Internal Rules for Gandasoli Team

Alhamdulillah pada hari pertama (Selasa, 14 Juni 2011) kami tiba di Desa Gandasoli ini, malam harinya kami sudah dapat melakukan daily meeting sebagai konsekuensi logis terhadap tanggung jawab pelaksanaan proses praktikum II yang akan kami jalani selama satu bulan ke depan. Daily meeting tersebut sangat penting untuk dikerjakan karena dalam rangka mempersiapkan aktivitas/kegiatan teknis yang harus kami lakukan pada esok harinya, bisa juga sebagai ajang evaluasi kegiatan selama sehari penuh, serta sebagai medium yang tepat untuk curah pendapat mulai dari masukan, kritikan, usulan, dan perencanaan pada masa yang lebih panjang (seminggu, dwi minggu dan seterusnya).

Satu hal yang lain daripada praktikum I tahun kemarin adalah mengenai pembahasan internal rules for kelompok kami sendiri. Metode yang kami gunakan pun sekarang mengalami kemajuan, yakni dengan selalu menuliskan di kertas plano besar tentang hasil rapat setiap harinya dan ditempel di tembok. Artinya, setiap anggota kelompok kami akan dapat membaca dengan jelas hasil rapat semalam dan fokus kegiatan yang akan kami kerjakan pada hari ini. Easy and interesting for all ^_^

Internal rules ini sendiri kami susun dengan harapan akan menjadi aturan dasar yang harus dipatuhi bersama, menciptakan aturan sendiri untuk kemajuan pribadi anggota kelompok. Nah, apakah internal rules yang telah kami tetapkan bersama tersebut:

  • Bangun pagi sebelum waktu shubuh. Langkah ini disetujui dengan maksud agar dalam diri pribadi kami semua tumbuh sifat disiplin. Dapat bangun pagi dan merasakan nikmat Allah yang begitu luar biasa.
  • Sholat shubuh berjama’ah. Sholat itu hukumnya wajib dan berjama’ah itu dianjurkan. Jika kita dapat melaksanakan keduanya secara bersama-sama, kenapa tidak. Nah, disamping melaksanakan kewajiban kami sebagai seorang muslim, sholat berjama’ah juga akan dapat  lebih mengeratkan dan mendekatkan kami satu sama lain.
  • Membersihkan kamar setiap hari. Sebagai mahasiswa yang baik, tentunya juga harus pandai menjaga kebersihan dan melakukan bersih-bersih yang konsisten. Nah, keputusan ini adalah untuk menanamkan kepada masing-masing anggota kelompok kami agar mau belajar bersih dari diri dan lingkungan pribadi.
  • Tidur maksimal pukul 23.00wib. Awalnya ide ini agak asing, tapi ternyata respon teman-teman cukup bagus. Bukan bermaksud untuk membatasi hak untuk tidur larut malam, namun kami sepakat bahwa jika waktu tidurnya cukup, maka kegiatan esok hari yang akan kami laksanakan akan menjadi maksimal, tubuh pun terasa segar dan semangat pun akan senantiasa selalu terkandung badan.
  • Mandi pagi paling telat pukul 08.30wib. Kebiasaan yang kami alami pada praktikum I tahun lalu adalah seringnya kami telat pada beberapa jadwal kegiatan karena kami juga telat mandi. Nah, oleh karena itu mandi menjadi sorotan penting agar kami dapat disiplin terhadap waktu yang tidak panjang ini.
  • Catatan harian ditulis setiap hari. Catatan harian merupakan catatan wajib yang nantinya akan diperiksan oleh para dosen pembimbing praktikum (Bu Yeane dan Bu Milly) dan kekurangan kami sebelumnya adalah seringkali catatan harian ini tidak langsung kami tulis sebelum tidur. Alhasil ketika ada dosen pembimbing, baru bingung dan takut kena marah. Nah, untuk mengantisipasi itu semua, kami saling mengingatkan untuk membuat catatan harian setiap hari tanpa absen.

Yups, itulah Internal Rules yang telah kami tetapkan bersama dengan saya sendiri sebagai fasilitator diskusi semalam. Harapannya ide-ide dan inovasi baru akan selalu dihadirkan olehNya demi menggapai keridho’anNya. Amiin. Di akhir rapat perdana semalam, kami pun membuat yel-yel sebagai penyemangat bersama yaitu dengan mengarahkan semua tangan kanan ke depan, ditumpuk dan mengucapkan “Team Gandasoli . . . . . Semangat, Solid, Sukses!!!!

Semoga selalu semangat, menjadi semakin solid, dan kesuksesan itu dapat diraih dan dirasakan bersama ^^

Salam semangat selalu by Joko Setiawan aka Amkmjs2011, seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Selesai ditulis pada Rabu pagi, 15 Juni 2011 at 05.46wib @Kamar POSKO, Kp. Panyosogan, Ds. Gandasoli, Kec. Tanjungsiang, Subang, Jawa Barat

Dipublikasikan pada Rabu pagi, 15 Juni 2011 at 09.40wib @RedSki Net, Kp. Panyosogan, Ds. Gandasoli, Kec. Tanjungsiang, Subang, Jawa Barat

G A L L E R I E S

===

===


Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: