Mereduksi Sifat Terlalu Perfeksionis

Bismillahirrohmaanirrohiim,,,

Terkadang sikap ingin maksimal dalam mengerjakan sesuatu itu penting, namun jika berlebihan tentu akan menjadi suatu hal yang kurang baik. Istilah yang sering kita dengar mengenai hal tersebut adalah “perfeksionis”. Perfeksionis sendiri berasal dari bahasa Inggris dengan kata dasar perfect atau dapat diartikan sebagai kata sempurna. Saya sendiri selaku ketua di Team Gandasoli ini juga merasa memiliki sifat perfeksionis. Misalnya saja pada waktu saya menjabat sebagai ketua pada praktikum I tahun lalu, sempat diri saya hampir stres berat  karena kurangnya data yang harus kami kumpulkan, padahal waktu sudah mepet untuk melakukan itu semua.

Hm,, memang begitulah tipe-tipe orang yang perfeksionis, kurang sedikit saja rasanya sungguh tidak mengenakkan di hati. Ada contoh yang ekstrim dari teman saya dahulu, dia ini selalu saja menjadi rangking satu di kelas, suatu ketika dia mendapatkan rangking dua, perilakunya langsung berubah dan kelihatan seperti tidak percaya bahwa ia menjadi nomor dua, bahkan hampir saja itu membuatnya stres berkepanjangan. Ya, sepertinya memang sepele, tapi itu sulit bagi orang dengan tipe perfeksionis.

Saya sendiri bukanlah orang dengan sifat perfeksionis murni, saya masih bisa memaklumi beberapa kekurangan-kekurangan yang ada pada diri saya maupun orang-orang di sekitar saya. Mengenai prestasi, saya bukanlah orang yang ambisius untuk menjadi nomor satu di bidang akademis. Mengenai pekerjaan, saya masih bisa menunda jika memang hal itu perlu ditunda, bukannya malah memaksakan untuk selesai dalam waktu itu juga. Dan yang paling penting, saya lebih menghargai proses daripada hasil akhir. Maka jika saya sudah melakukan suatu hal secara maksimal, namun hasil akhirnya masih tetap tidak sesuai dengan harapan, maka saya lebih senang menghargai proses yang telah saya lakukan dengan maksimal tersebut.

Nah, konteksnya dalam praktikum II ini. Tentu saja saya tidak bisa menyamakan seluruh anggota kelompok saya ini memiliki sifat yang sama dengan saya. Saya sadar secara sepenuhnya bahwa kapasitas dari masing-masing kami ini berbeda satu sama lainnya. Mereka tentu punya kelebihan yang tak saya miliki dan saya juga tentu memiliki kelemahan yang tak ada dalam diri mereka. Maka, sedari awal praktikum II ini, saya menekankan kepada rekan-rekan agar menyadari kekurangan dan kelebihan masing-masing kemudian mengkombinasikan aspek-aspek  tersebut untuk kemajuan kelompok.

Alhamdulillah, beberapa kegiatan dapat kami lakukan dengan maksimal, namun tidak memungkiri bahwa masih saja ada beberapa hal yang membuat jengkel dan membuat saya tidak bersemangat. Yah, inilah saat jiwa kepemimpinan saya diuji ketahanan dan kredibilitasnya. Pemimpin yang hebat itu tak hanya dapat memimpin orang-orang yang hebat saja, namun dengan segala keterbatasan dan kekurangan, pemimpin ini dapat membangkitkan semangat berjuang bersama, tumbuh bersama dan menuju kesuksesan bersama.

InsyaAllah, untuk praktikum II ini, tentu saya tak pernah akan menjadi orang yang mengumpat di tengah kegelapan, namun lebih baik menyalakan lilin kecil sebagai pelita bagi semua.

Perjuangan dalam praktikum II ini masih belum berakhir, bahkan memang baru saja dimulai. Oleh karena itu saya dan rekan-rekan di sini harus pintar-pintar menjaga semangat dan saling menyemangati agar pelaksanaan praktikum II ini dapat berjalan lancar dan syukur-syukur bisa mendapatkan pujian dari para dosen pembimbing.

Akhirul kalam, mari ucapkan bersama-sama mantra Team Gandasoli, “Team Gandasoli . . . Semangat, Solid, Sukses!!!!”

Salam semangat selalu by Joko Setiawan aka Amkmjs2011, seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Selesai ditulis pada Kamis sore, 16 Juni 2011 at 17.50wib @POSKO Panyosogan, Ds. Gandasoli Kecamatan Tanjungsiang, Subang, Jawa Barat

Dipublikasikan pada Jum’at pagi, 17 Juni 2011 at 06.10wib @Neru Net, Dago-Bandung, Jawa Barat

G A L L E R I E S

===

===


Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: