Praktikum II Jurusan Rehsos STKS Bandung 2011 di Kecamatan Tanjungsiang pun Telah Berakhir

Bismillahirrohmaanirrohiim,,,

Satu minggu terakhir sebelum kepulangan ke Bandung menjadi hari-hari paling sibuk selama saya melaksanakan Praktikum II di Desa Gandasoli. Bagaimana tidak, ini karena seminggu terakhir itu adalah jadwal untuk terminasi klien bersama tim RBM “Kasih Sejahtera”, menyiapkan Lokakarya Desa dan Perpisahan, serta menyusun laporan kelompok untuk Desa Gandasoli. Selain itu juga masih harus memimpin rapat harian kelompok (group daily meeting) agar kegiatan dapat berjalan lancar sesuai dengan perencanaan.

Alhamdulillah, semua dapat saya lalui dengan lancar dan maksimal. Terminasi klien praktikan bersama dengan Tim RBM kami laksanakan pada hari Senin, 11 Juli 2011. Lokakarya desa dan juga perpisahan kami laksanakan pada hari Selasa, 12 Juli 2011 dan yang terakhir lokakarya kecamatan telah dilaksanakan pada hari Rabu, 13 Juli 2011. 3 hari berturut-turut yang cukup menguras tenaga namun membuahkan hasil yang memuaskan.

Terminasi Klien Bersama Tim RBM

Kegiatan ini kami laksanakan dalam rangka melakukan terminasi (pengakhiran) klien yang kami tangani (masing-masing praktikan) dan juga rujukan yang semuanya kami rujuk kepada Tim RBM “Kasih Sejahtera”. Memang yang datang pada pertemuan ini tidak banyak, namun semangat Pak Imron selaku Ketua RBM memang tak diragukan lagi. Beliau berpesan bahwa kuantitas tidaklah menjamin kualitas, maka yang paling penting adalah bahasan terminasi ini benar-benar substansial dan dapat ditindaklanjuti oleh Tim RBM “Kasih Sejahtera”. Adapun terminasi tersebut antara lain:

Joko Setiawan dengan klien Tunanetra dengan fokus masalah pada kurangnya percaya diri dan semangat untuk masa depan, dilakukan intervensi dengan menggunakan internal support, dan juga konseling individual. Dan pada akhirnya klien “IS” ini dirujuk kepada Tim RBM “Kasih Sejahtera”.

Teman-teman yang lain: Dwi Prasetyo(Peppy) dengan klien Tunarungu wicara dirujuk kepada Tim RBM; Fauzan Langgeng(Ozan) dengan klien Anak Terlantar dirujuk kepada Tim RBM; Mei Rochma Mutiari dengan klien Anak Terlantar dirujuk pada Tim RBM; dan Anggun Wiguna dengan klien Lansia (lanjut usia) Terlantar dirujuk kepada Tim RBM juga.

Lokakarya Desa dan Perpisahan

Tidak sama seperti kegiatan Terminasi, Lokakarya desa kami laksanakan di GOR Kantor Desa Gandasoli karena di area aula kantor desa penuh dengan beras bantuan dari pemerintah, It’s okay, meski saya, Peppy dan Ozan harus angkat-angkat kursi ke lokasi GOR. Alhamdulillah peserta lumayan banyak dan acara dapat berjalan lancar. Pada kesempatan ini juga kami sampaikan ucapan terima kasih sekalian permintaan maaf yang mendalam jika selama ini kami banyak melakukan kesalahan ketika berinteraksi dengan para warga.

Pembagian tugas pun adalah sebagai berikut: Anggun Wiguna sebagai Pembawa acara (MC); Mei Rochma sebagai penyampai materi; Joko Setiawan bertugas memberikan sambutan, Dwi Prasetyo sebagai petugas penyerahan plakat kenang-kenangan kepada Kepala Desa, dan Fauzan Langgeng sebagai notulensi. Di akhir acara, tak lupa kami membuat foto bersama yang rencananya nanti akan kami buat Banner berdiri untuk dipajang di kantor Desa Gandasoli.

Perpisahan bersama Ibu Kost

Bu Imad dan Pak Ading (Ibu dan Bapak Kost) sungguh berperan penting dalam membantu kami selama berada di Desa Gandasoli. Letak rumah yang strategis di Kampung Panyosogan yang menghubungkan Desa Gandasoli dengan Desa Sindanglaya dan Desa Rancamanggung membuat kami mudah untuk mobilisasi ke berbagai sistem sumber, termasuk jika hendak acara kegiatan di kecamatan. Ibu kost juga sangat berkesan untuk kami karena ini adalah kali kedua kami menginap di rumah Ibu Imad, yakni sebulan pertama pada praktikum I di 18 November-17 Desember 2010 dan sebulan dalam praktikum II di 14 Juni-13 Juli 2011 ini.

Maka hari terakhir kemarin kami sempatkan untuk membuat foto bersama (foto keluarga) karena kami sudah menganggap Ibu Imad sebagai keluarga kami sendiri. Namun sayangnya Mei dan Anggun tak dapat ikut foto bersama, mungkin mereka memang tidak berkenan memiliki keluarga yang jauh di pedesaan sehingga dengan sombongnya mereka tak berminat sama sekali berfoto bersama. Wallahu A’lam Bisshowab.

Lokakarya Kecamatan

Sebelum memasuki Lokakarya Kecamatan, maka dibentuklah Tim Perumus untuk merumuskan laporan praktikum II untuk diserahkan kepada pihak Kecamatan Tanjungsiang. Mereka semua antara lain: Dewa Sunu selaku korcam (koordinator kecamatan); Joko Setiawan (Gandasoli); Rachmawati Taib (Rancamanggung); Tika Sholihat (Sindanglaya); Agil Rizky (Sirap); Ardya Puja Ramanda (Tanjungsiang); Ria Irawan (Buniara); Fadly Nur Husain (Kawungluwuk), Muhammad Galuh (Cimeuhmal), dan M Fadhil Hidayat (Cikawung). Selain itu dibagi tugas pula untuk saat hari H pelaksanaan Lokakarya Kecamatan dan saya bersama dengan Teh Rachma kebagian menjadi Presentator dari laporan hasil praktikum II mahasiswa STKS Bandung Jurusan Rehabilitasi Sosial tahun 2011.

Hal yang paling berkesan adalah ketika pada Selasa, 12 Juli 2011 saya selesai Lokakakarya Desa Gandasoli sebelum maghrib, dilanjutkan dengan GDM (Group Daily Meeting) kelompok, ngeliwet bersama dengan kepala Desa Gandasoli dan juga staff, serta masih ada PR untuk menyusun materi presentasi Lokakarya Kecamatan. Alhasil saya dan Teh Rachma mulai ngelembur sejak tengah malam (midnight) hingga adzan Shubuh berkumandang. Benar-benar kerja keras dan tidak tidur semalaman. Pagi-pagi sudah harus standby di kecamatan dan melaksanakan lokakarya.

Alhadulillah semuanya lancar dan bahkan mendapatkan tanggapan yang positif dari Bapak Sholih AP selaku camat Tanjungsiang. Apalagi beliau adalah alumni dari IPDN (Institut Perguruan Dalam Negeri) sehingga tahu betul mengenai pentingnya proses praktikum yang langsung berinteraksi bersama dengan warga masyarakat. Pertanyaan demi pertanyaan pun demikian banyak yang menunjukkan antusiasme yang tinggi warga terhadap Rehabilitasi Sosial Berbasis masyarakat yang merupakan fokus utama dari pelaksaan praktikum II ini.

Acara SELESAI dan akhirnya seluruh mahasiswa Jurusan Rehabilitasi Sosial Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung di Kecamatan Tanjungsiang kembali lagi menuju Kampus Tercinta sesaat sebelum waktu Dhuhur tiba. Waktu pun berlalu, dan sekitar pukul 14.15wib kami semua sampai di Kampus STKS Bandung. Alhamdulillah ya Allah, praktikum II ini pun telah selesai kami laksanakan dengan baik. (^_^)

PR ke depannya adalah kami masih harus mengerjakan laporan yang ujian lisannya akan dilaksanakan tepat 10 hari sejak tanggal 13 Juli 2011 kemarin. Keep spirit, and still preparing for fighting ^^

Salam semangat selalu by Joko Setiawan aka Amkmjs2011, seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Selesai ditulis pada Kamis sore, 14 Juli 2011 at 16.02wib @Kamar Kostan Dago Pojok, Bandung-Jawa Barat

Dipublikasikan pada Kamis malam, 14 Juli 2011 at 19.30wib (Publikasi terjadwal otomatis by WordPress.com) @Mahesa Net, Dago Pojok, Bandung-Jawa Barat

.

.

.

G A L L E R I E S

===

===

===

===

Comments
4 Responses to “Praktikum II Jurusan Rehsos STKS Bandung 2011 di Kecamatan Tanjungsiang pun Telah Berakhir”
  1. nuraeni says:

    semoga acara itu tidak kamu lupakan,..

    & akan di kenang selalu..:)

  2. aisyah says:

    dari fhoto2 nya kayaknya acaranya seru banged deh,,,,,,
    sukses ya,,,,,,,

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: