Meeting Pengenalan Humanitarian Response Fund with UN OCHA

Bismillahirrohmaanirrohiim,,,

Berawal dari Workshop untuk para relawan dan magang di Rumah KerLiP di Kanayakan. Sampai akhirnya saya bisa duduk bersama dengan para pembesar-pembesar International Agency for Disaster Risk Reduction in Indonesia. Ya, saya diajak oleh Bu Yanti, Ketua KerLiP untuk menghadiri meeting tersebut, namun ternyata Bu Yanti hanya 5 menit duduk kemudian naik ke lantai 09, di sana ada acara lain yang juga penting. Saya pun ditinggalkan sendiri bersama orang-orang hebat dan berpengalaman. Tidak hanya itu, sebelum Sholat Jum’at, Bu Yanti pamit mau langsung take off ke Lampung dan saya diminta untuk mengikuti acara tersebut sampai selesai. Astaga, siapa saya..?? Dan akhirnya saya pun mengikuti acaranya sampai selesai. ^_^

Jum’at, 13 Mei 2011 bertempat di Gedung Menara Thamrin Lt.07 Jakarta sejak pukul 09.00wib hingga 16.30wib diadakan Pengenalan HRF(Humanitarian Response Fund) yang digagas oleh UN-OCHA(United Nations – Office for the Coordination of Humanitarian Affairs). Ini merupakan forum perdana yang dimotori oleh UN-OCHA dalam rangka untuk lebih menjadikan familiar tentang program hingga akses pendanaan kemanusiaan bagi respon terhadap petaka kemanusiaan yang sering terjadi di Indonesia. Adapaun peserta dari forum ini antara lain:

  1. UN-OCHA
  2. KerLiP
  3. PLAN Indonesia
  4. OXFAM GB
  5. USAID
  6. YTBI
  7. MPBI
  8. Rumah Zakat
  9. Yakkum
  10. HFI
  11. REBANA
  12. ECHO
  13. Caritas Indonesia
  14. Dan ada beberapa yang luput dari catatan saya (saya mencatat dengan melihat absensi saat sampai di meja saya)

Kemudian mengenai jadwal acara yang telah disusun adalah sebagai berikut:

  • Registrasi peserta
  • Pembukaan oleh Kepala Kantor OCHA Indonesia
  • Perkenalan peserta dan tinjauan acara
  • Pengenalan HRF-Program oleh Mas Iwan
  • Istirahat
  • Pengenalan HRF-Administrasi dan Keuangan oleh Mbak Ari
  • Mekanisme pendanaan yang dimiliki oleh USAID oleh Mas Yuzak
  • Sholat Jum’at dan istirahat makan siang
  • Mekanisme pendanaan yang dimiliki oleh ECHO oleh Mbak Linda
  • Jender dan SEA(Sexual Exploitation and Abuse) oleh Mbak Wahyu
  • Istirahat
  • Berbagi pengalaman tentang HRF(PLAN dan OXFAM) oleh Mas Yusra dan Mas Lilik
  • Diskusi akhir dan penutupan

Dan Alhamdulillah saya mendapatkan soft copy-nya, insyaAllah dapat didownload di sini ya,,, 🙂

Pengenalan HRF – Program

Persyaratan Administrasi HRF

Mekanisme Pendanaan USAID

Presentation to Partners – Mekanisme Pendanaan ECHO

HRF – Oxfam Presentasi

Presentation – Gender for ERF training 13.5.2011

BERBAGI PENGALAMAN PENGELOLAAN HRF OLEH PLAN INDONESIA

Hmm,, Jujur saja ya, awalnya saya begitu sangat asing dengan materi yang tengah disampaikan. Terang saja, saya tak begitu tahu menahu tentang mekanisme pendanaan dan yang berkaitan dengannya. Namun, saya membuat sugesti pada diri saya sendiri bahwa hal itu sangat penting, terutama bagi KerLiP ke depannya ketika akan mengajukan proposal ke UN-OCHA berkenaan dengan HRF tersebut. Maka, saya pun dapat menikmati pembahasan dari waktu ke waktu. Apalagi meskipun mereka semuanya adalah orang-orang hebat dari masing-masing instansinya, tapi ternyata suasana kekeluargaan dan keakraban begitu erat terbangun. Alhamdulillah ^_^

Di sana saya jadi mengenal Mas Iwan dan Mbak Ari dari UN OCHA, Mas Lilik dari OXFAM, NMas Yusra dari PLAN, Mas Yuzak dari USAID, dan masih banyak lagi. Sungguh sebuah kesempatan langka bagi mahasiswa tak terkenal seperti saya ini 🙂

Nah, hal yang dapat saya petik dari pertemuan tersebut adalah bahwa ternyata lembaga donor juga mengharapkan banyak NGO baik lokal, nasional, maupun Internasional untuk dapat mengerti mekanisme pendanaan, persyaratan administrasi, maupun akuntabilitas dan kualitas dari NGO tersebut.

Forum seperti ini rasanya layak diadakan secara reguler supaya semua NGO dapat update berita terbaru tentang pendanaan dari donor.

Demikian sedikit bagi cerita dari saya,,,

Salam semangat selalu by Joko Setiawan, menapak jejak tak terbatas bersama KerLiP

Mahasiswa D-IV Semester VI Jurusan Rehabilitasi Sosial Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial(STKS) Bandung angkatan 2008

Ditulis dan dipublikasikan pada Sabtu malam, 14 Mei 2011 at 20.10wib @Neru Net, Dago-Bandung, Jawa Barat

===

===

Tinggalkan Jejak ^_^

