Menjadi Peserta Workshop&Lomba Karya Jurnalistik Pers Kampus GATRA 2011

Bismillahirrohmaanirrohiim,,

Workshop ini saya ketahui secara tidak sengaja ketika sedang jalan-jalan di kampus ITB. Seperti kebiasaan-kebiasaan saya sebelumnya, kegiatan yang edukatif di STKS Bandung ini sangat minim sekali, oleh karena itu ketika sedang jenuh berada di kampus, saya biasa meluangkan waktu untuk hanya sekedar jalan-jalan di kampus ITB. Saya merasa cukup terhibur dengan suasana kampus yang begitu padat kegiatan, tak ada ruang yang tidak sedap dipandang, atmosfer intelektual begitu kuat tercium baunya. ^^

Nah, dalam perjalanan itulah saya melihat banyak banner bertebaran di mana-mana, dan yang menarik perhatian saya adalah mengenai Workshop Jurnalistik. Yoosshhhh!!!! Ini dia yang kucari. Waktu dulu masih menjabat PimRed PALAWI, saya dan teman-teman redaksi belum sempat mengikuti workshop Jurnalistik, dan inilah saatnya. Dalam spanduknya tercantum biaya Rp 10.000,-/orang, tapi ternyata setelah saya konfirmasi kepada panitia, ternyata acara ini GRATISSSSSS. Alhamdulillah ^_^ Kemudian saya pun menjarkom melalui sms kepada Wilis, Nisa san, dan juga Revy agar mereka bisa mengikuti Workshop tersebut.

Workshop Jurnalistik ini dilaksanakan pada hari Kamis, 28 April 2011 di CC (Campus Center) Timur ITB mulai dari 07.30wib hingga 17.00wib. Namun pada kenyataannya acara ini resmi dibuka pada pukul 08.30wib dan berakhir pukul 17.45wib. Pemateri berasal dari Majalah GATRA dengan sponsor utama dari Danone Aqua dibantu Garuda Indonesia dan POS Indonesia.

Workshop Jurnalistik ini merupakan program rangkaian Indonesia Tour, yakni diadakan pada:

  1. UNHAS (Universitas Hasanuddin) Makasar pada 07 April 2011
  2. UGM (Universitas Gajah Mada) Jogjakarta pada 12 April 2011
  3. ITB (Institut Teknologi Bandung) Bandung pada 28 April 2011
  4. Universitas Udayana Bali pada 05 Mei 2011
  5. USU (Universitas Sumatera Utara) Medan pada 12 Mei 2011
  6. UNAIR (Universitas Airlangga) Surabaya pada 26 Mei 2011, dan terakhir
  7. UI (Universitas Indonesia) Jakarta pada 09 Juni 2011

Acara diawali dengan sambutan-sambutan, mulai dari sambutan dari KM (Keluarga Mahasiswa) ITB: Ichsan Maulana; Sambutan dari pihak ITB: Mas Sandro; Sambutan dari GATRA: Pak Budiono selaku Direktur Utama Majalah GATRA dan beliau sekaligus membuka acara Workshop Jurnalistik ini. Dalam sambutannya, Pak Budiono menjelaskan bahwa tujuan dari diadakannya Workshop Jurnalistik ini adalah untuk membekali para intelektual bangsa untuk membuat berita yang menarik dan memikat, serta memiliki nilai jual. Demikian uangkap beliau secara berapi-api. Luar biasa Pak di usia yang sudah senja itu šŸ™‚

SESI # 1 : Presentasi dari GULFAR, salah Pers Kampus di ITB yang dibawakan oleh Panji Wicaksono

ā€œJurnalisme Investigatifā€. Di sini dijelaskan mengenai bagaimana proses reportase yang dimulai dari penentuan tema, perumusan masalah, penggalian bahan, komparasi, pengujian, penulisan, dan terakhir pengujian akhir. Dijelaskan panjang lebar mengenai masing-masing alur. Namun sayangnya saya tidak mengcopy file yang dari Mas Wicaksono tersebut. Saya hanya sempat mencatat tentang alur penggalian bahan dan juga penulisan.

Penggalian Bahan: reportase dan wawancara; data public; dokumentasi kliping; data online; informan; dan penyamaran. Sedangkan penulisan: singkat, padat dan jelas (lugas, sederhana); argumentative (melibatkan pembaca, menarik)

SESI # 2 : Presentasi dari Bapak Budiono, Direktur Utama GATRA

ā€œPelatihan Jurnalistikā€. Yang paling teringat dari presentasi beliau adalah bahwa pendapat yang diperoleh GATRA ini adalah 60% dari iklan dan 40% dari penjualan. Kemudian pada sesi tanya jawab, memang ada beberapa penanya, salah satunya adalah diri saya sendiri. Saya menanyakan kepada beliau tentang tips-tips mencari partner percetakan dan juga mengenai CSR dari GATRA untuk menghidupkan Pers Kampus. Namun jawaban beliau malah cukup mengena. Beliau bilang bahwa jadi mahasiswa jangan mudah menengadahkan tangan, mahasiswa harus aktif dan kreatif untuk bisa menghasilkan sesuatu, manfaatnya dapat dirasakan banyak orang, dan pada akhirnya karyanya akan dihargai. Kira-kira begitulah hal yang dipesankan oleh beliau. Bahkan beliau mengulanginya kembali ketika sudah duduk di kursi peserta, kebetulan tempat duduk beliau bersebelahan dengan saya, dan beliau menegaskan apa yang telah disampaikan di depan tadi. Terima kasih Pak Budi, terima kasih juga untuk kartu namanya ya šŸ™‚

File Presentasi beliau dapat diunduh di sini

SESI # 3 : Presentasi dari Pihak Redaktur GATRA, Mas Halim dan Mas Agung

ā€œReportase Investigasi dan Penulisan Investigasiā€. Satu hal kecil yang saya catat adalah mengenai wawancara agar tulisan menjadi baik untuk dibaca: kritis (ditunjang informasi awal), memahami persoalan, dan juga tak mudah menyerah. Investigasi itu dilaksanakan dalam sebuah Kerja Tim.

File presentasi dapat diunduh di sini

SESI # 4 : Presentasi dari pihak Aqua sebagai sponsor utama, dibawakan oleh Bapak Agung

ā€œPendekatan Terintegrasi dalam Pengelolaan Airā€. Di sini Pak Agung lebih banyak menjelaskan mengenai cara aqua memperoleh air, yaitu dari air bawah tanah. Kemudian dijelaskan juga mengenai banyak hal yang sudah dilakukan oleh Aqua dalam pengeloaan air bersih, termasuk penanaman pohon, penyadaran masyarakat untuk menjaga sungai, tidak membuang sampah sembarangan, hingga pada pengembangan masyarakat melalui modal usaha.

SESI # 5 : Presentasi dari Fotografer GATRA, Mas Abdul Malik MSN

ā€œTentang Fotografiā€. Mas Malik ini orangnya kocak, bahasa nya ā€œmedokā€ Jawa banget gitu dech. Namun presentasi menjadi menyenangkan dan tidak membuat tegang. Mas Malik menjelaskan mengenai jenis-jenis fotografi hingga demo dari hasil jenis foto-foto tersebut. Satu hal yang saya ingat adalah bahwa dalam jurnalistik, tidak diperbolehkan memanipulasi foto. Kemudian keyword dari seorang fotografer adalah: Konseptor, Negosiator, Eksekutor, dan Kolektor.

SESI # 5 : Presentasi dari Layouter GATRA, Mas Jerry Ferdian G

ā€œKomunikasi Visualā€. Di sini mas Jerry banyak menjelaskan mengenai dasar-dasar membuat layout kemudian disertai juga beberapa tips untuk membuat layout yang bagus. Saya sich menyimak dari awal hingga akhir, tapi tetap saja yang nyantol itu cuman sedikit he he he. Sepertinya memang saya tak cakap menjadi layouter he he he.

SESI AKHIR : Simulasi Pembuatan Reportase Investigasi dengan tema berkenaan dengan Air

Di sini semua peserta pelatihan dibagi menjadi beberapa kelompok. Awalnya sich saya di kelompok 15, namun setelah ada berbagai perubahan dan penggabungan, semua teman-teman kelompok 15 berubah menjadi kelompok 09 dengan anggota:

  • Joko Setiawan dari STKS Bandung
  • Dessy dari Institut Manajemen Telkom
  • Angga dari ITB
  • Ari dari ITB
  • Acha dari ITB
  • Indah dari UPI, dan
  • Fitri dari Poltek Ganesha ITB

Dessy memang sosok yang menonjol dari awal, gaya bicara dan berpikirnya sungguh kritis dan kreatif. Dalam tim kami pun dia begitu mudahnya mengeluarkan ide-ide brilian dan dengan cepatnya dapat membagi tugas untuk kami semua. Berikut ini sedikit yang saya ingat tentang hasil karya kelompok kami (saya tak mencatat sepenuhnya) he he he

  • Tema : Bencana di Balik Manfaat Air
  • Latar Belakang: yang membuat Dessy
  • Angle/Sudut pandang: yang membuat Dessy
  • Sumber yang diwawancarai: yang membuat Angga dan Acha
  • Foto disertai keterangan: yang membuat Fitri dan Indah
  • Kerangka tulisan/artikel: yang membuat Joko (saya) dan Ari

Gambaran umumnya adalah berbicara tentang banjir di Bandung Selatan (Dayeuhkolot) kemudian mengerucutkan membuat artikel dengan 2 hal, satu bersifat informatif dengan judul ā€œBanjir, Salah Siapa?ā€ dan satunya lagi bersifat informatif dengan judul ā€œAir dan Manusiaā€

Nah, tibalah pada saat yang ditunggu-tunggu. Yaitu pengumuman pemenang, dan ALHAMDULILLAH ^^ Kelompok kami menang sebagai JUARA 1 dengan hadiah utama berupa Flash Disk Kingston kapasitas 4 GB.Ā Selain itu, di akhir acara, seluruh peserta mendapatkan sertifikat dan juga bingkisan yang isinya mulai dari tempat wadah laptop, majalah GATRA edisi terbaru, dan juga souvenir tempat tissue. Keren bukan šŸ˜‰

Sungguh tak sia-sia membolos kuliah Peksos dengan Kelompok pagi kemarin (Upsss keceplosan dech he he he)

Demikian laporan Workshop Jurnalistik Pers Kampus GATRA 2011 yang dapat saya laporkan. Semoga dapat memberikan manfaat bagi para pembaca baik dari sisi pengetahuan maupun praktek dalam bidang Jurnalistik.

Salam semangat selalu by Joko Setiawan, Mahasiswa D-IV Semester VI Jurusan Rehabilitasi Sosial Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung angkatan 2008

Dipublikasikan pada Jumā€™at pagi, 29 April 2011 at 05.54wib @Neru Net, Dago-Bandung, Jawa Barat

Comments
7 Responses to “Menjadi Peserta Workshop&Lomba Karya Jurnalistik Pers Kampus GATRA 2011”
  1. W. roja"i says:

    isnyaallah; akan kami sebarkan berita ini di daerah tulungagung dan jawa timur…semanat….

  2. fafan says:

    Kepada Seluruh Panitia Workshop Jurnalistik dan Alumni Workshop Jurnalistik GATRA 2011.
    di 7 kota/Universitas.

    Sehubungan dengan terselenggaranya WORKSHOP JURNALISTIK GATRA 2011 di 7 kota/Universitas yang sudah dilaksanakan mulai bulan April s/d Juni 2011 yang berakhir di kota Jakarta Universitas Indonesia.

    Majalah GATRA beserta sponsor yang mendukung acara tersebut mengucapkan sebesar-besarnya kepada panitia lokal yang sudah menjadi bagian dalam WORKSHOP JURNALISTIK GATRA 2011. :

    1. Pers Kampus Identitas Universitas Hasanudin – Makassar.
    2. Pers Kampus Equilibrium Universitas Gajah Mada – Yogyakarta.
    3. Pers Kampus ITB Bandung.
    4. Pers Kampus Maestro Universitas Udayana – Denpasar.
    5. Pers Kampus Suara USU Universitas Sumatra Utara – Medan
    6. Pers Kampus Mercusuar Universitas Airlangga – Surabaya
    7. Pers Kampus BOE Universitas Indonesia – Jakarta.

    Lomba Workshop Jurnalistik GATRA 2011 :
    1. Karya Penulisan Jurnalistik 2011, min. 5000 karakter Tema “Pengelolaan Air”. Penulisan dapat di email paling lambat bulan Juli 2011. promosi@gatra.com, Hasil penulisan terbaik akan kami kirimkan Hadiah dan akan dikirim langsung ke alamat pemenang.

    2. Lomba Pers kampus 2011 Sudah dibuka mulai bulan Juni – 3 Oktober 2011, Persyaratan dan info ada di dalam Poster dan Flyer atau website http://www.gatra.com pemenang akan diumumkan di Majalah GATRA, Facebook GATRA, Twitter. di bulan November 2011. Pemenang akan diundang ke Jakarta Untuk menerima Hadiah pada saat Anniversary Majalah GATRA 17 Tahun dibulan November 2011.

    Informasi ini dapat disebar luaskan ke teman-teman panitia dan Alumni Workshop Jurnalistik GATRA 2011

    Majalah GATRA sangat terbuka untuk teman-teman Pers Kampus yang ingin bertanya seputar Jurnalistik dan kunjungan media, Kami Majalah GATRA sangat terbuka sekali untuk menjalin Community Pers Campus GATRA. Community tersebut dapat diikuti oleh berbagai pers kampus diseluruh Indonesia. Community tersebut dapat menambah pertemanan dan bertukar pikian dibidang jurnalistik.

    Info :
    Facebook GATRA : Majalah GATRA
    Twitter : GATRA_News dan GATRAMAGZ

    No. Tlpn. 021 797 3535 ext 119 / 021 94019311 (Habib)

    021 797 3535 ext 118 (Stefanus)
    Email : promosi@gatra.com

    website : http://www.gatra.com

    Terimakasih kami ucapkan dan apabila ada kekurangan dari kami saya mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya.

    Thx
    Habib Asyhari
    Majalah GATRA

    ——————————————————————————–

  3. ERVIANA says:

    DI usu juga ada ya mau ikut ah

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: