dan Mbak Anis yang memang sudah expert di bidang Bahasa Inggris, dan tempatnya bisa menggunakan fasilitas di IT Telkom. Biaya administrasi sebesar 50rb untuk satu kali prediction test.

Untuk informasi lebih lanjut tentang komunitas ini, bisa langsung mengontak Mbak Nana di bawah ini:

Suci Lestari Yuana, Co-Founder Indonesia Belajar 2020

HP: 0818 0416 6735; Twitter @geknana atau @InaBelajar2020; Email betterindonesia2020@gmail.com ; Facebook Indonesia Belajar 2020

*****

Salam hangat dan semangat selalu by Muhammad Joe Sekigawa, seorang Pembelajar Sepanjang Zaman who has a great dreams

An Undergraduate Social Work Student of Bandung College of Social Welfare (BCSW), Department of Social Rehabilitation 2008

Koordinator Umum BSO Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) STKS Bandung

Staf Ahli Bidang Relasi Publik DF Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia (FORKOMKASI)

Selesai ditulis pada hari Sabtu sore, 15 September 2012 at 16.45wib @Masjid Peradaban (Salman ITB), Dago kota Bandung-Jawa Barat

G A L L E R I E S

==

==

==

==

==

==

Comments
2 Responses to “1st MeetUp IB2020 Community di Kota Bandung”
  1. rina dewi says:

    wah, baru tau ada rekam jejaknya.
    smoga ada kesempatan yg sperti ini lg. thx for the review πŸ™‚

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: