Enaknya Bekerja di Sektor Swasta atau PNS ya,,??

Bismillahirrohmaanirrohiim,,

Hingga pada detik ini, di kepala saya masih belum pernah terlintas sama sekali untuk dapat menjadi seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil). Bukan berarti saya tidak ingin mengabdi kepada bangsa dan Negara, namun saya berpikir bahwa banyak jalan untuk mewujudkan kontribusi kita terhadap kemajuan tanah air kita. Meriwayat dari sejarah keluarga saya, memang dari dulu sampai sekarang tak ada sama sekali yang bekerja di sektor pemerintahan. Mbah saya dari garis ayah adalah seorang petani, sedangkan mbah dari garis ibu adalah seorang nelayan. Kakak-kakak saya pun tak ada yang sampai pada jalur PNS, begitu juga dengan keluarga besar, sama sekali tak ada satu pun yang menjadi PNS. Nah, mungkin dari sana mengalir pemahaman pada diri saya tentang tak memikirkannya menjadi seorang PNS (tapi akhir-akhir ini, Kak Yusuf berencana ingin menjadi PNS)

Awalnya dulu cita-cita saya adalah menjadi seorang wirausaha, punya usaha sendiri dan mengembangkannya supaya menjadi besar, dan sampai sekarang pun masih demikian. Namun ternyata langsung menerjunkan diri sebagai seorang wiraswasta bukanlah pemikiran yang tepat (menurut saya). Jalinan relasi itu penting, dan memiliki posisi juga penting. Artinya apa..?? Saya harus bias gabung dahulu di suatu perusahaan atau LSM/NGO/INGO dan memiliki posisi penting di sana. Tenaga saya dipakai dan dihargai sesuai dengan kemampuan yang saya miliki, nah selanjutnya dalam waktu yang bersamaan saya juga mulai membangun usaha sendiri yang dikembangkan bersama isteri saya nanti. Amiinn ^_^

Berbicara mengenai karier swasta atau negeri, itu memang menjadi wilayah pilihan, banyak orang berbeda-beda pemikiran mengenai cara menyikapinya. Tapi di sini, saya memang hendak ingin mengungkapkan apa yang ada di kepala saya, apa yang menjadi pemikiran saya, dan apa yang menjadi rencana saya di masa depan. Bagaimana kita menimbangnya,,??? Berikut ini sedikit gambaran tentang pertimbangan tersebut:

.

.

Pe En Es Alias Pegawai Negeri Sipil

  • Pekerjaan dan gaji jelas dan jarang telat
  • Adanya jaminan gaji di masa udzur (pensiunan)
  • Adanya tunjangan-tunjangan di samping gaji pokok
  • Adanya strata yang tinggi di dalam masyarakat
  • Mengabdikan diri kepada bangsa dan Negara
  • Tuntutan pekerjaan tidak terlalu berat
  • Tak ada/minim ancaman untuk di PHK

Bagaimana dengan Bekerja di Sektor Swasta

  • Posisi jabatan sesuai dengan kemampuan
  • Bisa mengeksplore diri secara lebih jauh
  • Memiliki relasi yang kuat dengan mitra
  • Semakin tinggi jam terbangnya, semakin bernilai harganya
  • Gaji bisa melebihi 50x lipat dari gaji PNS
  • Minim kesempatan untuk melakukan korupsi
  • Bekerja dengan maksimal karena tuntutan pekerjaan
  • Senantiasa kreatif dan inovatif dalam dunia kerja

Kira-kira ada yang mau menambahkan untuk berbagai pertimbangan dari bekerja di sektor swasta vs PNS di atas..??? Selanjutnya adalah menjadi seorang wirausahawan, beberapa pertimbangannya

  • Menjadi direktur usaha yang dijalankannya
  • Tak pernah setengah hati untuk meluangkan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk mengembangkan usahanya supaya lebih maju
  • Melatih jiwa kepemimpinan dengan manajemen yang luar biasa
  • Tidak ada yang memerintah atau menyalahkan ini dan itu
  • Dapat dilakukan di waktu luang atau pun full time
  • Peluang menjadi kaya raya semakin terbuka lebar

Ya, mungkin hal-hal yang saya ungkapkan di atas belumlah cukup lengkap untuk menjadi sebuah analisis dalam menentukan pilihan antara karier swasta ataukah di jalur PNS. Namun, paling tidak saya telah memberikan sedikit gambaran bagi para pembaca dan juga meng-influence tentang pemikiran saya yang hingga pada detik ini memutuskan untuk nantinya setelah lulus dapat berkarier di sektor swasta, seperti bekerja di sebuah perusahaan, LSM, NGO/INGO, atau bahkan di lingkar UN (United Nations).

Lalu bagaimana pilihan Anda..??? Jawabannya Anda sendiri yang tahu ^^

Salam semangat selalu by Joko Setiawan, Mahasiswa D-IV Semester VI Jurusan Rehabilitasi Sosial Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung angkatan 2008

Dipublikasikan pada Selasa malam, 26 April 2011 at 21.57wib @Neru Net, Dago-Bandung, Jawa Barat

Comments
16 Responses to “Enaknya Bekerja di Sektor Swasta atau PNS ya,,??”
  1. Kalau saya sekarang PNS yang malahan mau Resign karena saya tidak merasa nyaman dengan pekerjaan sekarang dan juga tidak mau terlalu dalam masuk kelingkaran korupsi yang kayaknya sudah menjadi budaya PNS.
    sebelum jadi PNS dulu saya adalah karyawan perusahan tambang dan rencana ke depannya mau kembali sektor tambang saja tapi ke perusahaan lain.

  2. hhiii mkaasih mas, ntar nasi kuningnya dkirim via email.. hhee😀

    julie itu dari nama bulan saya lahir sih..hho

    iyaa mas, ehm ehm.. meskipun kmrn2 sdang dlanda ujian bertubi-tubi😦

    maaf mas,, sya baca ini sebelum baca curhatannya mas joe,,hhee😉 saya pikir mas joe masih berhubungan baik. skrg komunikasinya gmn? masih lancar sama mbak UK nya??🙂

    • Hohoho,,, gimana makannya donk kalo vai email he he he😀

      Waahhh,, lahir di Bulan Juli to,,, jangan lupa traktirannya ya Resty san🙂

      Tapi sekarang sudah bisa mengatasi segala ujian itu kan ,, semoga😉

      Alhamdulillah, aku sudah berhasil membangun komunikasi yang baik di antara kami kembali ^^
      Bukan dekat lagi yang kutawarkan, namun Azzam diri untuk menjemputnya pada saatnya nanti, dan untuk hubungan komunikasi, tak perlu ada yang berubah. Kami tetap teman dan saling menasehati dan mengingatkan (^_^)

      • ya.. yg dimakan laptopnya. wkwkwk

        hmm,,, traktirannya lwt apa, to mas..?

        Alhmdlh sudah berjalan seperti biasa lagi.. mas

        Siip deh, silaturahmi gak boleh ptus.. \^^_^^/ sbenarnya aku pun ingn yg sperti itu mas, tapi si ehm keukeuh gamau,,, takut dsamber org kyanya😀

  3. kalo menurut saya, selama mas joe bisa menjalankan kdua-duanya dengan baik (PNS dan wirausaha) toh kenapa tidak? yang drencanakan oleh ehm ehm saya sih seperti itu katanya.. mungkin pemilihan wirausahanya dan kerja PNS nya yg tepat biar kedua-duanya berjalan baik, ^^_^^
    tapi saya pribadi berencana untuk menjdi PNS aja. mnurut saya menjadi guru itu cocok untuk perempuan. bagaimana dengan calon nya mas joe?? hhe

    itu ftonya calon mas joe ya?

    • Hmm,,,, Ok ok ok,,, seperti yang sudah saya bilang bukan, bahwa pilihan ada di kita masing-masing, dan pilihan Julie (nama baru nich) juga bagus kok🙂

      Waaahhh,, sudah punya ehm ehm ternyata ya,, sukses dech untuk rencana beliau:mrgreen:

      Dia pun berpikiran demikian, PNS di Kementerian Sosial, saya sich mendoakan saja, meskipun saya sendiri tak ada pikiran sama sekali untuk berkarier menjadi seorang PNS he he he

      Ya, insyaAllah. Saya tidak berani menyebut calon, karena Allah penentunya. Saya usahakan dia menjadi calon dan sekaligus isteri di masa depan nanti ^^

      Salam semangat selalu

  4. erick azof says:

    Semuanyaa bagus, asal halal dan dapat memberi manfaat bagi banyak orang😀

  5. Asop says:

    Walaaah saya sih malah pengennya jadi wirausaha, buka usaha sendiri.😀

  6. Semuanya bagus Sob.

    Yang terpenting kita dapat menikmati bidang pekerjaan atau usaha yang dijalankan.

    Sukses selalu

    Salam

    Ejawantah’s Blog

  7. dicky says:

    menurutku semuanya bagus…so pilihlah apa yang benar-benar anda sukai. tapi kalo saya sendiri memang mempunyai minat yang sangat sedikit menjadi seorang PNS. saya sendiri tidak tahu apakah saya nanti bekerja pada bidang yang telah saya tekuni sejak berada di bangku kuliah atau tidak, karena bagi saya asalkan saya dapat melakukan pekerjaan tersebut dengan baik dan sesuai dengan aspek-aspek yang saya butuhkan. why not??? PNS is not death choice…

    • Hmm,,, Hampir2 mirip lah denganku ya Dick, mencoba untuk tak masuk dalam dunia birokrasi he he he:mrgreen:

      Hmm,, betul betul betul, paling tepat sich sebenarnya kita musti bekerja sesuai dengan bidang kuliah yang kita pelajari, artinya kita akan menjadi expert yang kemudian dihargai kinerja kita, namun jika ingin banting stir juga tidak masalah, tok di dunia kerja pada kenyataannya banyak juga yang tidak nyambung dengan dunia kuliahnya he he he,,,,

      Siip lah Dick, kalo adanya cuman PNS, mungkin juga nanti bakalan diambil hohoho😀

      Salam semangat selalu dari Neru Net

Tinggalkan Jejak ^_^

