Kuliah Umum: Preview Hypnotheraphy Based NLP

Bismillahirrohmaanirrohiim,,

Alhamdulillah akhir-akhir ini cukup sering diadakan kuliah umum di Kampus STKS Bandung tercinta. Mulai dari tentang Rehabilitasi Medis sampai dengan Hypnotheraphy berbasis NLP. Nah, dan yang ingin saya share saat ini adalah tentang Hypnotheraphy yang diadakan tadi siang pada Senin, 25 April 2011 @Aula GSG Lantai III Kampus STKS Bandung.

Pematerinya adalah Mas Dede Jaenal Arifin S.CI.NLP dan dibantu dengan 2 asisten pribadinya. Ini merupakan kuliah umum yang bersifat pengenalan tentang apa itu yang dimaksud dengan Hypnotheraphy dan bagaimana pula cara kerjanya dalam proses pertolongan. Kemudian yang dimaksud dengan NLP sendiri adalah kependekan dari Neuro Linguistik Programming yang lebih menekankan pada gaya bahasa provokatif aktif untuk membantu klien mengatasi masalahnya. Acara kuliah umum ini dimoderatori oleh Ibu Meiti Subardhini, M. Si dengan peserta berasal dari mahasiswa STKS Bandung kelas 2E, 2F, 2G, 3A Rehsos, 3B Rehsos, dan 3C Rehsos. Untuk kelas 2 adalah berkaitan dengan mata kuliah Pengubahan Perilaku, sedangkan untuk kelas 3 berkenaan dengan mata kuliah Pekerjaan Sosial dengan Kelompok.

Sesi awal dibuka sekitar pukul 09.30wib. Mas Dede lebih banyak melakukan demo-demo sebelum menginjak pada beberapa pengertian secara teori. Untuk kesempatan pertama dimulai dengan atraksi Tusuk Jarum dan Injak Beling. Tidak masalah jika yang melakukan demo tersebut adalah pemateri, yang menegangkan, peragaan atraksi tersebut diminta dari peserta kuliah umum. Waduh, lha wong saya ini takut sekali sama jarum suntik, jadi saya persilahkan saja yang lainnya untuk maju ke depan he he he. Namun luar biasanya, hanya dengan diberikan beberapa sugesti melalui kata-kata, salah satu peserta yang mencoba pertama (namanya Yansen) ternyata tidak merasakan sakit apa-apa. Luar biasa sekali ya, dan para peserta pun dibuat terkagum-kagum hampir tidak percaya.

Selanjutnya barulah saya berani untuk tampil ke depan, yaitu pada saat atraksi Injak Beling. Saya berani karena waktu dulu memang sudah pernah sich, pada saat mengikuti Perguruan Silat Satria Naga Langit (SNL) sewaktu usia SMP. Waktu itu saya pernah makan beling dan makan silet, dan ternyata tidak apa-apa. Oleh karenanya saya berani untuk menginjak beling dan sama sekali tidak terasa sakit sama sekali, rasanya seperti menginjak kayu dan daun. Luar biasa bukan untuk pemula seperti saya ini he he he. Namun kemudian saya teringat, berarti waktu dulu di perguruan silat, saya ditipu ya, bukan karena kaki saya menjadi kebal, namun dengan sugesti bahwa kita bisa, ternyata bisa juga melewati beling-beling itu tanpa ada darah yang tercecer.

Ada beberapa tips yang ditampilkan mengenai melatih linguistik ini, beberapa diantaranya:

  • Say No to kata “TIDAK” dan juga “JANGAN”, karena otak akan memproses kata setelahnya. Misal: Jangan malas (jadinya malas), Jangan nyontek (adanya malah nyontek), dan seterusnya
  • Sugesti kata positif akan lebih membuat otak merasa nyaman dan hati menjadi gembira serta tenteram. Misal: Saya orang yang sabar, Saya suka menolong, Saya berlapang dada, dan lain sebagainya
  • Tanamkan dalam pikiran tentang sesuatu yang luar biasa yang bisa kita lakukan. Misal: Saya bisa bangun malam setiap hari untuk sholat malam, Saya bisa datang tepat waktu ke kampus, Saya bisa meraih IP 4.0, dan lain-lain
  • Katakan “BISA” pada diri Anda sendiri dan selalu semangat untuk meraih cita dan asa

Dari teori yang disampaikan, disebutkan bahwa segala hal yang kita lakukan ini adalah 12% conscious (alam sadar) dan 88% subconscious (alam bawah sadar). Dan di antaranya adalah Pikiran Kritis, pikiran kritis ini mensortir hal-hal yang bersifat penting/tidak penting, bermanfaat/tidak bermanfaat, menguntungkan/tidak menguntungkan, dan lain-lain. Semakin banyak kita mempertebal pikiran kritis, maka semakin susah diri kita untuk menjadi maju. Namun pikiran kritis juga perlu agar kita tak mudah dibohongi oleh orang lain.

Secara teoritis alurnya adalah sebagai berikut:

Panca Indra ==> Concious ==> Critical Area (RAS) ==> Sub Concious ==> Belief System ==> Self Image/Behavior

Nah, jadi jelas bukan,,?? Apa yang kita tanamkan dalam pikiran akan menjadi belief system dan pada akhirnya akan menjadi behavior yang nampak di permukaan.

Demo selanjutnya adalah sampai membuat orang tidur dan mengikuti sugesti-sugesti yang disampaikan oleh pembicara. Dalam praktek ini, banyak sekali teman-teman mahasiswa yang berminat, hingga sekitar 8 orang yang maju ke depan. Bahkan Novi dan Praba hingga menangis tersedu-sedu karena mengeluarkan uneg-uneg yang menyakitkan bagi dirinya. Hingga pada sesi terakhir, saya pun diminta untuk maju ke depan untuk mempraktekkan sebagai objek hypnosis. Saya pun disugesti untuk menjadi insan yang penuh semangat dan berdaya juang tinggi untuk menggapai cita-cita di masa depan. Alhamdulillah. Terima kasih ya Kang Dede dan tim (^_^)

Di akhir sesi, kami diminta untuk berdiri semuanya dan memeragakan Brain Gym, dan ternyata saya sama sekali tak bisa mengikutinya. Meski memang sangat menarik, tapi saya selalu saja ketinggalan gerakan-gerakannya. Sepertinya memang harus lebih banyak berlatih tentang Brain Gym ini he he he.

Demikianlah catatan dan laporan singkat dari Kuliah Umum tadi pagi. Semoga bermanfaat dan menjadi satu cerita menarik tersendiri yang mewarnai kegiatan di Kampus Biru STKS Bandung.

Selesai ditulis pada Senin malam, 25 April 2011 at 21.23wib @Neru Net, Dago – Bandung, Jawa Barat oleh Joko Setiawan, Mahasiswa Semester VI Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung Jurusan Rehabilitasi Sosial angkatan 2008

Dipublikasikan pada Senin malam, 25 April 2011 at 21.27wib @Neru Net, Dago – Bandung, Jawa Barat

Comments
4 Responses to “Kuliah Umum: Preview Hypnotheraphy Based NLP”
  1. hery says:

    maaf yang anda mksud satria naga langit itu ada d bojonegoro

  2. Asop says:

    Sepertinya amat menyenangkan dan bermanfaat. 🙂

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: