FORKOMKASI Hadir dalam Rapat Koordinasi Persiapan ISCD di Yogyakarta

Bismillahirrohmaanirrohiim,,

Agenda ICSD (International Consortium for Social Development) Asia Pasific Conference 2012 yang akan dilaksanakan pada tanggal 27-30 Juni 2012 di Yogyakarta ini sudah semakin dekat waktunya, maka ISWC (The Indonesian Social Work Consortium)/KPSI (Konsorsium Pekerjaan Sosial Indonesia) sebagai pelaksana kegiatan mengundang seluruh panitia untuk rapat koordinasi terkait perkembangan kesiapan pelaksanaan kegiatan. Rapat yang digelar di ruang rapat lantai II Kantor Kementerian Sosial RI di Salemba itu dihadiri oleh anggota KPSI, dosen dari beberapa universitas yang menjalankan program Kesos dan tentu saja dari pihak Kementerian Sosial itu sendiri.

Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia (FORKOMKASI) juga turut hadir mengikuti rapat dan sebagai satu-satunya elemen mahasiswa. Ya, memang bisa dikatakan sebagai kemajuan yang luar biasa, dimana organisasi “grand father” kita ini sudah mulai mengakui akan adanya peranan penting mahasiswa dalam ikut serta mengangkat profesi Pekerja Sosial di mata masyarakat Indonesia, termasuk membumikan peranan kepada rakyat yang termarjinalkan.

Seharusnya yang patut menghadiri rapat ini adalah Mas Agung Prastowo dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta selaku Ketua DF FORKOMKASI, namun karena beliau berhalangan hadir, maka diutuslah Muhammad Joe Sekigawa selaku Staf Ahli DF FORKOMKASI Bidang Relasi Publik. Alhamdulillah, hadir juga di sana Mas Rizky Aldino dari Universitas Muhammadiyah Jakarta selaku Ketua PR DKI Jakarta FORKOMKASI untuk menemani mengemban amanah ini.

Rapat dipimpin langsung oleh Ibunda Dr. Kanya Eka Santi, MSW sebagai Ketua OC ICSD di Yogyakarta yang juga merupakan Ketua STKS Bandung. Ibu Kanya memulai membuka rapat dengan sedikit review, kemudian memaparkan hasil capaian STKS Bandung selaku pemegang otoritas dana APBN (anggaran) yang dikucurkan guna membiayai kegiatan bertaraf internasional ini. Kemudian dilanjutkan pemaparan dari Mbak Nurul Eka selaku Penanggung Jawab Kesekretariatan di Jakarta yang menjelaskan banyak hal terkait undangan peserta dari luar negeri, pengurusan website, dan lain-lain. Setelah itu diskusi pun berjalan mengalir dan berlangsung sangat seru.

Karena saking serunya, rencana pembahasan yang dijadwalkan selesai pada pukul 16.30wib molor hingga pukul 17.10wib. SC pun hanya mendapatkan jatah waktu 15 menit guna memaparkan pertimbangan dan strategi untuk menghadapi kendala maupun menyusun rencana kegiatan ke depan.

Terkait dengan peran FORKOMKASI dalam kegiatan ini, FORKOMKASI bertugas untuk membantu panitia pada acara SF (Student Forum). SF pada mulanya diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa jurusan Social Work/Welfare se Asia Pasifik untuk “manggung” terkait ide-ide cerdasnya demi kemajuan profesi serta solusi dari permasalahan sosial yang dihadapi di masing-masing negara. Namun karena pertimbangan beberapa hal, maka “panggung” ini jadinya hanya diperuntukkan bagi mahasiswa Indonesia jurusan Pekerjaan Sosial/Ilmu Kesejahteraan Sosial dengan syarat mengirimkan paper terlebih dahulu. Kuota untuk SF adalah sejumlah 75 mahasiswa dari seluruh Indonesia. Tiga orang pemakalah terbaik nantinya akan diberikan beasiswa oleh Yayasan Demandiri terkait pembiayaan uang kuliah.

Student Forum (SF) direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni bertempat di Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, karena itu, kawan-kawan FORKOMKASI di UIN Yogya dan sekitarnya akan bekerja bersama untuk mensukseskan “hajatan” mahasiswa Kessos se Indonesia ini.

Demikian yang dapat disampaikan, semoga ada manfaatnya dan tidak lupa. . .

NB: Notulensi rapat telah dikirimkan langsung kepada Mas Agung Prastowo selaku Ketua DF FORKOMKASI

Salam hangat dan Semangat selalu by Muhammad Joe Sekigawa, seorang Pembelajar Sepanjang Zaman who has a great dreams

Staf Ahli DF FORKOMKASI (Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia)

Bidang Relasi Publik 2012-2013

Selesai ditulis pada hari Selasa pagi, 15 Mei 2012 at 06.05wib @Kamar Kostan, Dago Pojok, Bandung-Jawa Barat

=

Comments
7 Responses to “FORKOMKASI Hadir dalam Rapat Koordinasi Persiapan ISCD di Yogyakarta”
  1. Ricky Adam says:

    Assalamualaikum mas joko sehat , dari sahabat lamamu di kost pertama ^_^

  2. Ricky says:

    Assalamualaikum mas joko sehat , dari sahabat lamamu di kost pertama ^_^

  3. adhy says:

    assalaumu alaikum wr.wb.
    kapan adakan rakernas forkomkasi lagi…?

    syukron,,

  4. Fadly (SADAYOSHI YANAGIMOTO) says:

    Assalamualaikum. Joko, untuk icsd SF-nya ada kabar lagi ga? untuk akomodasi penginapan masih ditanggung panitia ataukah peserta? terus untuk peserta yang telah confrmasi adakah pengumumannya atau tdk?

    -Salam Semangat-
    -Syukran-

    • Wa’alaikumsalam wr.wb

      Kata Ketua FORKOMKASI, awal Juni ini baru akan ada pertemuan SC dengan OC SF, tunggu kabarnya ya,, tapi insyaAllah teman2 FORKOMKASI Regional Jogja siap memfasilitasi penginapan kok,, Tanggal 25 Juni akan diumumkan siapa yang nanti presentasi (Juara 1, 2, dan 3)

      Owh iya, saya mau mengajak Fadly berkiprah di FORKOMKASI Jawa Barat nich, gimana? ^_^

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: