Menjadi Pemateri Pekerjaan Sosial di Hadapan Praja IPDN di Kampus STKS Bandung

Bismillahirrohmaanirrohiim,,,

Sore itu seusai agenda kegiatan SSWD (Scientific Social Work Discussion) # 9 dengan tema “Kritis vs Apatis Mahasiswa STKS Bandung” di kampus bersama Muhni, tiba-tiba HP yang saya simpan di kantong celana bordering tanda ada panggilan masuk. Setelah saya angkat, ternyata itu panggilan telepon dari Menteri Pendidikan BEM STKS Bandung yang meminta bantuan kepada saya agar bersedia menjadi salah satu pemateri untuk memaparkan mengenai Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial di hadapan 25 praja IPDN Jatinangor. Hmm,, dengan berpikir sejenak, well, rasanya menarik, saya terima tawaran itu.

Jumuah, 25 Februari 2012 ba’da maghrib kami berkumpul di Foodcourt STKS Bandung, di sana hadir Wapresma BEM STKS Bandung, Menteri Pendidikan BEM beserta staf, Muhni, serta saya dan Dzikri selaku pemateri untuk menyambut kawan-kawan dari IPDN keesokan harinya. Di sana dijelaskan ulang mengenai akan datangnya 25 praja IPDN yang merupakan Dinas Kesejahteraan Sosial BEM IPDN. Mereka akan belajar mengenai Kessos dan Peksos dari STKS Bandung yang nantinya akan diambil ilmu dan manfaatnya untuk program kessos di IPDN sana. Setelah berbincang cukup lama, maka disepakati Dzikri Insan membawakan materi Konsep Kesejahteraan Sosial dan Muhammad Joe Sekigawa membawakan materi Profesi Pekerjaan Sosial.

Sesuai jadwal yang sudah disepakati, maka kegiatan akan dimulai pada hari Sabtu, 26 Februari 2012 sejak pukul 10.00wib sampai dengan selesai. Namun, ternyata ke-25 praja IPDN ini amat sangat rajin, pukul 9.15wib mereka sudah sampai di lokasi, padahal teman-teman BEM STKS masih belum cukup persiapan. Iya, memang cukup disayangkan karena informasi yang diterima dari pihak BEM pun baru hari Jum’at sore, tepat sehari sebelum kedatangan kawan-kawan dari IPDN. Alhasil BEM pun tak sempat mempersiapkan banyak hal, termasuk hal teknis semisal ruangan, LCD, fotokopi materi, konsumsi, dan sebagainya.

Bersyukur karena Presma kita sudah standby sejak pukul 09.30wib, maka penyambutan pun sudah dapat mulai dilangsungkan. Dengan gaya Presma yang tak hanya hangat namun juga humoris, maka perbincangan diantara kedua anak didik Perguruan Tinggi Kedinasan ini pun dapat berjalan lancar dan berkesinambungan. Hal ini bagus sehingga bisa memolorkan waktu sambil menunggu semua kesiapan teknis yang saat itu sedang trouble hingga LCD tak dapat digunakan.

Dzikri Insan mendapatkan giliran pertama untuk memaparkan tentang konsep Kesejahteraan Sosial. Ini yang paling menyakitkan, LCD tidak mau menyala, materi pun belum sempat difotokopi. Para praja hanya bisa membuka telinga labar-lebar karena hanya itu yang dapat mereka lakukan. Alhamdulillah di tengah-tengah perjalanan LCD pun sudah menyala, dan materi pun sudah difotokopi dan disebarkan kepada kawan-kawan dari IPDN tersebut. Bagus lah, presentasi menjadi tidak membosankan lagi.

Setelah presentasi dari Dzikri selesai, maka langsung dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Yang cukup menggembirakan, ternyata memang para praja IPDN ini sangat bersemangat sekali untuk menimba ilmu di STKS Bandung ini. Beragam pertanyaan pun dilontarkan oleh mereka dengan dasar pemahaman ilmu pemerintahan. Mix antara ilmu pemerintahan dengan ilmu kesejahteraan tentu saja dapat menelurkan teorema baru dalam rangka memberikan solusi masalah sosial yang sangat marak di Indonesia.

Tibalah saatnya Muhammad Joe Sekigawa tampil ke depan membawakan materi “A Social Work Profession”. Namun sebelumnya, panitia sudah membisiki kalo sebaiknya ada ice breaking agar para peserta tidak mengantuk, apalagi memang saat itu sudah menginjak lewat pukul 11 siang. Maka dipilihkan ice breaking konsentrasi memegang kepala, kuping, hidung, dan dagu. Instruksi diberikan secara cepat dan juga acak. Jika tidak berkonsentrasi, maka hasilnya peserta akan kebingungan mengikuti instruksi. Dan ternyata, para praja IPDN ini memang luar biasa, mereka masih 99% konsen.

Saya cukup paham bahwa kawan-kawan IPDN tidak akan paham jika saya terlalu rumit dalam menjelaskan, maka baik dari segi materi presentasi maupun tata cara penyampaian saya buat sedemikian simple nya sehingga mudah dipahami dan dimengerti oleh orang awam sekalipun. Terbukti ini sangat efektif dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan kepada saya ketika sesi tanya jawab. Alhamdulillah, semua pertanyaan dapat saya jawab dan semua jawaban mendapatkan pengakuan “puas” dari para penanya-nya.

Setelah learning session selesai, maka ada penyerahan kenang-kenangan berupa plakat dari Dinas Kesejahteraan Sosial BEM IPDN untuk diserahkan kepada BEM STKS Bandung. Setelah itu kami pun beranjak ke bawah untuk melakukan foto bersama dengan latar tulisan dan logo STKS Bandung.

Inilah kami, persahabatan dua anak didik Perguruan Tinggi Kedinasan. Semoga dapat menjadi sebuah cikal bakal yang mesra atas hubungan di dunia pekerjaan yang nyata di masa depan. Mari, eratkan persatuan, basmi korupsi bersama-sama (ini salah satu idealisme mahasiswa kedinasan yang patut dipupuk hingga tumbuh subur) ^_^

NB: Materi presentasi dari Dzikri dan Joe dapat didownload di bawah ini ya.

#1 Konsep Dasar Kesejahteraan Sosial by Dzikri Insan

#2 A Social Work Profession by Muhammad Joe Sekigawa

Salam hangat dan semangat selalu by Muhammad Joe Sekigawa, seorang Pembelajar Sepanjang Zaman who has a great dreams

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) ITB-STKS Bandung

Anggota Staf Public Relations FORKOMKASI (Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia)

Selesai ditulis pada Senin siang, 27 Februari 2012 at 14.05wib @Labkom STKS Bandung

Dipublikasikan pada Selasa siang, 28 Februari 2012 at 13.50wib @Pojok Net, Dago Pojok, Bandung

G A L L E R I E S

===

===

Comments
7 Responses to “Menjadi Pemateri Pekerjaan Sosial di Hadapan Praja IPDN di Kampus STKS Bandung”
  1. Al says:

    mantappp…IPDN bljar ke STKS..
    smga STKS makin eksis!!!

  2. bukanperantau says:

    Anak IPDN wah… kalo Team 5 kunjungan exclusive gimana ?? 😀

  3. anandakenzo says:

    saya alumni stks juga,angkatannya lebih dulu dari anda, saya baru liat ada blog ini.
    I dont know what to say..but great job and hope you re success..

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: