Inspirasi dari Seorang Mantan Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Bismillahirrohmaanirrohiim,,,

Segala puja dan puji syukur saya haturkan ke hadirat Allah Azza wa jalla atas segala keberkahan dan kelimpahan nikmat yang tiada tara dan tak terhingga. Sholawat serta salam senantiasa tercurahlimpahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, kepada keluarga, kepada para sahabat, tabi’it dan tabi’in, para ulama serta bisa sampai kepada kita selaku umatnya hingga akhir zaman nanti. Aamiinn.

Betapa saya tidak bersyukur karena pada kesempatan kegiatan kali ini di Jakarta, saya dipertemukan dengan orang biasa bernama Mas Hatta. Beliau adalah seorang ayah dari 3 orang anak yang anak pertamanya saat ini sedang kuliah Jurusan Kedokteran di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Apanya yang spesial? Owh iya, beliau adalah seorang PNS alias Pegawai Negeri Sipil. Lowh, lalu  apa masalahnya? Yang sangat sangat menarik bagi diri saya adalah bahwa pada kenyataannya beliau resign (baca: mengundurkan diri) dari status Pegawai Negeri Sipil setelah mengabdi selama 15 tahun. Bisa Anda bayangkan Sahabat? Jawaban dari mulut saya hanya dua kata, LUAR BIASA ^_^

Ini adalah suatu hal yang amat luar biasa bagi diri saya pribadi. Saya yang hingga detik kemarin (beberapa waktu sebelum berbincang dengan Mas Hatta) sama sekali tidak terbesit di dalam pemikiran untuk menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil, tiba-tiba Allah mempertemukan saya dengan beliau yang sungguh begitu hebatnya. Sebuah pilihan yang amat sangat berani setelah sekian lama mengabdi untuk bangsa dan negaranya. Lalu apakah beliau ini sudah bosan mengabdi untuk masyarakat di sekitarnya? Owh tentu saja tidak demikian Kawan. Coba kita buka perspektif yang lebih luas ketika memandang suatu fenomena yang kita tangkap dengan kasat mata. Saya yakin, seorang akademisi yang baik adalah ia yang menggunakan segala potensi dalam dirinya untuk memutuskan sesuatu secara berimbang dan berdasarkan ilmu pengetahuan.

Pertentangan-pertentangan pasti beliau rasakan. Yang paling berat adalah pertentangan dari pihak keluarga seperti isteri, saudara, orang tua dan lain-lain. Tetangga sekitar tidak begitu diperdulikan meski terkadang hingga sampai menjurus kepada hal yang berbau fitnah. Apalagi lingkungan di sekitar beliau waktu itu selalu mendoktrin bahwa melepaskan status pegawai negeri pada intinya adalah melepaskan segala kenyamanan-kenyamanan yang selama ini sudah didapatkan kemudian masuk kepada hutan belantara nun gelap tanpa tahu bisa makan apa untuk esok hari. Tetapi, Mas Hatta ini sangat luar biasa sekali. Beliau merasa mantap dengan keputusannya dan sangat yakin bahwa pintu rizki Allah tidak hanya dari Pegawai Negeri Sipil saja. Masih banyak skill lain yang bisa beliau kembangkan untuk menjemput rizki itu.

Man Jadda wa Jadda. Allah memang Maha Adil. Seorang ayah yang sudah melangsungkan ibadah haji pada tahun 2009 silam tersebut merasa mendapatkan kembali gairah hidupnya. Allah memudahkan jalan panjangnya dengan mempertemukan beliau dengan orang-orang hebat yang bermental kesatria, tak takut melangkah dengan visi ke depan, meski pencapaian dari visi tersebut masih tanda tanya. Tapi bukankah masa depan itu akan selalu tanda tanya? Jika kita merasa kita dapat mengetahui keadaan kita esok hari, maka sudah masuk pada syirik, dan syirik itu adalah dosa yang tidak diampuni oleh Allah Subhanahu Wata’ala. Na’udzubillahi min dzalik.

Mas Hatta, Pak Wakhid, Pak Rahman, Bang Arde, Pak Sugiantoro, Kang Ade Reno, Pak Tata Sudrajat, Pak Margiono, dan masih banyak lagi deretan-deretan nama yang menginspirasi saya untuk tetap berjalan di atas pemahaman ini. Yakni, tetap bersemangat menjemput rizki dari Allah dari jalan swasta (non Pegawai Negeri Sipil). InsyaAllah, masa depan tak terprediksikan, namun di situlah tantangannya. Saya bisa saja membuat desain kesuksesan saya sendiri yang pada intinya hanya bisa diperjelas dengan dua hal. Berani mengambil resiko atau berdiam diri di zona aman. Dan diri saya adalah ORANG YANG BERANI MENGAMBIL RESIKO ^_^

Waaahhh,, Bertemu dengan Mas Hatta menjadikan semangat juang saya semakin meletup-letup. Saya berbahagia sekali karena merasa sudah benar mengambil track ini. Ke depannya, akan semakin memperluas jejaring, meningkatkan skill pribadi, dan tidak lupa selalu menjadi salah satu penyangga tegaknya dakwah hingga akhir hayat.

Salam hangat dan semangat selalu by Muhammad Joe Sekigawa, seorang Pembelajar Sepanjang Zaman who has a great dreams

An Undergraduate Student of Bandung College of Social Welfare (BCSW), Department of Social Rehabilitation 2008

Selesai ditulis pada Sabtu sebelum maghrib, 17 Maret 2012 at 18.10wib @Kantor EO PULIH, Jagakarsa-Jakarta Selatan

Dipublikasikan secara terjadwal otomatis pada hari Senin pagi, 19 Maret @07.00wib @Neru Net, Dago Pojok, Bandung-Jawa Barat

Comments
6 Responses to “Inspirasi dari Seorang Mantan Pegawai Negeri Sipil (PNS)”
  1. ms says:

    menginspirasi sekali. saya semakin yakin bahwa rezeki tidak hanya di jalur pns tetapi Allah sudah mengatur rezeki dimanapun bidang pekerjaan yg kita ambil selama masih dijalur halal

  2. angsoy says:

    pembelajaran apa yang bisa diambil?

  3. agustin says:

    Subhanalloh, menjadi orang luar biasa memang memerlukan semangat dan perjuangan yang luar biasa pula. Terus terang, Bapak saya adalah pensiunan PNS dan Ibu saya selalu menginginkan saya menjadi PNS pula. Namun, sejak dulu-dan sampai sekarang pun masih-saya enggan menuruti keinginan Beliau. Saya yakin bahwa rizqi itu 100% Alloh yg menjamin.

    • Hmm,,, Membantah orang tua itu memang tidak baik, namun, coba Ukh Agustin jelaskan secara baik-baik dan penuh kelembutan mengenai pandangan Ukh Agustin sendiri. InsyaAllah orang tua akan terus selalu mendukung hal yang baik bagi anaknya….

      Tetap semangat ya, jalan memang tak akan selalu mulus, namun di sanalah perjuangan kita dapat diukur,,,, ^_^

      Salam hangat dan semangat selalu

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: