Selamat Datang Adik-Adikku D-IV STKS Bandung 2012

Bismillahirrohmaanirrohiim,,

Hari ini tepat di hari I puasa Ramadhan yang dilaksanakan oleh kawan-kawan Muhammadiyah dan beberapa ormas Islam, Jumuah 20 Juli 2012 telah diumumkan mereka-mereka yang telah lulus dan resmi diterima menjadi mahasiswa Diploma IV di STKS Bandung (or, I prefer call it Bandung  College of Social Welfare/BCSW). Data-data mereka yang lulus dapat dilihat sebagai berikut ini:

Tugas Belajar/TB: 24 orang

Lokasi Ujian BKD Kabupaten Gorontalo Utara: 5 orang (Penerima Beasiswa/PB)

Lokasi Ujian BKD Kota Gunung Sitoli: 5 orang (PB) dan 1 orang (Ijin Belajar/IB)

Lokasi Ujian Dispora Provinsi Gorontalo: 4 orang (PB) dan 4 orang (IB)

Lokasi Ujian BKD Kabupaten Kolaka: 5 orang (PB)

Lokasi Ujian BKD Provinsi Jambi: 3 orang (PB) dan 7 orang (IB)

Lokasi Ujian BKD Kabupaten Kolaka Utara: 5 orang (PB) dan 2 orang (IB)

Lokasi Ujian BKD Nias Barat: 5 orang (PB)

Lokasi Ujian BKD Kabupaten Bangka Tengah: 5 orang (PB) dan 1 orang (IB)

Lokasi Ujian Dinas P & K Nias Selatan: 4 orang (PB)

Lokasi Ujian BKD Provinsi Sulawesi Selatan: 5 orang (PB) dan 11 orang (IB)

Lokasi Ujian STKS Bandung Peserta Mataram: 4 orang (PB)

Lokasi Ujian STKS Bandung: 25 orang (PB) dan 90 orang (IB)

Lokasi Ujian Kemensos RI Jakarta: 12 orang (PB) dan 24 orang (IB)

Lokasi Ujian BBPPKS Banjarmasin: 2 orang (IB)

Lokasi Ujian BBPPKS Makassar: 5 orang (PB) dan 2 orang (IB)

Lokasi Ujian DPW IKA Provinsi NTT: 1 orang (IB)

Lokasi Ujian PSBN Nepotowe Palu: 1 orang (IB)

Lokasi Ujian BBPPKS Padang: 2 orang (PB) dan 5 orang (IB)

Lokasi Ujian BBPPKS Yogyakarta: 32 orang (PB) dan 35 orang (IB)

Jumlah Mahasiswa program D-IV yang diterima di STKS Bandung tahun 2012: 336 orang mahasiswa dengan komposisi sebagai berikut:

TB: 24 orang mahasiswa; PB: 126 orang mahasiswa; dan IB: 186 orang mahasiswa

Sekali lagi, pengumuman seperti ini adalah ‘sangat berbeda’ dari tahun-tahun sebelumnya. Perbedaannya terletak pada hilangnya status Ikatan Dinas, kemudian bertambah banyaknya mereka yang berstatus Penerima Beasiswa. Perkiraan awal saya di sini Pengumuman Lulus Akademik D-IV STKS Bandung 2012 menyebutkan bahwa ‘status baru’ Penerima Bantuan Beasiswa adalah mereka-mereka yang nantinya akan berstatus Ikatan Dinas karena tempat asal ujian mereka yang kebanyakan dari BKD (Badan Kepegawaian Daerah) di daerah-daerah. Namun, ternyata perkiraan saya meleset. Pengumuman hari ini terpampang jelas bahwa terdapat 126 orang mahasiswa dengan status Penerima Beasiswa (termasuk di dalamnya 69 orang mahasiswa dari lokasi Kemensos, STKS, dan BBPPKS DIY).

Hal di atas memang sangat mengagetkan. Secara pribadi, saya sungguh bersyukur karena telah terjadi pelonjakan yang luar biasa untuk mereka-mereka yang berstatus Penerima Beasiswa. Tapi yang menimbulkan pertanyaan selanjutnya, apakah mereka semua akan mendapatkan asrama layaknya kawan-kawan TB dan ID pada tahun-tahun sebelumnya?

Untuk mengkonfirmasi pendapat awal tersebut, saya langsung mengontak salah satu Akhwat yang masih stay tuned di sekitaran Kampus STKS Bandung. Konfirmasi yang dilakukan adalah untuk memperjelas akan adanya status Penerima Beasiswa tersebut. Adapun jawabannya adalah sebagai berikut:

Penerima Beasiswa adalah mereka yang biaya pendidikan di STKS Bandung ‘gratis’ alias tanpa bayar, namun untuk biaya tempat tinggal (kostan/kontrakan) dan makan sehari-hari ditanggung oleh mahasiswa itu sendiri. Pendidikan gratis ini akan terus berlangsung mulai dari semester I hingga semester VIII jika setiap semesternya IP mencapai di atas 3.0.

Hanya saja, masih ada keterangan lanjutan bahwa mahasiswa TB dan PB masih harus membayar 75 ribu (Kartu Tanda Mahasiswa/KTM) dan Kartu ATM) serta 100 ribu untuk asuransi kesehatan. Sehingga mereka masih harus mengeluarkan dana berjumlah 175 ribu.

Sedangkan IB diharuskan membayar sebesar Rp 4.925.000,- plus asuransi kesehatan sebesar 100 ribu sehingga mereka wajib membayar biaya awal (plus semester I) sebesar Rp 5.025.000,-.

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah:

  • Apakah Asrama yang ada saat ini hanya dapat digunakan oleh mereka (baca: mahasiswa lama berstatus TB dan ID) ditambah dengan 24 orang TB saja?
  • Hak-hak IB PBP (Ijin Belajar Penerima Bantuan Pendidikan) angkatan tahun 2008 banyak yang disunat. Mulai dari awal masuk 2008 lalu yang masih harus membayar 1,7 juta (semoga tidak salah ingat), tidak lagi dapat makan dari dapur kampus (yang sekarang dapur kampus sudah dihapuskan), mulai tahun 2012 tidak mendapatkan bantuan praktikum III, serta tidak adanya bantuan dana penelitian KIA, dan tentu saja –pendapat saya pribadi- pada saat wisuda nanti tidak memperoleh bantuan apa-apa. Bagaimana ini? Yang lama anggarannya semakin hilang (baca: habis), sedangkan untuk mahasiswa baru (baca: angkatan 2012), kuantitasnya semakin diperbanyak sejumlah 126 orang mahasiswa berstatus Penerima Beasiswa.
  • Melihat kasus di atas, maka saya menyerukan agar pihak lembaga STKS Bandung pada tahun ajaran baru nanti memperjelas hak-hak dari mahasiswa, apakah itu TB, PB maupun IB. Agar tak ada dusta di antara kita. Mari memulai good govencance dengan transparansi yang jujur dan terbuka ^_^

Well, ini memang baru tulisan awal. Dan selanjutnya, saya akan mengkonfirmasi langsung kepada pihak lembaga atas kesimpangsiuran ‘keadilan’ ini.

Demikian yang dapat disampaikan. Sekali lagi, selamat bagi adik-adikku yang telah diterima resmi menjadi Mahasiswa STKS Bandung. Jangan telat untuk registrasi ya. Semoga bisa bertemu di Kampus Biru, STKS Bandung. InsyaAllah ^_^

Download Pengumuman Kelulusan D-IV STKS Bandung tahun 2012 di sini

Hasil Seleksi Akhir MaBa D-IV STKS Bdg 20 Juli 2012

Salam hangat dan semangat selalu by Muhammad Joe Sekigawa, seorang Pembelajar Sepanjang Zaman who has a great dreams

An Undergraduate Social Work Student of Bandung College of Social Welfare (BCSW), Department of Social Rehabilitation 2008

Mahasiswa Izin Belajar Penerima Bantuan Pendidikan (IB PBP) Angkatan 2008

Staf Ahli DF Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia (FORKOMKASI) Bidang Relasi Publik masa bhakti 2012-2013

Koordinator Umum Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) STKS Bandung

Comments
6 Responses to “Selamat Datang Adik-Adikku D-IV STKS Bandung 2012”
  1. Ratu Almira says:

    Maaf kak. saya mau nanya. saya calon mahasiswa STKS dan akan ujian tgl 25 juni 2013. dan status saya sebagai mahasiswa pembayar.
    uang sejumlah 5 jt sekian itu kan dibayar di awal, jadi total biaya selama kuliah brp kak kira??
    atas jwbnny terima kasih kak,

    • Wah, maaf baru sempat membalas ya..

      Biaya awal 5 juta, nanti per semester nya 1 juta.. Kemudian tambahkan untuk biaya tempat tinggal (kostan) dan biaya hidup.

      Kost paling murah ada yang 2.5juta, biaya hidup bisa 500 ribu sampai 1 juta per bulan…

  2. siscaamellya says:

    Yang Sepi ini sedang ditemai oleh secangkir Kopi dan Sebatang Rokok.. Namun Ditambah Baca Artikel.. Mancaaapppp.. 😛

  3. Kisah terbaik kehidupan adalah kisah yang diangkat dari kehidupan nyata.. 🙂

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: