Sekedar Menceritakan Aktivitas Kehidupan yang Terus Berputar Tanpa Henti

Bismillahirrohmaanirrohiim,,

Beberapa momen penting telah ana lewatkan dan tak sempat menuliskannya hingga detik ini. Sayang memang, tapi mau bagaimana lagi. Pada kenyataannya memang anak tak mampu menuliskannya satu per satu. Karena itulah, pada postingan kali ini, ana akan merangkum segala kegiatan dan aktivitas yang telah ana lalui beberapa waktu ini. Baiklah, mari kita menyusuri dan menyelami kehidupan Sang Bocahbancar, seorang Pembelajar Sepanjang Zaman.

Selasa, 04 Oktober 2011: Bhakti Sosial Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia (FMKI)

Bhaksos FMKI ini berlangsung dengan sangat meriah. Adapun tema yang diusung adalah mengenai anak jalanan, “It’s time for the street children to speak out”. Acara ini dihadiri pula oleh kawan-kawan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) lain yang tergabung dalam FMKI seperti: STAN Tangerang, STSN Bogor, STPN Jogja, AIM Tangerang, AMG Tangerang, STEM Cepu, STT Tekstil Bandung, dan masih banyak lagi. Dalam acara ini diadakan lomba menggambar para anak jalanan yang pesertanya merupakan anak-anak dampingan Child Care Community (3-C) dari Kampung 200 dan Djunjunan. Cukup seru pokoknya melihat anak-anak jalanan berkreasi mewarnai dan menggambar dan juga untuk usia remaja mengikuti lomba band.

Jum’at, 07 Oktober 2011: Menjalin Relasi Kelembagaan dengan Pemkab Bandung

Karena ana tergabung di Tim KerLiP-Arjasari, maka salah satu tugas ana adalah mengurus surat-surat perizinan dan menjalin relasi kepada lembaga-lembaga pemerintah di Kabupaten Bandung. Hari Jum’at ini ana mengurus Surat Keterangan dari Kesbangpolinmas Kabupaten Bandung yang sebelumnya sudah harus mengurus di Kesbangpolinmas Provinsi. Setelah dapat dari Kesbangpolinmas Kabupaten Bandung, melanjutkan ke Badan Perencanaan dan Pambangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pendidikan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Hmm, capek sich iya, tapi seru.

Jum’at, 07 Oktober 2011: Diskusi rutin Scientific Social Work Discussion (SSWD) #4

Pada diskusi kali keempat ini, SSWD mengambil tema Peran Pekerja Sosial di masyarakat dibandingkan profesi lain. Cukup seru meski hanya 6 orang, sama sekali tak mengurangi semangat dan antusias yang luar biasa. Bahkan, di tengah-tengah diskusi, kami sempat “membajak” 3 orang dosen untuk ditanya-tanya berkenaan dengan tema yang sedang kami bahas.

.

Sabtu, 08 Oktober 2011: Pelatihan Penilaian Kerentanan Bangunan Sekolah

Tibalah saatnya untuk memberikan pelatihan kepada adik-adik SMA/K Bhakti Nusantara tentang Penilaian Kerentanan Bangunan Sekolah. Ya, acara ini adalah salah satu kegiatan yang merupakan rangkaian dari Program Membangun Lingkungan yang lebih Aman Melalui Sekolah dan Masyarakat Tim KerLiP-Arjasari.

Sabtu, 08 Oktober 2011: Wisuda Mahasiswa STKS Bandung angkatan 2007

Maksud hati memeluk gunung, apa daya tangan tak sampai. Mungkin itulah peribahasa yang tepat untuk menggambarkan keadaan ana ini. Di hari Sabtu ini pula dilangsungkan Wisuda Mahasiswa STKS Bandung angkatan 2007. Ingin rasanya dapat hadir menyaksikan hari bahagia mereka, banyak kenangan dan teladan-teladan yang mampu memberikan warna dalam kehidupan kampus ana. Tapi, ya itulah. Antara tanggung jawab pekerjaan (bersama KerLiP) dan hari bersejarah tersebut. Pada akhirnya, ana tak dapat menghadiri wisuda kakak kelas tahun ini.

Minggu, 09 Oktober 2011: Diskusi Kajian Strategis KAMMI tentang KPK vs DPR

Awalnya dulu ana sangat anti terhadap yang namanya politik, pokoknya bawaannya apatis dech, tak mau tahu menahu. Tapi sekarang beda, membicarakan hal tersebut bukanlah tabu, melainkan tanggung jawab moral kita sebagai Pemuda Pemimpin Perubahan. Ketahuilah apa cacatnya, dan berikan solusi riil untuk kemajuan bangsa dan negara ini. Allahu Akbar!!!!

Senin, 10 Oktober 2011: Halaqah-Tarbiyah membina generasi pengemban dakwah

Tarbiyah sendiri memiliki arti luas yakni pembelajaran/pendidikan. Tarbiyah yang ana maksud adalah pembelajaran lebih dalam mengenai Islam dengan segala seluk beluknya. Belajar Islam itu harus secara sistematis, tak bisa parsial dan pada akhirnya diri kita akan menjadi manusia-manusia penerus risalah, yakni mengemban dakwah Islam hingga akhir zaman. InsyaAllah

Selasa, 11 Oktober 2011: Aksi turun ke jalan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI)

This is my first Aksi turun ke jalan. Awalnya ana juga sangat antipati terhadap aksi-aksi turun ke jalan ini. Namun tak bisa lagi begitu. Mahasiswa harus mengambil peran, dan memang itulah yang dapat dilakukan ketika suara-suara ini disepelekan dan diacuhkan, padahal suara ini adalah suara rakyat yang diperdengarkan kepada para penguasa. Aksi hari ini adalah terkait dengan Pernyataan Sikap KAMMI Wilayah Jawa Barat atas akan disahkannya RUU Intelijen yang ditengarai sangat rentan untuk menjadikan penguasa layaknya rezim Orde Lama yang banyak menculik, memenjarakan hingga membunuh para aktivis-aktivis yang senantiasa berpihak kepada kebenaran.

Selasa, 11 Oktober 2011: MK #2 membentuk Pemuda Pemimpin Perubahan

MK merupakan aktivitas wajib bagi para kader KAMMI untuk membentuk Pemuda Pemimpin Perubahan masa depan yang madani dan berkeadilan.

Rabu, 12 Oktober 2011: Festival Sekolah Aman dan Diskusi Akuntabilitas LSM bersama Humanitarian Forum Indonesia (HFI)

InsyaAllah esok hari akan berangkat ke Jakarta dalam rangka menghadiri Festival Sekolah Aman, kemudian siangnya harus berpindah hotel untuk menghadir Diskusi Akuntabilitas LSM bersama Humanitarian Forum Indonesia (HFI).

Rabu, 12 Oktober 2011: Wawancara dengan alumni STKS Bandung jebolan S2 Amerika

Malam harinya telah ana rencanakan dan membuat janji wawancara terkait penyusunan “The Book of Dreams” pula dengan salah satu alumni STKS Bandung yang dulu mendapat beasiswa S2 bidang Social Work di Amerika. InsyaAllah ana akan menginap di tempat beliau.

Kamis, 13 Oktober 2011: Silaturahmi ke rumah Bunda Nina di area Panti Sosial Karya Wanita (PSKW) Jakarta

Telah ana jadwalkan juga pada lusa-nya, ana akan bersilaturahmi ke rumah Bunda Nina, Ibu angkat yang saling kenal melalui dunia maya. Beliau adalah salah satu PNS di wilayah Panti Sosial Karya Wanita (PSKW) Jakarta milik Kementerian Sosial RI.

Demikianlah sedikit berbagi dan juga bercerita mengenai aktivitas yang ana lakukan selama menjalani kehidupan perkuliahan di Bandung. Semoga ada petikan-petikan hikmah yang dapat diambil.

Salam hangat dan semangat selalu by Muhammad Joe Sekigawa, Mahasiswa sebagai Pemuda Pemimpin Perubahan di Masa Depan

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) STKS Bandung

Selesai ditulis pada Selasa malam, 11 Oktober 2011 at 23.15wib @Kamar Kostan, Dago Pojok-Bandung, Jawa Barat

Dipublikasikan pada Selasa malam, 11 Oktober 2011 at 23.45wib @Mahesa Net, Dago Pojok-Bandung, Jawa Barat

Advertisements
Comments
6 Responses to “Sekedar Menceritakan Aktivitas Kehidupan yang Terus Berputar Tanpa Henti”
  1. Asop says:

    Luar biasa sibuk. 😀

  2. peduliku says:

    Semoga sehat selalu dan tidak kelelahan dalam melakukan kebaikan, amien

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: