Ujian Sidang Praktikum III Rehsos Family 2008 (The Last Generation)

Bismillahirrohmaanirrohiim,,,

Alhamdulillah, akhirnya selesai juga dilaksanakan Ujian Sidang Praktikum III Jurusan Rehabilitasi Sosial (Rehsos) angkatan 2008 di Kampus STKS Bandung pada hari Jum’at, 09 Maret 2012 mulai pukul 08.30 wib – 16.00 wib. Ujian sidang praktikum ini merupakan ujian sidang terakhir sebelum pada akhirnya melaksanakan ujian sidang KIA yang nantinya dinyatakan layak mendapatkan gelar Sarjana atau tidak. Perlu diketahui bahwa Praktikum I Rehsos berada pada setting masyarakat untuk mengenal dan memahami PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial) dan PSKS (Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial), Praktikum II Rehsos berada pada setting masyarakat juga dengan tugas utama membentuk Tim RBM (Rehabilitasi Sosial Berbasis Masyarakat), serta Praktikum III Rehsos ini berada pada setting Institusi/lembaga pemberi pelayanan kesejahteraan sosial kepada masyarakat.

Saya sendiri kali ini diuji di ruang ujian I yang terletak di Gedung Selatan STKS Bandung lantai II dengan dosen penguji Ibu Dra. Nurhayani Lubis, SH dan Bapak Moch Zaenal Hakim, Ph.D disertai dosen pembimbing yaitu Bapak Dr. Jumayar Marbun, M.Si.

Tak terasa menunggu sejak pukul 08.30wib, nama saya pun dipanggil oleh Mas Hendri selaku notulen pada ujian sidang kali ini, waktu di layar handphone-ku menunjukkan pukul 10.40wib. Sesaat setelah dipanggil, ada rasa deg-degan di dalam dada. Namun beberapa menit kemudian, diri mulai tenang dan bersikap siap untuk menghadapi ujian. Dr. Marbun mempersilahkan saya untuk memaparkan apa yang telah dilakukan di LAPAS Anak Pria Tangerang selama kurun waktu 3 menit saja. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi diskusi tanya jawab oleh Moch Zaenal Hakim, Ph.D dan Dra. Nurhayani Lubis, SH. Diawali oleh Pak Jejen (panggilan akrab Moch Zaenal Hakim, Ph.D) dengan meminta saya menceritakan mulai dari intervensi hingga terminasi klien. Bu Nurhayani Lubis pun menambahi beberapa hal seperti sistematika penulisan di Bab III yang masih perlu diperbaiki kembali, serta beberapa penulisan yang harus dibenarkan. Wuuiihhh, tak terasa karena saking semangatnya bertanya jawab dengan Pak Jejen dan Bu Lubis, hingga suara lantunan ayat suci dari masjid Al Ihsan STKS Bandung pun berkumandang tanda akan segera dimulai Sholat Jum’at. Para penguji pun dengan segera menyudahi diskusi kali ini dan saya pun keluar dari ruangan sidang tepat pukul 11.40wib. Hmm, sejam seperti baru sepuluh menit saja he he he.

Terima kasih Pak Jejen dan Bu Lubis yang sudah habis “membantai” saya hohohoho 😀 (bercanda dink). Tentunya segala masukan tersebut akan semakin membuat “cantik” laporan hasil praktikum III saya itu. InsyaAllah akan saya kerjakan dengan sungguh-sungguh ^_^

Treng treng tereng reng treng,,,, Suara dering HP-ku tanda ada pesan masuk. Ternyata dari Mbak Lilisari Ramadhani yang mengumumkan bahwa nanti sore ba’da Ashar akan ada sesi foto bareng Rehsos Family 2008. Ok dech, ba’da Sholat Jum’at insyaAllah akan bertahan dan ngendon di Labkom hingga waktu Ashar tiba nanti.

Salam hangat dan semangat selalu by Muhammad Joe Sekigawa, seorang Pembelajar Sepanjang Zaman who has a great dreams

An Undergraduate Student of Bandung College of Social Welfare (BCSW), Department of Social Rehabilitation 2008

Staf Divisi Pendidikan dan Penelitian HIMA (Himpunan Mahasiswa) REHSOS STKS Bandung masa bhakti 2010-2012

Selesai ditulis pada hari Jum’at malam, 09 Maret 2012 at 19.52wib @Kamar Kostan, Dago Pojok-Bandung, Jawa Barat

Dipublikasikan pada hari Jum’at malam, 09 Maret 2012 at 23.30wib @Pojok Net, Dago Pojok-Bandung, Jawa Barat

G A L L E R I E S

===

===

===

===

Comments
3 Responses to “Ujian Sidang Praktikum III Rehsos Family 2008 (The Last Generation)”
  1. mantaaaap mas joko…. hhaha.. 😀

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] saya memacu kaki agar lebih cepat sampai di angkot. Betul, keesokan harinya saya harus mengikuti Ujian Sidang Praktikum III Rehsos di Kampus STKS Bandung. Dari depan kantor Kementerian Sosial saya menaiki angkot menuju Kampung Melayu, kemudian ke Pasar […]



Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: