Kurasakan Tumbuh Kembang Bersama KerLiP

Bismillahirrohmaanirrohiim,,,

Saya memang baru mengenalnya pada April 2011 ini, mulai ikut aktif dengannya. Dan Alhamdulillah, yang membuat saya merasa nyaman adalah orang-orang di dalamnya yang memang benar-benar seperti keluarga kita sendiri. Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan (KerLiP) didirikan oleh beberapa keluarga muda di Bandung pada tanggal 25 Desember 1999. Namun pada tahun 2007 berganti nama menjadi KerLiP dengan akta notaris Dr. Wiratni Ahmadi, SH nomor 7 tahun 2004 dan 12 tahun 2007. Pada awal berdirinya, perkumpulan ini mengembangkan model-model pendidikan alternatif baik formal, non formal maupun informal. Prinsip kepentingan terbaik bagi anak dan perempuan terus menerus diteliti dan dikembangkan terutama terhadap untuk mendorong pemenuhan hak atas pendidikan dan perlindungan hak anak bagi kelompok masyarakat yang kurang beruntung.

Hingga pada hari ini yang saya ketahui tentang KerLiP adalah ia bergerak pada sektor advokasi pendidikan, pengarusutamaan hak anak dan perempuan, kebencanaan dalam perspektif anak dan pendidikan, serta konsultan di bidang pendidikan kebencanaan, pengurangan risiko bencana, dan advokasi pada keluarga. Saya merasa cocok karena memang concern saya sendiri itu memang di bidang anak dan bencana, baik pada pelayanan psikososial (sesuai dengan jurusan saya di STKS Bandung) maupun di bidang community development hingga Disaster Risk Reduction (DRR).

Hal yang paling menarik semenjak bergabung di KerLiP adalah prinsip tumbuh kembang yang digiatkan oleh Bu Yanti. Beliau banyak mentransferkan ilmu kepada kami semua. Meski beliau adalah seorang wanita, namun kekuatan kepemimpinan beliau tidak diragukan lagi. Beliau orang yang mudah menerima orang dengan segala kelebihan dan keterbatasan yang dimiliki. Setelah itu, beliau gunakan prinsip tumbuh kembang bersama untuk mencapai tujuan dan visi misi yang sama pula. Bu Yanti ini orangnya sama sekali tak pelit ilmu, apa yang beliau bias akan dikaderkan kepada para anggota KerLiP sesuai dengan bidang kemauan dan kemampuannya masing-masing. Contoh nyatanya adalah pada beberapa relawan yang bergabung di KerLiP bersama-sama dengan saya sejak April kemarin. Kami semua dapat dengan cepat diberi kepercayaan untuk memegang suatu tanggung jawab tertentu, dan itu bukan tanggung jawab yang main-main karena terkait dengan penilaian pada kinerja KerLiP di mata pihak luar. Sambil menjalankan amanah tersebut, kami juga sambil belajar bersama-sama untuk tumbuh kembang bersama. Tidak hanya tumbuh kembang bersama dengan para pegiat di KerLiP, namun uniknya prinsip di KerLiP juga tumbuh kembang bersama dengan apa yang tengah kami advokasi/tengah kami kerjakan.

Hingga pada saat ini, teman-teman di KerLip yang sedang dan masih belajar untuk tumbuh kembang bersama antara lain: (kebanyakan nama-nama yang dari Kampus STKS Bandung saja, karena saya memang kurang hafal dengan teman-teman yang lain he he he)

Pengurangan Risiko Bencana (PRB)/ Disaster Risk Reduction (DRR):

  • Koordinator: Ova Huzaefah
  • Staff: Dede Sunarya, Joko Setiawan, Alamsyah, Melati Putri Cendani

Kampanye dan Advokasi Hak Atas Pendidikan dan Perlindungan Anak

  • Koordinator: Zamzam Muzaki
  • Staff: Intan Slipilia, Muh Galuh, Fina

PAUD-BKB-Posyandu 0-3 tahun dan PKSA

  • Koordinator: Rijaludin Masri
  • Staff: Dian, Fira

Nah, kemudian masih ada relawan dari UNPAD dan lain-lain tentu KerLiP menjadi semakin ramai dan suasana kekeluargaan masih dapat terjalin dengan erat.

Kepada Bu Yanti, terima kasih banyak ya Bu sudah memberikan kami kesempatan untuk melakukan ini semua. Mari tumbuh kembang bersama-sama di KerLiP ^_^

Salam semangat selalu by Joko Setiawan aka Amkmjs2011, seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Ditulis pada Jum’at pagi, 03 Juni 2011/ 01 Rajab 1432 H at 07.35wib @Neru Net, Dago-Bandung, Jawa Barat

Dipublikasikan pada Sabtu pagi, 04 Juni 201/ 02 Rajab 1432 H at 09.00wib (publikasi otomatis, scheduled by WordPress.com)

Comments
2 Responses to “Kurasakan Tumbuh Kembang Bersama KerLiP”
  1. fharkhan says:

    kereeen..
    semangat dalam berkarya dan mengabdi kepada mayarakat..
    salam kenal..

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: