Rakornas II FORKOMKASI di Jember, Jawa Timur

Bismillahirrohmaanirrohiim,,

Membawa serta semangat membara yang terbangun pada Kongres II FORKOMKASI (Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia) di Makassar pada akhir bulan Maret lalu, Himpunan Mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial (HIMAKES) FISIP UNEJ (Universitas Jember) menjadi tuan rumah atas pelaksanaan Rakornas (Rapat Koordinasi Nasional) II FORKOMKASI yang diadakan pada tanggal 23-25 Mei 2012 bertempat di kampus Universitas Jember, Jawa Timur. Tidak hanya Rakornas saja, namun acara ini juga merupakan dari rangkaian Bazaar buku, Bakti sosial, Seminar nasional dan diakhiri dengan pelaksanaan Rakornas itu sendiri.

Kampus Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung sebagai satu-satunya sekolah tinggi penyelenggara program Diploma IV Pekerjaan Sosial (Generalist Social Work) pun mengirimkan delegasinya sebanyak dua mahasiswa, Joko Setiawan (STKS ’08) dan Fetty Familda (STKS ’10). Melihat peran serta mahasiswa STKS Bandung di dalam kepengurusan FORKOMKASI periode 2012-2013 lengkapnya sebagai berikut ini:

#1 Joko Setiawan (STKS Bandung ’08)

  • Penggagas dilaksanakannya Kongres HIMA KS Jabar (Himpunan Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Jawa Barat) pada Mei 2010
  • Tim Perumus AD/ART HIMA KS Indonesia dari Juni 2010 s/d Februari 2011
  • Menjadi utusan resmi mahasiswa STKS Bandung pada Kongres I FORKOMKASI (Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia) pada akhir Maret 2011
  • Menjabat Staf Divisi Public Relations FORKOMKASI tahun 2011-2012
  • Utusan mahasiswa STKS Bandung untuk mengikuti Kongres II FORKOMKASI di Makassar pada akhir Maret 2012
  • Menjadi utusan mahasiswa STKS Bandung untuk datang pada Rakornas II FORKOMKASI di Jember pada Mei 2012
  • Menjabat Staf Ahli Dewan Formatur (DF) FORKOMKASI Bidang Relasi Publik 2012-2013

#2 Fetty Familda (STKS Bandung ’10)

  • Diamanahi sebagai Kepala Divisi Pengabdian Masyarakat (Pengmas) FORKOMKASI Regional Jawa Barat 2012-2013
  • Menjadi utusan resmi dari BEM STKS Bandung untuk datang pada Rakornas II FORKOMKASI di Jember pada Mei 2012

#3 Ahdyani Romadhona (STKS Bandung ’10)

  • Menjadi utusan resmi dari BEM STKS Bandung untuk datang pada Kongres II FORKOMKASI di Makassar pada Maret 2012
  • Diamanahi sebagai Bendahara Umum FORKOMKASI Regional Jawa Barat masa kepengurusan tahun 2012-2013

#4 Devita Murni (STKS Bandung ’11)

  • Diamanahi sebagai Kepala Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) FORKOMKASI Regional Jawa Barat masa kepengurusan tahun 2012-2013

#5 Dyah Ayu Puspaningrum (STKS Bandung ’11)

  • Diamanahi sebagai Staf Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) FORKOMKASI Regional Jawa Barat masa kepengurusan tahun 2012-2013

Rakornas II FORKOMKASI kali ini diikuti oleh kurang lebih sebanyak 30 peserta dari 10 universitas/perguruan tinggi yang memiliki jurusan Peksos/Kessos se Indonesia. Karena keterbatasan anggaran dan adanya kendala-kendala di daerah, maka Pengurus Regional Papua, Sulawesi, Kalimantan, dan juga Jakarta tidak dapat hadir di sini. Daftar Pengurus Regional yang hadir antara lain:

#1 Regional Sumatera

  • Hanya diwakili oleh Dewan Formatur (DF) Sumatera, Mas Arif Rahman (Universitas Bengkulu)

#2 Regional Jawa Barat

  • STKS Bandung: 2 utusan
  • Universitas Langlangbuana Bandung: 6 utusan
  • Universitas Pasundan Bandung: 4 utusan
  • Universitas Padjajaran Bandung: 2 utusan

#3 Regional DIY

  • UIN Sunan Kalijaga: 4 utusan
  • Universitas Gajah Mada: 3 utusan
  • Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa: 4 utusan

#4 Regional Jawa Timur

  • Universitas Jember: 4 utusan+panitia
  • Universitas Muhammadiyah Malang: 4 utusan

Sebelum masuk pada acara Rakornas II FORKOMKASI, dilaksanakan Seminar Nasional pada hari Kamis, 24 Mei 2012 dengan tema “Peran Pekerja Sosial dalam Rangka Penanggulangan Korban Pasca Bencana”. Seminar Nasional ini menghadirkan:

  • Moderator: Eko Kurnia Saputra, S.Sos
  • Pembicara I: Wawan Setiawan, AKS dari BALKS (Badan Akreditas Lembaga Kesejahteraan Sosial) Kementerian Sosial RI dan IPSPI (Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia)
  • Pembicara II: Kris Hendrijanto, S.Sos., M.Si selaku Dosen Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP Universitas Jember
  • Pembicara III: Drs. Widi Prasetyo, M.Pd selaku Kepala Kesbangpolinmas Kota Jember, namun karena beliau berhalangan hadir, maka diwakili oleh Drs. Budianto, M.Si selaku Sekretaris Kesbangpolinmas

Ada hal menarik yang patut dicatat pada pembukaan seminar ini, yakni suntikan semangat dari Pembantu Dekan FISIP Universitas Jember. Beliau mengatakan bahwa Jurusan Ilmu Kesejahteraan itu adalah “Jurusan Masa Depan”. Beliau mengatakan hal tersebut karena beliau melihat di luar negeri sana, Profesi Pekerja Sosial (Peksos) itu sudah amat strategis dan punya bargaining position yang kuat. Belum lagi profesi ini memang lebih fokus kepada human capital, tidak lagi pada material capital. Kemudian yang lebih mengejutkan lagi (bagi saya yang seorang mahasiswa STKS Bandung), beliau mengatakan bahwa minimal mulai tahun depan, Praktikum dari Mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial ini separuhnya akan praktikum di negara Malaysia, dan kerjasamanya masih sedang berjalan. Woww, itu hal yang amat sangat luar biasa bagi saya. Kalo di STKS Bandung hanya untuk dosen-dosennya saja yang dikerjasamakan dengan universitas di luar negeri, tapi untuk mahasiswanya? Hm,, sepertinya ini menjadi bahan perenungan dan rekomendasi untuk Kampus STKS Bandung. Sudah saatnya mahasiswa di STKS Bandung itu diberdayakan, salah satunya dengan menghubungkan mahasiswa kepada sistem-sistem sumber baik bermuatan akademis maupun praktis di bidang Pekerjaan Sosial.

Rakornas dilaksanakan pada hari Kamis, 24 Mei 2012 bertempat di Ruang Sidang FISIP Universitas Jember semenjak pukul 13.30wib sampai dengan pukul 22.00wib. Adapun agenda dari Rakornas ini antara lain:

  • Sidang Rakornas dipimpin oleh Mas Agung Prastowo dan Mas Arif Rahman
  • Sidang Komisi Regional untuk membahas dan fixasi program kerja Pengurus Regional
  • Sidang Pleno hasil Rakerda/program kerja tiap pengurus regional
  • Pembahasan strategi nasional untuk FORKOMKASI 2012-2013

Program unggulan yang dibahas di dalam strategi nasional yaitu:

  1. Social Welfare School (Sekolah Kesejahteraan). Merupakan kegiatan kaderisasi kader militan FORKOMKASI untuk dapat mengemban amanah kepengurusan FORKOMKASI selanjutnya. Dilaksanakan oleh seluruh kampus yang ada Jurusan Peksos/Kessos. Minta delegasi masing2 dua orang. Asas: Dapat rekomendasi dari HMJ dan rekomendasi dari Pengurus FORKOMKASI di kampus tersebut. Tujuannya/Goal: 1)FORKOMKASI akan punya penerus; 2)FORKOMKASI akan ada ikatan struktural yang kuat, tidak hanya fungsional/profesional.
  2. Penyikapan isu sosial. Di sini terkait eksistensi FORKOMKASI untuk bekerja bersama-sama dengan stakeholder bidang Peksos/Kessos dalam bentuk pergerakan yang masif dan berdampak secara langsung kepada masalah/isu yang sedang disoroti.
  3. Penjajagan terkait replika dari Konsorsium Pekerjaan Sosial Indonesia (KPSI) atau Sekretariat Bersama. Baru memulai untuk membangun komunikasi yang intens minimal dengan Kepala Dinas Sosial setempat.

Demikian sedikit catatan yang dapat dibagi kepada kawan-kawan yang tidak sempat mengikuti Rakornas kali ini dan tentu saja untuk share kepada kawan-kawan Mahasiswa di seluruh Indonesia.

Salam hangat dan semangat selalu by Muhammad Joe Sekigawa, seorang Pembelajar Sepanjang Zaman who has a great dreams

Staf Ahli Dewan Formatur FORKOMKASI (Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia) Bidang Relasi Publik masa bakti 2012-2013

Selesai ditulis pada hari Jumuah sore, 25 Mei 2012 at 15.10wib @Pesisir Pantai Tanjung Papuma, Kota Jember, Jawa Timur

G A L L E R I E S

=

=

=

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: