Pekerjaan Sosial Generalis, Apa dan Bagaimana,,??

Bismillahirrohmaanirrohiim,,

Artikel ini adalah sebuah tulisan untuk kontribusi di Buletin  PALAWI Edisi Februari 2011 yang akan terbit pada awal bulan Maret ini di Kampus STKS Bandung. Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan ilmu bagi kita semua. Salam semangat selalu

By Joko Setiawan, Koordinator Jurnalistik JOCO STKS Bandung 2011

Senin malam, 28 Februari 2011 at 23.40wib @Neru Net, Dago,-Bandung, Jawa Barat

***

Pekerjaan Sosial Generalis, Apa dan Bagaimana..??

Halo kawan-kawan mahasiswa calon pekerja sosial,,?? Apa kabar hari ini,,?? Pada edisi PALAWI beberapa bulan lalu, telah kita bahas mengenai apa itu yang dimaksud dengan “pekerjaan sosial” dan “pekerja sosial”, selanjutnya kita akan mengupas tentang apakah yang dimaksud dengan praktek pekerjaan sosial generalis dan bagaimana sebenarnya peranannya dalam kaitannya dengan upaya penanganan masalah keberfungsian sosial klien.

Namun sebelum melangkah ke sana, mari kita bahas sedikit saja tentang apa yang diajarkan di kampus STKS Bandung ini. Sebelumnya, untuk program Diploma IV telah dibagi menjadi 2 jurusan, Pengembangan Sosial Masyarakat (PSM) yang fokus utamanya adalah berpusat pada Community Development and Social Policy dan Rehabilitasi Sosial (Rehsos) yang lebih berpusat pada praktek pekerjaan sosial klinis. Tapi sejak tahun angkatan 2009 dan seterusnya, dipakai konsep berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dengan mengusung prinsip “Generalist Social Work Pracatice”.

Lalu sebenarnya apakah itu praktek pekerjaan sosial generalis,,?? Praktek pekerjaan sosial generalis memiliki prinsip dasar bahwa pekerjan sosial dapat menggunakan proses pemecahan masalah untuk turut intervensi dalam banyak bentuk-bentuk sistem seperti individu, keluarga, kelompok, organisasi, dan juga masyarakat (Zastrow, 1999). Seorang pekerja sosial generalis juga bekerja dalam konteks orang di dalam lingkungannya(PIE/Person in Environment) yang meliputi konseptualisasi dari model sistem pencegahan dan juga intervensi sebagai sebuah sistem proses baru yang menggantikan system model tradisional yang lebih mengarah hanya kepada intervensi terhadap individu saja (Shriver, 1998).

Nah, secara kontekstual di kampus STKS Bandung ini. Tentu saja praktek pekerjaan sosial generalis menjadi sebuah tantangan dan kebanggaan tersendiri. Karena memang seorang pekerja sosial generalis dituntut untuk mengetahui kompleksitas dari seluruh praktek pekerjaan sosial itu sendiri. Maka tidak berlebihan memang jika dikatakan bahwa generasi angkatan sekarang ini akan lebih pintar dan lebih berpengetahuan daripada kakak-kakak kelas yang terdahulu. Meski memang masih dalam tahapan percobaan dengan kurikulum baru, harapan ke depan adalah bahwa lulusan dari STKS Bandung merupakan mereka yang memiliki keilmuan praktek generalis yang mumpuni disertai kemampuan praktek di lapangan yang dapat terjun ke seting mana saja, baik klinis, pemberdayaan masyarakat maupun di bidang kebijakan.

Salam semangat selalu dan mari tingkatkan kualitas diri serta kecintaan terhadap profesi yang akan kita emban di kemudian hari nanti. (amkmjs.feb.2011)

Comments
4 Responses to “Pekerjaan Sosial Generalis, Apa dan Bagaimana,,??”
  1. muttaqin says:

    lum jelas … apa itu pekerja sosial generalis, apa dan bagaimana????

  2. widayatno,MPPS.SP says:

    saya rindu dengan ertikel pekerjaan sosial, karena akan dapat menambah kasanah pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam tentang pekerjaan sosial. sebagaimana kita tahu dunia pekerjaan sosial di Indonesia masih relatif belum dikenal masyarakat luas, sehingga pengakuan atas profesi pekerjaan sosialpun belum sehebat profesi lainnya. saya yakin dengan publikasi melalui penulisan artikel seperti ini akan dapat membantu mendongkrak profesi pekerjaan sosial. salam untuk mas joko dan semua dosen STKS Bandung “jangan berhenti berkarya” kami yg di birokrasi tak kan berhenti mengaplikasikan.

    • Selamat datang Pak Widayatno di Blog Bocahbancar 🙂

      Benar Pak, saya pun menyadarinya. Namun jangan khawatir Pak, semenjak tahun 2009 silam, saya sudah mencoba menggerakkan teman-teman untuk mulai banyak menulis tentang dunia pekerjaan sosial atau paling tidak tentang mata kuliah yang sedang dijalani. Dan alhamdulillah, bahkan sudah ada yang membuat web pribadi juga,,, InsyaAllah semua lini akan bersama-sama turut ikut serta dalam mempromosikan profesi kita kepada masyarakat luas ^_^

      Terima kasih untuk semangat Pak Widayatno untuk kami (mahasiswa) dan para dosen di STKS Bandung,,,

      Salam semangat selalu

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

<span>%d</span> bloggers like this: