Mulai dari PPI MaBa angkatan 2011 hingga Ujian Sidang Praktikum II Rehsos STKS Bandung

Bismillahirrohmaanirrohiim,,,

Program Pengenalan Institusi atau yang biasa disebut dengan PPI mahasiswa baru STKS Bandung angkatan 2011 telah dilaksanakan pada tanggal 24 hingga 28 Juli 2011. Tanggal 24 Juli (hari Minggu) merupakan Pra PPI, pelaksanaan PPI 25-27 Juli, dan tanggal 28 adalah hari Inagurasi (penampilan kesenian dan kuliah umum dengan pembicara utamanya adalah Pak Sekjen Kemensos RI).

Biasanya saya selalu update lengkap mengenai seluk beluk PPI dari A sampai Z, namun karena tahun ini saya tidak bergabung menjadi Panitia PPI 2011 (sadar diri kalo sudah tua, maka saatnya yang muda-muda maju ke depan), maka saya hanya dapat melihat dari sisi sudut pandang seorang mahasiswa tingkat III Jurusan Rehabilitasi Sosial STKS Bandung angkatan 2008.

Hal menarik pertama yang saya tangkap dengan kamera (pinjam dari Kak Alamsyah) Kodak 7.1 MP adalah pada saat Garnida (Sanggar Seni Sunda, salah satu UKM di STKS Bandung) sedang menunjukkan kebolehannya. Mereka tidak hanya menunjukkan seni musik dan lagu Sunda, namun juga seni teater mini khas budaya Sunda. Dijamin dech, para prama dan prami terhibur dibuatnya. Dan yang lebih menarik lagi, tak hanya prama-prami saja yang ikut menonton, melainkan para mahasiswa lama juga tak mau ketinggalan dan rela berdiri untuk menyaksikannya. Pokoknya seru abis dech. Saya sendiri mengambil foto tersebut dari posisi di tangga masuk masjid Al Ihsan (masjid kebanggaan STKS Bandung).

Meskipun saya sudah tidak lagi bergabung menjadi Panitia PPI 2011, namun panitia memberikan kehormatan kepada saya untuk menjadi nara sumber pada acara Talkshow di hadapan prama dan prami dengan tema “Mahasiswa dan Perubahan”. Talkshow tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 27 Juli 2011 mulai pukul 10.30wib hingga 11.30wib di Aula Lantai III Kampus STKS Bandung. Adapun para nara sumbernya adalah sebagai berikut:

  • Kang Irfan, dari KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) cabang kota Bandung. Beliau adalah mahasiswa semester 8 di UPI Bandung
  • Kang Ridwan, dari HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) cabang kota Bandung. Beliau baru saja lulus dari UNPAS (Universitas Pasundan) Bandung tahun 2011
  • Saya sendiri, Joko Setiawan mewakili suara perubahan dari Kampus STKS Bandung tercinta

***

Sambil mengisi waktu menjelang ujian sidang praktikum II mahasiswa Jurusan Rehabilitasi Sosial STKS Bandung angkatan 2008, maka saya pun melakukan suatu hal yang baru dalam hidup saya. Mau tahu apa yang saya lakukan..?? Tempel-tempel. What..??? Masak temple-tempel saja kok dibilang sesuatu hal yang baru. Eittsssss, jangan salah mas/mbak yu..!!! Ini bukanlah sembarang tempel, namun sebuah tempelan yang dapat membangkitkan semangat serta memfokuskan diri dalam upaya pencapaian tujuan. Memang belum banyak sich, tapi paling tidak dapat memberikan warna yang lain di dalam kamar saya. Kamar yang kecil, namun penuh dengan impian. Manteeeppsss to…??? Hohohoho =D (narsis mode ON)

Bisa kita lihat bahwa di sebelah kanan adalah meja belajar, tempat buku, tempat makan, sekaligus lemari baju (multi fungsi pokoknya). Sebelah kirinya ada schedule board yang menempel di dinding sebagai media untuk mencatatkan segala perencanaan aktivitas saya selama satu bulan. Sebelah pokok schedule board ada stop kontak listrik yang saya manfaatkan untuk menggantung beberapa name tag dari berbagai macam kegiatan yang pernah saya ikuti. Sebelahnya lagi ada kertas ukuran A4 warna putih bertuliskan impian dan target yang harus saya capai. Di bawahnya terdapat kasur saya yang cukup mungil untuk muat satu orang saja, selimut warna kuning tersebut merupakan selimut pemberian dari orang special di hidup seorang Muhammad Joe Sekigawa. Poster berwarna biru yang menempel di dinding itu merupakan poster dari PLAN Indonesia yang mengkampanyekan tentang INEE (Inter-Agency Network for Education in Emergencies). Nah, dan yang terakhir tersebut adalah coretan warna-warni mimpi dan kalimat penyemangat untuk Muhammad Joe Sekigawa. (^_^)

***

 “Taare Zameen Tar” adalah bahasa India untuk judul film “Every Child is Special”. Saya menemukannya secara tidak sengaja di Laptopnya Akbar. Ya, laptop Akbar jadi sering saya pinjam untuk keperluan mengerjakan perbaikan Proposal Penelitian Hibah Bersaing Mahasiswa STKS Bandung, kebetulan kami memang satu tim. Film ini memang sudah lama, yaitu produksi pada tahun 2007 silam, namun begitu benar-benar relevan dan sungguh menarik untuk disimak. Jika boleh menilai, nilainya saya kira sama dengan film KCB atau pun Sang Pemimpi. Keren abissssss. . . .

Mungkin bagi sebagian orang, film ini kurang menarik. Namun bagi seorang calon pekerja sosial seperti saya ini (dan seluruh teman-teman yang belajar kessos), tentu film ini akan memiliki nilai lebih untuk disimak. Mau tahu kenapa..?? Karena ini tentang pemaparan bahwa setiap anak adalah spesial (seperti prinsip Individualisasi Peksos), dan contoh kasus nyatanya adalah tentang Anak Dislexya.

Hal lain yang menjadi kekuatan film ini adalah pada penokohan yang sungguh all out. Ishaan sebagai pemain utamanya sungguh benar-benar membuat saya menangis, tersenyum, hingga kagum dan ingin memeluknya. Apalagi diselingi lagu-lagu yang menyentuh hati dan terkadang membuat kita bernyanyi mengikuti alunan musiknya. Dan yang paling penting yang tidak terdapat pada film-film “murahan” di Indonesia adalah mengenai pakaian yang santun dan setiap scene yang bermakna dan berharga untuk disimak.

Jika penasaran dan ingin menontonnya, silahkan hunting saja ya. Atau hubungi saya, maka akan saya copy-kan file nya yang sebesar 890 MB ^_^

***

Hari yang dinantikan pun telah tiba, hari ini Jum’at, 29 Juli 2011 bertempat di ruang A 1.2 Kampus STKS Bandung, saya menjalani Ujian Sidang Praktikum II Rehsos STKS Bandung tahun 2011. Adapun nama-nama dosen penguji dan mahasiswa yang melaksanakan ujian diantaranya:

  • Ibu Dra. Milly Mildawati, MP (Dosen Pembimbing saya)
  • Bapak Drs. Suhendar, MP (Dosen Penguji I)
  • Bapak Dr. Adi Fahrudin, Psi (Dosen Penguji II)
  • Is Hadijah selaku Notulensi
  • Joko Setiawan, Anggun Wiguna dan Fauzan Langgeng (Anak bimbingan Ibu Milly)
  • Dicky Pradana dan Ardian Kresna (Anak bimbingan Pak Suhendar)
  • Ade Candra, Putri dan Devi (Anak bimbingan Pak Adi)

Namun karena adanya suatu halangan, maka Pak Adi tak dapat ikut menguji siding praktikum II kali ini. Ibu Milly pun datang terlambat, maka Ibu Dorang Luhpuri, MSW masuk di ruang sidang saya dan ikut menguji Anggun karena dia mendapat giliran pertama ujian. Setelah Anggun selesai ujian, Bu Milly pun baru datang, dan Fauzan diuji oleh Bu Milly dan Pak Suhendar. Saya pun demikian, hanya diuji oleh Ibu Milly dan Pak Suhendar, serta begitu seterusnya sampai ujian sidang berakhir.

Pada ujian sidang kali ini tidaklah se-menegangkan pada saat ujian sidang praktikum I dahulu. Hal ini jelas karena sudah ada gambaran dan pengalaman pada saat ujian sidang praktikum I dulu, jadi tidak ada rasa deg-degan yang berlebihan atau kecemasan yang bermacam-macam.

Ujian sidang tahun ini, saya mendapatkan urutan ke-3 setelah Anggun dan Fauzan. Waktu menunjukkan pukul 14.30wib, seperti biasa, pada awalnya Ibu Milly menanyakan kepada saya apakah saya sudah siap untuk ujian sidang atau belum, kemudian beliau mempersilahkan saya untuk mengungkapkan proses selama menjalani praktikum II dan juga masuk kepada pemaparan tentang Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) dan juga klien Tunanetra yang saya tangani. Alhamdulillah, semuanya dapat saya lalui dengan lancar. Perbaikan lebih banyak kepada tata cara penulisan dan akan saya perbaiki secepatnya. And, the last, jika pada praktikum ini saya mendapatkan nilai A, maka semester 6 ini saya akan mendapatkan IP tertinggi selama saya berkuliah di STKS Bandung. Subhanallah,,, ^_^

Salam semangat selalu by Muhammad Joe Sekigawa aka Amkmjs2011, seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Selesai ditulis pada Jum’at malam, 29 Juli 2011 at 20.21wib @Kamar Kostan, Dago Pojok Bandung, Jawa Barat

Dipublikasikan pada Jum’at malam, 29 Juli 2011 at 21.45wib @Mahesa Net, Dago Pojok Bandung, Jawa Barat

.

.

G A L L E R I E S

===

===

===

Comments
5 Responses to “Mulai dari PPI MaBa angkatan 2011 hingga Ujian Sidang Praktikum II Rehsos STKS Bandung”
  1. Nuraeni says:

    Selamat Untuk Kesukesan Sidangnya…

    Sukses SELALU…:)

  2. Lihat perkenalan kampus jadi keingat masa 4 tahun silam. Seminggu keras namun bermakna membekas. Hehe…
    Dan selamat untuk kesuksesan sidangnya. Semoga ke depannya setelah ninggalin dunia kampus bisa terus maju dan gapai semua impian yang sempat tertunda…

    Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] rest is here: Mulai dari PPI MaBa angkatan 2011 hingga Ujian Sidang Praktikum II … This entry was posted in Uncategorized and tagged adalah-meja, aktivitas-saya, atau-yang, […]



Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: