Seminar Hasil Penelitian Hibah Bersaing Mahasiswa STKS Bandung 2011

Bismillahirrohmaanirrohiim,,

Pada hari Selasa siang tanggal 08 November 2011 kemarin telah dilaksanakan Seminar Hasil Penelitian Hibah Bersaing Mahasiswa STKS Bandung yang berlangsung di Lt. II Ruang Pertemuan Ketua STKS Bandung. Kegiatan berlangsung selama mulai dari pukul 13.30wib sampai 15.30wib. Seminar ini dihadiri oleh dua kelompok peneliti dari Diploma IV (Jurusan Rehsos dan PSM) dan dua kelompok dari Spesialis 1 (Spesialis Komunitas dan Spesialis Klinis).

Pengujinya adalah dari dua orang “kondang” dalam masalah penelitian. Mereka adalah beliau Prof. Engkus Suwarno, MS yang S2 di UNPAD dan S3 di UPI, dan juga Dr. Juang Sunanto, Ph.D yang S2 dan S3 nya di Tsukuba University, Japan. Ruuuaarrrrr Biasa,,,!!!! ^_^

Adapun hasil penelitian yang diseminarkan adalah berurutan sebagai berikut ini:

Diploma IV STKS Bandung

Jurusan Pengembangan Sosial Masyarakat dengan peneliti Danang Sugiatmoko (08.04.085) dan Harmanto (08.04.140): “Solidaritas Sosial Antar Pekerja Migran Suku Bangsa Jawa di PT. Kahatex Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang

Jurusan Rehabilitasi Sosial dengan peneliti Joko Setiawan (08.04.100) dan Akbar Prayuda (08.04.155) dibantu oleh pembantu peneliti Ocktina Ariyanti: “Relasi Sosial Antar Anak Pidana di Rumah Tahanan Negara Kelas I Bandung

Spesialis 1 STKS Bandung

Spesialis Komunitas dengan peneliti Suwarni dan Mardhotillah: “Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Astra Honda Motor dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin di Desa Danau Indah Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi Jawa Barat

Spesialis Klinis dengan peneliti Makmun Rois (10.01.011) dan Raita Kurnia Dewi (10.01.033): “Perlindungan Hukum Terhadap Hak-Hak Anak dalam Proses Penyidikan Kepolisian

Hmm,,, mengenai pengalaman selama presentasi. Sebenarnya bagi saya pribadi tidaklah begitu menegangkan, mungkin karena memang sudah terbiasa presentasi ya. Atau memang karena ditunjang juga bahwa pada saat presentasi proposal penelitian pun adalah beliau berdua (Prof Engkus dan Dr. Juang) yang memberikan penilaian, so paling tidak sudah kenal lah he he he ^_^

Hanya saja, memang diakui, begitu banyak revisi-revisi yang menjadi masukan bagi keempat panelis. Mulai dari korelasi judul dengan hasil penelitian, penulisan pengolahan data, hingga keshahihan dalam pengumpulan data di lapangan.

Ada beberapa catatan yang sempat saya tulis, yaitu:

Prof. Engkus Suwarno, MS

  • Sebutkan secara tegas mengenai metode penelitian apakah itu Post Positivisme atau Kualitatif? Karena ada juga ahli lain yang menyebutkan Post Positivisme itu ya Positivisme itu sendiri. Jadi, selain tegas, juga sebutkan sumber rujukannya agar tidak salah menilai.
  • Untuk penelitian berkenaan dengan CSR, akan lebih tepat dan juga menarik jika yang diteliti adalah mengenai efektivitas program CSR yang sudah dilaksanakan. Dengan begitu akan dapat dimanfaatkan oleh multi pihak, yaitu peneliti, perusahaan dan juga masyarakat.
  • Yang namanya studi kasus itu menampilkan suatu hal yang unik. Karena tradisi Studi Kasus adalah memunculkan hal-hal yang unik daripada studi deskriptif.

Dr. Juang Sunanto, Ph.D

  • Case study itu yang menjadi pokok utama adalah kasusnya, bukan pada informan nya, namun kebanyakan peneliti muda ini belum begitu memahami betul mengenai hal itu.
  • Latar belakang masalah haruslah benar-benar singkron dengan rumusan masalah. Jadi jangan membuat latar belakang yang begitu “dahsyat” namun di rumusan masalahnya malah menjadi sangat sederhana sekali.
  • Eksplorasi tidak akan menjadi apa-apa jika dari sana tidak didapatkan apa-apa. Nah, harusnya penelitian kualitatif itu memberikan jawaban secara konstruktif. Misalnya, seorang peneliti menemukan tangan, kaki, kepala, dan bisa merangkainya menjadi sebuah bentuk utuh dari tubuh manusia.
  • Buatlah bangunan (konstruksi pemahaman) sesederhana apapun dari fakta-fakta yang tersingkap.
  • Haram hukumnya melihat/mencontoh karya orang lain. Menyadur dengan hanya melihat daftar isi dari si laporan orang lain tanpa mau melihat sumber dari buku aslinya.

Ya, demikianlah satu cerita Seminar Hasil Penelitian yang bisa saya bagikan. Tentu ini bukanlah sesuatu hal yang luar biasa, namun saya sangat yakin bahwa cerita sederhana ini akan bisa memacu para generasi-generasi muda selanjutnya untuk terus berkarya, khususnya dalam hal penelitian bidang Pekerjaan Sosial. ^^

Salam hangat dan semangat selalu by Muhammad Joe Sekigawa, seorang Pembelajar Sepanjang Zaman who has a great dreams

Undergraduate Student of Bandung College of Social Welfare (BCSW), Department of Social Rehabilitation 2008

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) STKS Bandung

Selesai ditulis pada Sabtu pagi, 12 November 2011 at 06.30wib @Kamar Kostan, Dago Pojok-Bandung, Jawa Barat

Dipublikasikan pada Sabtu pagi, 12 November 2011 at 07.30wib @Pojok Net, Dago Pojok-Bandung, Jawa Barat

G A L L E R I E S

===

===

Comments
6 Responses to “Seminar Hasil Penelitian Hibah Bersaing Mahasiswa STKS Bandung 2011”
  1. sartika says:

    sukses sllu bwt anak STKS……. ^_^

  2. Nisa says:

    Wah, anak KAMMI juga tho rupanya, bergerak tuntaskan perubahan.

    Selamat bekerja dan berkarya mas joe..

  3. aslm, mas joeee…!!!
    wehehehe..
    akhirnya saya mampir minum di sini..

    rehabilitasi sosial biasanya menangani apa, mas?

    • Wa’alaikumsalam salam warahmatullahi wabarakaatuh Mas Algrist ^_^

      Hatur nuhun sudah berkenan “menclok” di sini ya Mas,,,

      Rehabilitasi Sosial itu lebih pada penanganan klien dengan lingkungan sosialnya,,,

      Misalkan: Orang berkebutuhan khusus (difable), kita sebagai Peksos berusaha untuk membantu pemulihan (rehabilitasi) kondisi orang tersebut untuk berinteraksi kembali dengan masyarakat di sekitarnya, membangun kepercayaan diri klien dan juga mengedukasi lingkungan agar tidak memberikan stigma/diskriminasi kepada klien tersebut.

      Mas, dalam dunia rumah sakit, Peksos Medis berpartner dengan dokter, bekerja sama untuk pemulihan kondisi kesehatan dan sosial klien tersebut.

      Di Bandung sendiri, telah ada Peksos medis di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), RS. Borromeus, dsb

      Semoga penjelasan singkat ini dapat mencerahkan ^_^

      Salam hangat dan semangat selalu

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: