Aktivitas Pasca Praktikum II di Subang

Bismillahirrohmaanirrohiim,,,

Hari Rabu, 13 Juli 2011 akhirnya saya sampai di Bandung lagi. Sampai di tempat menimba ilmu secara formal dalam perguruan tinggi bernama Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung. Hal yang sudah pasti harus saya lakukan adalah menyusun Laporan Individu Hasil Praktikum II selama sebulan kemarin. Namun, saya belum ingin bercerita mengenai hal tersebut, melainkan mengenai hal lain yang menjadi kesibukan saya selama beberapa hari terakhir ini.

Jum’at, 15 Juli 2011. Kegiatan pendampingan anak dan keluarga bersama Dosen Tim Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) STKS Bandung.

Perlu diketahui bahwa LPM STKS Bandung setiap tahun mengadakan program pendampingan dengan mengikutsertakan mahasiswa di dalamnya. Kebetulan sebelum menjalani praktikum II di Subang kemarin saya sudah mendaftarkan diri sebagai pendamping dan pada akhirnya saya pun dipanggil oleh dosen untuk mengikuti kegiatan pendampingan yang telah dijadwalkan. Adapun mahasiswa yang ikut serta dalam pendampingan anak dan keluarga ini adalah 2 orang dari jurusan Rehsos (Joko Setiawan dan Rachmawati Taib) dan 2 orang dari jurusan PSM (Rahmadani dan Eka Yanti), namun karena mahasiswa yang dari jurusan PSM masih melaksanakan Praktikum I di Garut, maka berangkatlah kami berdua mendampingi Bu Rini Hartini Rinda dan Bu Ami Maryami selaku tim dari LPM STKS Bandung.

Lokasi pendampingan berada di Kecamatan Pamengpeuk Kabupaten Bandung Selatan. Dan Bu Rini meminta kami untuk bertemu di jalan dekat Pintu Tol Buah Batu. Maka, berangkatlah saya dan Teh Rachma pukul 06.30wib dari depan Hotel Sheraton Dago menuju Buah Batu. Di tengah perjalanan, Bu Rini mengabari untuk ketemu di salah satu toko roti, sekalian beliau hendak membeli snack untuk para peserta yang hadir nanti. Dari sana, ternyata Bu Ami masih belum siap dan masih berada di rumah. Maka, Bu Rini mengajak kami untuk menunggu Bu Ami di rumah beliau. Inilah pertama kalinya saya dan Teh Rachma mengetahui rumah Bu Rini.

Waktu pun menunjukkan pukul 08.30wib dan Bu Ami sudah datang, maka kami berempat langsung menuju lokasi dengan menaiki mobil Bu Rini dan beliau sendiri sebagai sopirnya (maaf ya Bu, saya belum pernah belajar nyetir mobil he he he). Kami tiba di lokasi yang merupakan kantor Kecamatan Pamengpuk tepat pukul 09.00wib dan memulai kegiatan pada pukul 09.30wib.

Ternyata selain kami berdua (mahasiswa), Bu Rini dan Bu Ami juga dibantu oleh 2 orang Sakti Peksos lulusan STKS Bandung. Memang benar pendampingan yang tengah kami laksanakan ini adalah kepada anak penyandang cacat tubuh beserta keluarganya, dan kebetulan teman-teman dari Sakti Peksos yang saya ketahui namanya Mas Sandi dan Mas Y tersebut memang ditempatkan oleh Kemensos di kluster anak penyandang cacat. Jadi mereka tahu betul siapa saja yang patut dibantu dan diberdayakan secara maksimal oleh sistem sumber.

.

.

Pada kegiatan kali ini, fokusnya dalah pada asesmen keluarga dari anak penyandang cacat, dan yang hadir adalah 10 orang ibu-ibu dari anak penyandang cacat sebagai target Tim LPM. Acara berlangsung seru karena semuanya memang ibu-ibu (termasuk dosen), maka komunikasi berjalan lancar dan tanpa hambatan, bahkan suasana menjadi cair dan banyak diiringi dengan canda tawa dari para ibu-ibu. Setelah perkenalan, dilanjutkan dengan wawancara ke setiap ibu-ibu, saya sendiri mewawancarai 2 orang ibu-ibu hingga waktu menunjukkan setengah duabelas lewat, tak terasa karena saking asyiknya bertanya jawab dengan mereka.

Acara pun usai, dan kami berpamitan dengan semuanya. Sholat Jum’at saya laksanakan di daerah Buah Batu, dan setelahnya ditraktir makan Bu Rini dan Bu Ami di rumah makan ayam bakar+nasi liwet, mantaaappsssss. . . . !!! Dan setelah itu melanjutkan perjalanan ke kampus STKS Bandung dan sampai sekitar pukul 14.30wib.

Jum’at sore, 15 Juli 2011. Pembukaan Perdana Forum OK KerLiP.

Forum OK (Obrolan Keluarga) yang digagas oleh KerLiP (Keluarga Peduli Pendidikan) memang telah berjalan sejak dulu, namun sempat vakum beberapa tahun. Karenanya hari Jum’at kemarin adalah hari perdana untuk mengaktifkan kembali Forum OK. Hadir di sana dari Tim KerLiP yaitu: Bu Yanti, Mas Zamzam, Kang Izoel, Mas Dede, saya dan juga Intan.

Forum OK dilaksanakan di Library at Mall BIP Lantai II mulai pukul 16.30wib sampai dengan 18.30wib dengan tema bahasan seputar realisasi Sekolah dan Rumah Sakit Aman yang telah disuarakan oleh Pemerintah, serta juga membahas mengenai larinya anggaran pendidikan 20% yang belum terserap secara maksimal, belum lagi tentang susah dan mahalnya masuk sekolah (SMP dan SMA) serta masih adanya pungli ketika menaiki kelas.

.

.

.

Orbolan berlangsung sangat seru karena hadir beberapa orang ibu-ibu yang dengan semangatnya mengemukakan pengalaman dan pendapatnya saat merasa didholimi oleh pihak sekolah. Ditambahkan juga beberapa praktisi dari LSM yang mengemukakan pendapat-pendapat kritisnya.

Usai acara Forum OK berakhir, saya pun meminta Intan untuk menemani membeli komik Naruto di Toko Buku Gramedia depan BIP, bukan untuk saya, melainkan untuk adik keponakan yang saat ini baru naik ke kelas 5 SD. Setelah itu kami berdua naik motor dengan satu helm, alhasil kami pun mencari jalan tikus supaya tak ditilang oleh Pak Polisi lalu lintas. Dan Alhamdulillah kami dapat sampai di Kanayakan tanpa kekurangan sesuatu apapun.

Minggu, 16 Juli 2011. Bincang Buku karya Almh. Nurul F. Huda.

Alhamdulillah saya mendapatkan infonya dari sms adik kelas yang kebetulan seorang Kepala Departemen Keputrian KMM STKS Bandung. Maka, saya pun menghadiri kegiatan ini yang dilaksanakan di Paving Blok, masjid Salman ITB. Acara dimulai pada pukul 09.30wib hingga sore hari,  namun saya hanya mengikuti hingga waktu Dhuhur saja.

Semua rangaian acaranya adalah: 1)Talkshow; 2)Penggalangan dana; 3)Pelelangan Buku Karya Almh. Nurul F. Huda; 4)Bazaar Buku; 5)Musikalisasi Puisi; 6)Penggalangan Buku untuk Rumah Buku AKSARA.

Nah, saya mengikuti acara talkshow dengan moderator Mas Dimas dari FLP Bandung dan pembicaranya adalah Bunda Pipit Senja dan juga Kang Topik Mulyana. Cukup seru apa yang dipaparkan, Bunda Pipiet memaparkan dengan sudut pandang persahabatan beliau dengan Almh. Mbak Nurul sedangkan Kang Topik lebih mengulas pada isi dari buku memoar karya Almh. Mbak Nurul tersebut. Alhamdulillah banyak nilai dan ilmu yang dapat saya ambil dari talkshow tersebut.

Acara talkshow pun berakhir bersamaan dengan berkumandangnya adzan Dhuhur, kebetulan sang Akhwat yang mengirimkan sms kepada saya tersebut hadir. Saya pun memintanya untuk bertemu dan membicarakan mengenai project The Book of Dreams, kebetulan saya memang merekrutnya sebagai salah satu tim penyusun The Book of Dreams dari 5 orang penyusun termasuk saya.

Minggu sore, 17 Juli 2011. Makan bareng Teh Cia dan Ika UPI.

Berawal dari pembicaraan melalui sms, maka kami pun sepakat untuk hunting makan bareng ke Be Mall Naripan, Teh Cia yang merupakan orang asli Buol, Sulawesi Utara ingin memperkenalkan masakan rasa Sulawesi. Dia pun mengajak Ika yang merupakan sepupunya. Maka, berangkatlah kami bertiga ke Be Mall Naripan, namun sayang ternyata di sana rumah makan rasa Sulawesi-nya tutup. Kemudian perjalanan pun kami lanjutkan menuju Gerlong UPI, FoodCourt 5Mu. Di sinilah kami makan enak dan lezat, ternyata masakan rasa Sulawesi memang nancep di lidah.

Thanks ya Teh udah traktir saya, sering-seringlah hohohoho =D (ups, tapi saya juga sudah janji bahwa di bulan puasa nanti gantian saya yang traktir). Thanks juga untuk perjalanan panjangnya yang dimulai 16.00wib dan sampai lagi di kampus STKS Bandung puku 20.30wib.  Wuuuufffttt, capek meski kenyang he he he he

Salam semangat selalu by Muhammad Joe Sekigawa aka Amkmjs2011, seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Selesai ditulis pada Senin pagi, 18 Juli 2011 at 10.20wib @Kamar Kostan Dago Pojok, Bandung-Jawa Barat

Dipublikasikan pada Senin siang, 18 Juli 2011 at 12.00pm @Hot Seat Net-Dago, Bandung-Jawa Barat

Comments
6 Responses to “Aktivitas Pasca Praktikum II di Subang”
  1. peduliku says:

    Pengalaman yang sangat menarik, aku suka 😀

  2. indra1082 says:

    Sukses terus bro… 🙂

  3. Dhenok says:

    hmm, dah lama dhe gk menikmati kegiatan sepadet itu..
    truslah semangat, caiyou!!

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: