Mumpung Masih Menjadi Mahasiswa

Bismillahirrohmaanirrohiim,,

Saya adalah salah satu anak manusia yang paling beruntung. Bagaimana tidak, di tengah mahalnya biaya pendidikan di negeri ini, saya masih bisa menjadikan diri ini berstatus “mahasiswa” meskipun 100% teman-teman seperjuangan di SMKN 4 Bojonegoro dahulu tidak ada yang tahu satu orangpun. Ya kebanyakan mereka memang tidak mengira bahwa saya bakalan menerjunkan diri di kampus dengan Jurusan Rehabilitasi Sosial ini, pandangan yang paling mungkin adalah dengan meneruskan jurusan Geologi di Jawa Tengah ataupun Jawa Timur. That’s no problem, yang penting dan yang paling penting, cita-cita untuk bisa meneruskan pendidikan tinggi ini dapat terpenuhi πŸ™‚

Kemudian, jika sudah menjadi mahasiswa seperti ini, apa yang harus dilakukan,,? Apa yang bisa dilakukan,,? Beruntunglah kalau Anda adalah salah satu yang bertanya-tanya, karena banyak dari para mahasiswa yang malas untuk bertanya tentang hal apa yang bisa ia lakukan. Menurutnya bahwa tugas-tugas dari beberapa dosen saja sudah membuat kepala pusing, kenapa harus memusingkan diri lagi dengan pertanyaan “apa yang bisa dilakukan?”. Cukup kuliah, kuliah saja untuk menggapai nilai maksimal yang diinginkan. Kalau untuk masa-masa SMP dan SMA, bolehlah pola pikir seperti itu masih ada, namun jika sudah menjadi mahasiswa, ya mbok pemikiran tersebut jangan dibawa-bawa lagi. Iya to,,??

Ilustrasi Gambar: Saya, Kak Alam dan Mas Arif PJ saat mengikuti Focus Group Discussion (FGD) di Universitas Indonesia, Depok.

Kembali membahas pada judul awal, berulang kali hal yang saya ungkapkan kepada teman-teman di kampus Bandung College of Social Welfare (BCSW) adalah “mumpung masih menjadi mahasiswa”. Banyak sekali yang bisa dilakukan semasa menjadi mahasiswa, aktif di salah satu organisasi intra kampus adalah cara termudah untuk mengisi waktu dan menjalin relasi. Iya donk, sekarang pintar saja tidak cukup, hubungan dengan antar mahasiswa, dosen, maupun praktisi, itulah yang dominan banyak membantu kita saat usai kuliah nanti.

Ada beberapa pernyataan teman-teman saya yang membuat saya tersenyum simpul, “saya sebenarnya ingin aktif, tapi bingung mau ikut yang mana”, “saya ingin aktif, tapi belum ada yang pas dengan hobi”, “saya ingin aktif, tapi tidak diperbolehkan sama orang tua”. Alamak, hari gini kok masih banyak alasan sekali. Bukan bermaksud menyalahkan, tapi ayolah, marilah, perhatikan seruan ini. Bahwa banyak sekali keuntungan ketika mempergunakan masa menjadi mahasiswa dengan baik. Beberapa ini diantaranya yang bisa saya sebutkan:

  1. Terkenal. Hohohoho, ini saya tempatkan di urutan pertama karena siapa sich yang tidak ingin terkenal, paling tidak dikenal oleh banyak orang, apalagi dikenal dengan track record yang baik di mata mahasiswa dan dosen. Tentu saja kita akan terkenal setelah eksis di berbagai kegitan kampus, bukan terkenal karena sebab yang “miring” atau “aneh-aneh”.
  2. Nilai Bagus. Ya meskipun banyak yang nilainya hancur karena sering bolos kuliah sebab padatnya kegiatan yang sedang dijalani. Pengalaman pribadi saya mengatakan lain, bahwa semakin banyak kegiatan yang kita laksanakan, maka semakin banyak dosen yang mengenal. Nah, ketika ketemu di kelas (pada semester-semester berikutnya), jika kita aktif pula menanggapi apa yang disampaikan oleh dosen, maka nilai A sudah bisa dalam genggaman tangan. (Dengan catatan mengerjakan tugas-tugas dan belajar dengan baik sebelum ujian) hohohoho πŸ˜€
  3. Perbaiki Akhlak. Kalo yang ini agak serius nich (walaupun yang sebelum-sebelumnya juga serius). Area kampus adalah lingkungan yang kondusif untuk memperbaiki akhlak kita yang jauh dari standar sebagai seorang muslim. Paling tidak suasana untuk selalu memperbaiki diri sepanjang waktu akan terjaga dalam kegiatan-kegiatan keagamaan di masjid kampus.
  4. Kaya Pengalaman. Tentu saja, dengan melakukan banyak hal, baik di dalam maupun di luar kampus, akan membekali diri Anda untuk persiapan terjun ke masyarakat yang sesungguhnya. MasyarakatΒ  majemuk dengan berbagai macam latar belakang dan budaya. Pengalaman yang tak bisa didapatkan hanya dari dalam kelas dan belajar dari buku saja.
  5. Memiliki Jiwa Leadership. Nah, inilah yang terakhir dan menentukan masa depan Anda. Mengapa demikian, karena mau tidak mau, Anda nanti pasti akan menjadi seorang pemimpin, pemimpin dari isteri Anda, pemimpin dari anak-anak Anda. Dan yang mengesankan adalah Anda menjadi pemimpin orang-orang di sekitar Anda.

Itu semua akan ada dapatkan ketika Anda aktif semasa kuliah. Banyak bergaul, banyak mengikuti kegiatan, banyak menunjukkan keaktifan di kelas, banyak mengenal dosen-dosen jurusan, dan banyak-banyak mencari kegiatan positif dan bermanfaat untuk Anda. Mumpung masih menjadi mahasiswa, maka lakukanlah yang terbaik yang Anda bisa. Dan berjalanlah dengan segenap hati untuk menjalai itu semua. Serta niatkan hanya untuk beribadah kepada Allah semata. InsyaAllah barakah dan semoga Allah ridho. (^_^)

Salam semangat selalu by Muhammad Joe Sekigawa on Sunday Evening, February 06th 2011 at 22.00wib @Neru Net, Dago-Bnadung, Jawa Barat-Indonesia.

Undergraduate Student of Bandung College of Social Welfare (BCSW), Department of Social Rehabilitation 2008

Comments
58 Responses to “Mumpung Masih Menjadi Mahasiswa”
  1. Fadly says:

    Keren tuh tulisannya joe…

    semoga semua mahasiswa dapat berpandangan seperti itu yah……

    sayang waktu tuh kalo ga dimanfaatkan dengan baik (pengalaman pribadi) hehehehe……

    semangat selalu…. πŸ™‚

  2. Dety says:

    Wah keren banget de.. tetep smangat yah… :), do your best and be the best Ok!

  3. aulia says:

    like this ^^

  4. cinta minyak says:

    Mas aku kuliah salah jurusan tidak sesuai ma kemampuan otak, aku pikir dgn mengikuti berbagai aktifitas di kampus aku akan mampu mengatasi masalah ku, tp ternyata tidak, skrng udah bekerja, tp dikntr tidak menonjol, kemampuan pas2an, klo ada project hanya di tempatkan dibagian admin, pdhl didalam hati ingin pengalaman yang lebih tinggi lagi tp sadar bahwa Lemah Otak.

    Bagaimana aku mengatasi hal ini?

    ——————————————————–

    Silakan mampir Pertamina

    • Hmm,,, Saat ini sudah kerja kan, berarti sudah lulus..?? Jadi Anda sebenarnya juga punya kemampuan di sana, meskipun tidak optimal,,,

      Keinginan Anda untuk memiliki pengalaman yang lebih tinggi menunjukkan Anda juga sebenarnya mampu,jangan membatasi dengan ketakutan-ketakutan yang belum ada, semua orang pada awalnya juga tidak terlalu pede , namun berangkat dari salah, mencoba, salah, mencoba lagi, hingga pada akhirnya mencapai derajat Expert πŸ™‚

      Saran: Sampaikan kepada atasan bahwa diri Anda juga menginginkan tugas yang lebih daripada tugas anda sekarang ini, tunjukkan jika Anda mampu,,, Kan sudah ada keinginan kuat, maka insyaAllah kemampuan Anda nantinya akan tereksplore lebih dalam lagi,, πŸ™‚

      Selamat berjuang dan salam semangat selalu

  5. niee says:

    wew, ini aku setuju banget.
    mahasiswa yang cuma modal kuliah datang dan pulang tanpa cari peluang lain akan sulit mencari kerja saat setelah dia lulus kelak (banyak contohnya deh).
    Mumpung masih mahasiswa, perbanyaklah pergaulan πŸ˜€

  6. 16 September says:

    Mumpung belum pulang ke bjngr…. πŸ˜€

  7. gunawank says:

    Ada ilmu luang (sunda) yang ilmu yang diperoleh lewat pembelajaran, ada ilmu daluang yaitu ilmu yang dapat diperoleh lewat pengalaman berinteraksi sosial.
    Apa yang dilakukan de Jok dapat meraih keduanya…..

    Salam kenal,
    by: http://gunawank.wordpress.com/2011/02/14/tugas-mulia-rasulullah-saw/

  8. dheeasy says:

    meski sudah di wisuda sejak 4,5 tahun yang lalu, asiknya masa kuliah masih terasa…

    *dan berdoa semoga semangat belajarnya juga terus ada plus dapet sokongan dana untuk S2… πŸ™‚

    Sukses terus ya…

    • Wahhh,, memang Mbak ya, semasa kuliah itu sangat berkesan sekali πŸ™‚

      Amiin ya Rabb, saya pun akan senantiasa terus mengusahakannya kok Mbak, terima kasih atas doa dan semangatnya ya,,,

      Salam semangat selalu

  9. Selagi muda, terus belajar dan berinovasi ..
    sukses buat sob

  10. Prima says:

    Yup, saya aja pengen jadi mahasiswa lagi.. hahahahahahah…

  11. Puspita says:

    Menjadi sarjana itu mudah namun menjadi orang yang bernilai butuh perjuangan. Sejak sekolah saya senang berorganisasi oleh karena itu saya juga menyarankan pada kedua putraku untuk aktif berorganisasi. Mumpung masih sekolah, mumpung masih kuliah dan mumpung masih memiliki waktu untuk berkarya. Namun jangan aji mumpung.

    Selamat berjuang.

    • Betul sekali itu Bu Puspita,,, Banyak Sarjana bertebaran, namun yang bernilai masih bisa dihitung jari,,,

      Berbahagialah anak Bu Puspita karena mendapatkan didikan yang luar biasa dari Bu Puspita, menanamkan kecintaan pada organisasi karena itu memang sangat penting bagi perkembangan Leadership kita ^^

      Salam semangat selalu

  12. Usup Supriyadi says:

    Assalaamu’alaikum Warahamtullaah

    Terkenal?
    Perlu itu. Apalagi di zaman sekarang ini. meski punya ide-ide brilian, kalau kalah pamor memang rada susah. heheheh…

    sukses yah….

    • Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakaatu Akhi Usup,, sudah lama engkau tidak bersua ke sini kawan πŸ™‚

      Contohnya: Kang Usup sekarang ini, sudah menjadi salah satu orang terkenal di Dunia Blogosphere :mrgreen:

      Syukron Kang, dan Salam semangat selalu

  13. MAS KASIH SAYA BACKLINK YA BIAR KYAK MAS bisa dapat PR(PAGe RANK ) 4 kyak mas mhon beri saya backlink yang banyak

    saya mohon

  14. harus semangat mumpung kita mahasiswa !!! jangan lupakan itu ya
    http://java-hizaguruma.blogspot.com/ mas kasih saya backlink y

  15. anla arinda says:

    mahasiswa ideal:
    beriman
    berdiskusi
    berorganisasi
    berwirausaha
    mengasai dan mengembangkan iptek
    dan tentunya, bermanfaat bagi masyarakat

    πŸ™‚

  16. mumpung masih mahasiswa
    mending buat usaha bisnis juga mas hhe

  17. Salam persohiblogan
    Lama tak nongol di dunia penuh warna ini

    Kampus adalah wahana belajar tentang kehidupan
    agar siap kelak ketika benar2 terjun di masyarakat πŸ™‚

  18. dedekusn says:

    Masa2 kuliah sangat tak bisa telupakan….., nikmatilah dengan hal2 positif.. πŸ™‚

  19. Om Kicau says:

    Siiiiippsss….
    Terus berprestasi ya, semoga sukses!!
    Salam.

  20. Assalaamu’alaikum wr wb Muhammad

    hadir untuk memaklumi ada bingkisan khas AWARD dari Malaysia di sini,

    http://webctfatimah.wordpress.com/2011/02/08/ct41-yang-ketiga-darimu-untukku-untukmu/

    Silakan dengan hormatnya untuk menerima award tersebut. Semoga persahabatan ini akan sentiasa baik hendaknya.

    Salam mesra selalu dari Sarikei, Sarawak.

  21. Zippy says:

    Terkenal, punya nilai bagus, berakhlak baik dan memiliki pengalaman yang baik kayaknya gue banget tuh, wkwkwkwk… πŸ˜†
    *dilempar sapu! πŸ˜€
    Masih banyak yang perlu digali lagi nih dalam dunia perkuliahan πŸ™‚

  22. duniapiyen says:

    masa-masa yang menyenangkan… udah lama gak jadi mahasiswa lagi jadi kagn sama teman lama…….

  23. Wow,…salut untuk mahasiswa yang satu ini

  24. Sya says:

    Salut buat semangatmu. Semoga bisa dicontoh oleh mahasiswa lain. Ah jadi rindu kuliah πŸ™‚

  25. Kakaakin says:

    Karenanya, aku pengen kuliah lagi… πŸ˜€
    Sukses terus ya… πŸ™‚

  26. veera says:

    aduhh… aku masih SMA πŸ˜€
    tapi tengkyu~ udah dikasitau … xixixixi…

    *nunggu dua tahun dulu buat nerapin πŸ˜€

  27. Arman says:

    iya masa2 jadi mahasiswa kudu dinikmati bener2 dah… karena itu masa2 terindah! hehe

  28. Abu Umar says:

    Dulu saya berpikiran mumpung masih mahasiswa cepetan nikah. Coz cita2 saya pingin nikah sewaktu masih menjadi mahasiswa… :mrgreen:

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] Muxlimo 2. Eyangkung 3. M. Mursyid 4. Teguh Sasmito 5. Akhmad Muhaimin Azzet 6. Argun 7.Β  Muhammad Joe Sekigawa 8. Mamung 9. Kang Kopral Cepot 10. Wajidi 11. Setyantocahyo 12. Wits 13. Abgreds 14.Β  MrPall 15.Β  […]

  2. […] Muxlimo 2. Eyangkung 3. M. Mursyid 4. Teguh Sasmito 5. Akhmad Muhaimin Azzet 6. Argun 7.Β  Muhammad Joe Sekigawa 8. Mamung 9. Kang Kopral Cepot 10. Wajidi 11. Setyantocahyo 12. Wits 13. Abgreds 14.Β  MrPall 15.Β  […]



Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: