Mulai Menulis Tentang Masalah Sosial

Bismillahirrohmaanirrohiim,,,

Begitu cepatnya waktu terlewati, tak terasa saat ini saya sudah menginjak pada tahun ke-empat selama belajar di Kampus STKS Bandung. Bermula dengan idealisme yang membara, saya pun mengikuti jejak Mas Teguh Aditya yang tulisan-tulisannya tentang dunia Pekerjaan Sosial tersebar luas di dunia maya. Namun gaya tulisan kami memang berbeda, dia lebih banyak menggunakan bahasa formal yang textbook, sedangkan saya lebih senang bercerita tentang kehidupan dan seluk beluk menjalani keseharian di Kampus STKS Bandung ini.

Meski memang aku merasa cukup puas karena dapat membantu mempromosikan STKS Bandung dan profesi Pekerjaan Sosial melalui tulisan yang telah dibuat, namun rasa-rasanya ada yang kurang dan sampai detik ini memang masih sangat jarang sekali tulisan yang berisikan ulasan masalah sosial dengan perspektif pemecahan masalah oleh seorang Pekerja Sosial. Apalagi kita ketahui bersama bahwa yang namanya masalah sosial itu merupakan masalah yang kompleks dan cenderung tren-nya selalu meningkat atau bertambah. Mulai dari masalah sosial klasik seperti kemiskinan hingga masalah sosial kontemporer seperti HIV/AIDS, pecandu narkoba, aborsi dan lain-lain.

Membuat tulisan dengan tema semacam itu saya rasa cukup penting dengan alasan-alasan yang dapat dijabarkan sebagai berikut ini:

  • Masih sedikit tulisan-tulisan yang membahas tentang masalah sosial
  • Mempertajam daya kritis dan analitis mahasiswa Pekerjaan Sosial dalam memandang masalah sosia yang ada di sekitar
  • Mengekspose ide-ide dan pemikiran kreatif mengenai daya dan upaya pengurangan masalah sosial yang ada
  • Melatih mahasiswa agar mampu mengemukakan pendapat-pendapat ilmiah yang menghubungkan teori di kelas dengan praktik langsung di lapangan
  • Memberkan masukan bagi para pemangku kepentingan mengenai solusi yang inovatif terhadap masalah sosial yang sedang ditangani

Lima poin yang telah dijabarkan di atas rasa-rasanya sudah cukup untuk menjadi alasan kuat agar kita para mahasiswa Pekerjaan Sosial ini khususnya sebagai mahasiswa STKS Bandung agar mulai membuat tulisan-tulisan tentang masalah sosial.

Saya sendiri baru akan memulai menulis tentang masalah sosial karena terinspirasi saat belajar di kelas mata kuliah Masalah Sosial Kontemporer yang baru kudapatkan pada semester VII ini dari Ibu Dra. Kormauli Simanihuruk, M.Si. Dari penjelasan beliau, tergambar jelas bahwa masalah sosial kontemporer itu bukanlah masalah sosial tunggal, namun saling berkaitan dan mempengaruhi satu sama lainnya. Saking kompleksnya hingga saya sendiri merasa susah untuk menjelaskannya. Karenanya, agar apa yang kita bicarakan ini bisa ditangkap maknanya, maka saya akan mulai membuat tulisan tentang masalah sosial dengan topik yang berbeda-beda. Prinsip utamanya adalah: Pikirkan dan Renungkan plus Tuliskan dan Sebarkan. Pikirkan dengan logika dan Renungkan dalam dada, plus Tuliskan fakta yang ada lalu Sebarkan hal-hal yang bermakna.

Salam semangat selalu by Muhammad Joe Sekigawa, seorang Pembelajar Sepajang Zaman who has a great dreams

Selesai ditulis pada Jum’at malam, 19 Ramadhan 1432 H at 21.50wib @Kamar Kostan, Dago Pojok, Bandung-Jawa Barat

Dipublikasikan pada Minggu pagi, 21 Ramadhan 1432 H at 06.23wib @Neru Net, Dago, Bandung-Jawa Barat

Comments
4 Responses to “Mulai Menulis Tentang Masalah Sosial”
  1. nuraeni says:

    dengan menulis ,
    perasaan kita akan terasa tenang
    apalagi saat kita punya masalah…

    apalagi tentang sosial,,
    teruslah menulis..!!!

  2. widayatno,MPPS.SP says:

    betul mas memang di Indonesia masih sedikit sekali referensi tentang Pekerjaan Sosial yang sudah melalui “indegenesitas” dan telah di “cros Culture” dengan budaya kita, saya yakin dengan pemikiran sampean mas, akan lahir tulisan2 yang bernuansa Indonesia, lokalitas budaya akan terkedepankan sehingga kupasan masalah dan pemecahannya akan lebih mengena alhasil bisa membuahkan karya pengabdian pada kemanusiaan dan kesejahteraan yang efektive. met berjuang.

    • Sebelumnya, terima kasih banyak atas komentar yang telah diberikan oleh Pak Widayatno ^_^

      InsyaAllah ya Pak, tapi untuk saya pribadi tidak berharap “tinggi” terhadap sesuatu yang akan saya tulis, karena memang masih dalam proses belajar. Semoga apa yang nantinya saya tulis akan ada manfaat lebihnya dan memperkaya khasanah keilmuan bidang Pekerjaan Sosial yang harus “dibumikan” 🙂

      Salam hangat dan semangat selalu untuk Pak Widayatno, MPPS. SP (kalau tidak salah, gelar ini dari lulusan Sp-1 STKS Bandung ya Pak) dan juga saya pribadi ^_^

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: